Article

Homepage Article Fashion Design Tips Refashion Celana Jeans…

Tips Refashion Celana Jeans Lama Kamu

Punya celana jeans panjang yang sudah lama tidak terpakai?. Dari pada dibuang percuma mending cobain yuk tips refashion celana jeans panjang tersebut menjadi celana pendek yang lebih berguna.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Refashion

Refashion merupakan sebuah istilah yang artinya kurang lebih sama dengan remake, redo, remade atau revivy. Dapat pula dikatakan bahwa refashion ini sebenarnya merupakan kegiatan yang dapat dilakukan untuk memperbarui produk fashion supaya lebih benilai dan dapat digunakan kembali.

Jadi jika kamu sedang mencari cara untuk memanfaatkan kembali celana jeans panjang yang sudah lama tidak kamu pakai, cobalah untuk mengubahnya menjadi celana pendek yang sempurna untuk musim panas.

Refashion Celana Jeans

Sumber : https://www.levi.com/

Cara Refashion Celana Jeans

Beberapa alat dan bahan yang perlu kamu siapkan untuk memodifikasi celana jeans panjang menjadi celana pendek diantaranya:

  • Celana jeans yang berukuran panjang.
  • Metlin atau pita ukur untuk mengukur celana jeans.
  • Gunting yang tajam untuk memotong celana jeans.
  • Kapur kain, pensil atau alat tulis yang lain untuk menandai celana jeans.

Selesai menyiapkan sejumlah alat dan bahan yang sudah disebutkan di atas sekarang kamu bisa mulai memodifikasi celana jeans dengan mengikuti beberapa langkah sederhana sebagai berikut.

1. Cuci Celana Jeans

Cuci celana jeans yang akan kamu potong lalu keringkan seperti yang biasa kamu lakukan pada pakaian lain. Proses pencucian ini perlu dilakukan untuk memastikan agar celana tersebut tetap bersih dan tidak menyusut setelah dimodifikasi.

2. Tentukan Panjang Celana

Selanjutnya tentukan seberapa panjang celana yang ingin kamu dapatkan. Beberapa pilihan yang ideal diantaranya:

  • Celana pendek dengan ukuran tiga perempat yang ujungnya jatuh di antara lutut dan pergelangan kaki.
  • Celana pendek yang panjangnya tepat di atas lutut dan super nyaman untuk musim panas.
  • Celana pendek yang ujungnya sekitar 3 hingga 5 inci di atas lutut.
  • Celana pendek model mini yang panjangnya hanya sekitar 2 hingga 3 inci dari selangkangan.

3. Ukur dan Tandai Celana

Letakkan jeans panjang di atas meja / benda yang permukaannya yang rata dan setelah dipastikan tidak ada lipatan atau kerutan tandai sejauh mana kamu ingin memotong celana tersebut. Gambarlah garis lurus dari satu tepi celana ke tepi lainya untuk melengkapi tanda yang telah kamu buat sebelumnya.

Jika sudah sekarang tambahkan sedikit kelebihan bahan di luar garis batas celana agar kamu dapat memberikan beberapa sentuhan akhir pada bagian yang sudah kamu potong.

  • Untuk memberi efek frayed / tepi berjumbai tambahkan kelebihan 1 cm hingga 2 cm.
  • Untuk memberi efek fringed tambahkan kelebihan 5 cm.
  • Untuk membuat keliman celana tambahkan kelebihan sekitar 3 cm.
  • Sementara jika kamu ingin membuat cuff pada ujung celana tambahkan kelebihan sekitar 6 cm.

4. Memotong Celana Jeans

Potong celana jeans sesuai garis penanda yang kamu buat pada celana jeans. Tapi jangan buang bagian kaki yang sudah dipotong ya. Sisa potongan celana ini nantinya dapat kamu gunakan untuk tambalan hiasan ketika membuat kreasi produk jahit yang lain.

Untuk memastikan bahwa hasil pemotongan antara bagian kanan dan kiri celana benar-benar sama, kamu bisa mencoba trik berikut.

  • Lipat jeans menjadi dua dengan sempurna dan cocokkan kedua kakinya.
  • Selain itu pastikan bahwa pinggang berada pada tingkat yang sama di kedua sisi.

Kalau ukurannya agak beda, kamu bisa memotong sedikit bagian yang panjang biar sama dengan kaki satunya yang lebih pendek. Tapi kalau ukurannya sudah sama maka kamu bisa langsung beralih ke langkah berikutnya.

Refashion Celana Jeans

Sumber : https://www.levi.com/

5. Penyelesaian Akhir

Sekarang tambahkan sentuhan pada bagian tepi celana dan seluruh bagian celana dengan cara sederhana sebagai berikut.

  • Untuk memberi efek frayed / tepi berjumbai tarik sebagian benang biru dengan jari atau pinset dan biarkan benang putih yang tersisa tampak menggantung. Opsi lain kamu juga bisa menggosok pinggirannya dengan amplas atau batu apung untuk mendapatkan hasil yang lebih dramatis.

Refashion Celana Jeans

Sumber : https://black.naturalforma.com.br/

  • Untuk memberi efek fringed masukkan celana pendek ke dalam mesin cuci. Atur ke siklus pencucian dan pengeringan reguler dan biarkan mesin cuci melakukan tugasnya. Untuk mendapatkan efek fringed yang lebih banyak ulangi proses ini sebanyak mungkin.

Refashion Celana Jeans

Sumber : https://shopee.com.br/

  • Untuk kamu yang tidak menyukai efek frayed ataupun efek fringed kamu bisa menutup pinggiran potongan celana dengan keliman. Caranya lipat ujung jeans sebanyak dua kali kali ke bagian dalam (masing-masing 1.5 cm untuk tiap lipatan) lalu tindas dengan mesin jahit.

Refashion Celana Jeans

Sumber : https://hk.iteshop.com/

  • Untuk membuat cuff di bagian ujung celana lipat ujung celana ke arah garis pertama yang dibuat (panjang celana pendek yang kamu inginkan). Lipat lagi sebanyak satu kali kemudian tindas dengan mesin jahit.

Refashion Celana Jeans

Sumber :  https://www.zalando.at/

Kalau kamu ingin memberikan sentuhan yang lebih bergaya pada potongan celana pendek kamu bisa juga menambahkan bahan lain seperti ruffle atau renda di bagian ujung celana.

Refashion Celana Jeans

Sumber : https://www.walmart.com/

6. Coba Kenakan Celana

Untuk menguji kesesuaian celana dengan keinginan kamu, cobalah untuk mengenakan celana pendek yang sudah kamu potong dan lihat di mana jatuhnya dengan cara berdiri di depan cermin.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengubah celana jeans panjang menjadi pendek. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu untuk mendapatkan celana jeans pendek tanpa perlu lagi membeli celana yang baru ya.

Butuh bahan kain denim berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana jeans pria maupun celana jeans wanita?. Yuk intip koleksi Kain Denim yang kami miliki.

Download juga Pola Celana Pria Skinny dan Pola Celana Wanita Skinny siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat celana jeans sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.