Article

Homepage Article Kain Cara Mudah Membuat Sarung…

Cara Mudah Membuat Sarung Bantal Sofa Dari Kain Blacu

Mencari alternatif bahan kain yang bagus dipakai untuk membuat sarung bantal sofa?. Khusus untuk anda yang memiliki kecintaan tersendiri dengan tema vintage, maka anda bisa memanfaatkan kain blacu yang banyak dibuat tanpa melalui proses finishing sebagai bahan utamanya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Sarung Bantal Sofa

Sarung bantal sofa yang juga dikenal dengan nama lain cushion cover termasuk ke dalam salah satu produk pelengkap rumah tangga yang bersifat multifungsi. Selain melindungi bantal sofa (fungsi praktis) sarung bantal ini juga bisa dipakai untuk menambah nilai keindahan sofa (fungsi estetika).

Sarung Bantal Sofa

Sumber : https://bordahanembroidery.com/

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, jadi sarung bantal sofa sendiri secara umum dapat dibuat dari berbagai jenis bahan kain yang berbeda. Salah satunya yakni berupa kain blacu yang menawarkan banyak keunggulan.

Kain Blacu Untuk Sarung Bantal

Kain blacu termasuk ke dalam jenis bahan kain mentah (kain greige) yang belum melalui proses finishing. Warna alami kain blacu sendiri merupakan warna murni atau asli (belum mengalami pewarnaan atau pemutihan) biasanya berupa putih tulang atau kecoklatan.

Beberapa karakteristik paling khas dari kain blacu yang membedakannya dengan bahan lain diantaranya:

  • Kain blacu mempunyai warna murni (tidak memiliki warna).
  • Kain blacu termasuk ke dalam jenis kain yang ramah lingkungan.
  • Kain blacu bersifat go green dan dapat di gunakan berulang kali.
  • Kain blacu aman di gunakaan karena tidak menimbulkan reaksi alergi atau ganguaan lain bagi pemakainya.
  • Kain blacu sangat fleksibel sehingga mudah untuk dibentuk menjadi berbagai macam kreasi.
  • Kain blacu juga cocok ditambahkan hiasan-hiasan tertentu.

Cara Membuat Sarung Bantal Sofa

Tertarik untuk membuat sarung bantal sofa sendiri dengan memanfaatkan kain blacu sebagai bahan utamanya?. Untuk membuat sarung bantal sofa mula-mula siapkan terlebih dahulu sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari:

  • Kain blacu yang akan dijadikan sarung bantal sofa.
  • Resleting jepang untuk menutup bukaan sarung bantal.
  • Perlengkapan dasar menjahit seperti metlin (pita ukur), benang, gunting dan jarum pentul.
  • Mesin jahit untuk menyatukan potongan bahan kain dan resleting.
  • Mesin obras untuk merapikan tepian tiras kain supaya tidak terurai.

Selesai menyiapkan alat dan bahan seperti yang sudah disebutkan di atas sekarang anda bisa mulai membuat sarung bantal sofa mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Membuat Pola Sarung Bantal

Tentukan seberapa besar ukuran sarung bantal sofa yang ingin anda buat misal 40 cm x 40 cm. Jika sudah gambar pola sarung bantal secara langsung di atas bahan kain.

  • Buat pola berbentuk segi empat pada kain blacu sesuai ukuran yang anda inginkan.
  • Jangan lupa tambahkan pula kampuh sebesar 1 cm di luar garis jahitan.

2. Memotong Bahan Kain Blacu

Berikutnya potong kain blacu sesuai pola yang anda buat dengan menggunakan gunting yang tajam. Untuk membuat sarung bantal ini anda memerlukan dua lembar kain yang berukuran sama.

3. Menjahit Resleting Pada Kain

Ambil salah satu potongan bahan kain kemudian pasangkan resleting pada salah satu sisi kain dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan. Lakukan hal yang sama untuk sisi resleting lainnya, kemudian jahit dengan bantuan Sepatu Menjahit Resleting Sembunyi (Concealed Zipper Foot).

4. Menjahit Kantung Sarung Bantal

Jahit bagian sisi kiri, kanan dan bawah sarung bantal dengan mesin jahit kemudian obras dengan mesin jahit supata lebih rapi.
Sejajarkan dulu ujung stopper risleting jepang, kemudian diberi jarum pentul.

  • Jika sudah selanjutnya posisikan agar kedua bagian baik potongan bahan kain blacu saling berhadapan lalu jahit bagian sisi kiri, kanan dan bawahnya dengan mesin jahit.
  • Supaya lebih rapi obras sepanjang tepi kain agar seratnya tidak mudah terurai.

5. Penyelesaian Akhir

Sebagai penyelesaian akhir balik kantung sarung bantal supaya bagian baiknya berada di luar, kemudian tambahkan pula hiasan berupa bordir, sulaman, sablon atau aplikasi lain untuk mempercantik tampilan sarung bantal sofa yang anda buat.

 Sarung Bantal Sofa

Sumber : https://owingsdesigns.com/

Sarung Bantal Sofa 

Sumber : https://owingsdesigns.com/

Kurang suka memakai sarung bantal yang dilengkapi dengan resleting?. Sebagai alternatifnya anda bisa membuat sarung bantal sofa model envelope yang memiliki tampilan cukup simple dan tidak kalah menarik dari sarung bantal sofa di atas.

Untuk membuat sarung bantal sofa model envelope maka anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Membuat Pola Sarung Bantal

Buat pola berbentuk persegi panjang pada kain blacu sesuai ukuran yang anda inginkan, misal 90 cm x 40 cm. Ukuran ini bisa anda modifikasi sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Jangan lupa tambahkan pula kampuh di luar garis jahitan pola masing masing 1 cm untuk sisi kain yang panjang dan 2 cm untuk sisi kain yang pendek.

2. Memotong Bahan Kain Blacu

Berikutnya potong kain blacu sesuai pola yang anda buat dengan menggunakan gunting yang tajam.

3. Menjahit Kantung Sarung Bantal

Untuk membuat kantung sarung bantal pertama-tama lipat kecil masing-masing bagian ujung kain yang pendek sebesar 1 cm kemudian lipat sekali lagi untuk menyembunyikan tiras kainnya. Setelah itu tindas lipatan kain dengan mesin jahit.

Jika sudah posisikan kain di atas meja yang datar supaya bagian baiknya menghadap anda. Bagi kain menjadi tiga bagian kemudian tandai dengan kapur jahit, masing-masing 20 cm di sisi kanan, 40 cm di bagian tengah dan 30 cm di bagian kiri.

Sarung Bantal Sofa

Sumber : https://www.gbfoamdirect.co.uk/

Lipat kain sesuai garis penanda yang anda buat sehingga bagian ujung yang pendek saling tumpang tindih, lalu jahit dan obras sepanjang sisi kain yang bertiras lebih rapi.

Sarung Bantal Sofa

Sumber : https://www.gbfoamdirect.co.uk/

4. Penyelesaian Akhir

Sebagai penyelesaian akhir balik kantung sarung bantal supaya bagian baiknya berada di luar, kemudian tambahkan hiasan sesuai kebutuhan. Kreasi sarung bantal sofa model envelope siap digunakan.

Sarung Bantal Sofa

Sumber : https://in.pinterest.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai cara mudah membuat kreasi sarung bantal sofa dari kain blacu hingga cara menjahitnya yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mempunyai cara yang lebih mudah dan cepat untuk membuat sarung bantal sofa comment bawah ya.

Butuh bahan kain blacu berkualitas dengan harga murah untuk membuat sarung bantal sofa?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain blacu yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.