Article

Homepage Article Kain Efektifitas Double Masker…

Efektifitas Double Masker Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19

Biasa memakai masker medis atau masker kain saja saat bepergian ke tempat ramai?. Sebaiknya mulai dari sekarang anda beralih untuk memakai double masker seperti yang dianjurkan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Untuk mengetahui efektifitas double masker tersebut simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Double Masker

Double masker yang diperoleh dari kombinasi antara masker medis dan masker kain kekinian, dapat didefinisikan sebagai salah satu jenis alat pelindung diri yang menawarkan proteksi lebih baik dalam mencegah penyebaran Covid-19.

  • Masker medis adalah masker sekali pakai yang mudah dijumpai dan sering digunakan tenaga medis. Kini masker medis juga banyak dijual untuk keperluan masyarakat umum.
  • Masker kain adalah masker yang dapat dipakai untuk mencegah penyebaran droplet saat sedang batuk dan pilek. Masker ini bisa dipakai berulang kali setelah dicuci dan dikeringkan.

Double Masker

Sumber : https://www.thecut.com/

Untuk penggunaannya, masker medis dapat digunakan di bagian dalam sementara masker kain di bagian luar.

Double Masker

Sumber : https://etex.in/

Efektifitas Double Masker

Dari hasil uji coba yang dilakukan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) diketahui, kombinasi masker medis dan masker kain memiliki tingkat efektivitas yang baik dalam mencegah percikan droplet dan penularan Covid-19.

  • Penggunaan double masker bukan hanya menambah jumlah lapisan masker namun juga meningkatkan keeratan atau kekencangan masker.
  • Double masker dapat memberikan perlindungan yang lebih baik dari pada memakai masker medis saja atau masker kain kekinian saja.
  • Kombinasi masker kain kekinian dan masker medis efektif menghalangi partikel aerosol hingga 85,4% persen ketika keduanya digabungkan.
    • Masker medis saja dapat menyaring partikel hingga 56,1%.
    • Sementara masker kain saja menyaring partikel sebesar 51,4%.

Dari laporan analisis Fitted Filtration Efficiency (FFE) of Double Masking During the COVID-19 Pandemic yang tertuang dalam jurnal JAMA Internal Medicine bulan April 2021 juga diketahui bahwa double masker memiliki kemampuan menyaring udara dengan lebih efisien dibanding satu jenis masker saja.

Secara sederhana persentase yang menunjukkan seberapa efisien sebuah masker untuk melakukan filtrasi udara dapat digambarkan sebagai berikut.

  • Masker medis (tunggal) efisien melakukan filtrasi 43-62 persen.
  • Masker kain (tunggal) efisien melakukan filtrasi 41-44 persen.
  • Kombinasi masker medis dan kain efisien melakukan filtrasi 66-81 persen.

Dari data tersebut bisa disimpulkan bahwa kombinasi antara masker medis dan masker kain kekinian jauh lebih efektif untuk menyaring udara. Bukan hanya karena lapisan yang bertambah tapi karena pemakaian masker kain bisa masker medis di bawahnya lebih ketat terhadap wajah kita.

Hal terpenting yang perlu anda perhatikan ketika memakai double masker yaitu pastikan masker yang anda pakai tidak menutup atau mengganggu pandangan, tidak membuat tubuh kesulitan untuk bernafas, serta tidak menyebabkan efek pusing atau berkunang-kunang.

  • Jika penglihatan anda menjadi terhalang gara-gara menggunakan double masker, maka anda perlu mencoba jenis masker lain agar penglihatan kita tidak lagi terganggu.
  • Begitu pula jika anda kesulitan untuk bernafas, menjadi pusing atau berkunang-kunang, maka berhentilah menggunakan double masker.

Untuk memaksimalkan fungsi double masker, anda bisa dengan bebas memilih masker medis yang banyak dijual di apotik, swalayan atau toserba. Kalau untuk mendapatkan masker kain yang sesuai dengan kebutuhan anda bisa mencoba tips berikut.

  • Pilihlah masker kain yang terdiri atas lebih dari satu lapis bahan dan dapat dicuci berkali-kali.
  • Utamakan untuk memilih masker kain kekinian yang terbuat dari kain katun karena bahan ini termasuk ke dalam urutan bahan terbaik yang bisa menyaring udara secara optimal.
  • Serat-serat katun ukurannya lebih kecil dibandingkan serat dari bahan lainnya.
  • Dengan ukurannya yang keci kain katun dapat menahan partikel virus yang tersebar di udara.
  • Pilih ukuran masker kain yang sesuai dengan wajah anda, agar tidak ada rongga-rongga yang terbuka di sekitar masker.
  • Kalau ukuran masker kain terlalu besar dari area wajah, yang ada partikel virus dan udara masih berpotensi terhirup ke dalam organ pernafasan.
  • Kalau ukuran masker kain terlalu kecil yang ada justru anda akan kesulitan untuk bernafas.

Buat anda yang mau tahu lebih banyak tentang kriteria masker kain yang berkualitas, simak juga pembahasan mengenai 3 Kriteria Masker Kain Sesuai SNI Untuk Mencegah Covid-19.

Sekalipun penggunaan double masker ini sangat diajurkan untuk dipakai saat berada di tempat yang ramai dan susah menjaga jarak, sementara ini double masker tidak direkomendasikan untuk anak-anak karena dikhawatirkan akan membuat mereka kesulitan bernafas.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai efektifitas double masker dalam mencegahdan memperlambat penularan virus covid-19 yang dapat kami bagikan untuk anda. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan seberapa pentingnya penggunaan double masker di masa pandemi seperti sekarang.

Sekalipun terbilang cukup efektif, penggunaan double masker inipun sebenarnya hanya satu dari beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan Covid -19. Selebihnya anda juga harus menjaga jarak aman saat bepergian, menjaga kebersihan dan mengikuti program vaksinasi dari pemerintah.

Simak juga pembahasan mengenai Cara Pemakaian Double Masker Yang Efektif Untuk Mencegah Covid-19 kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang cara terbaik untuk memaksimalkan fungsi double masker.

Khusus untuk anda yang ingin membuat masker kain kekinian anda bisa juga mendownload gambar pola masker kain siap pakai dari kami. Pola masker yang ada di Fitinline sudah termasuk kampuh, jadi kain tinggal dipotong sesuai gambar pola masker kain.

Kalau anda butuh bahan kain katun berkualitas untuk membuat masker kain kekinian anda bisa menjadikan Kain Katun Anti Bakteri / Anti Virus Untuk Masker (IDF) yang kami miliki sebagai bahan utamanya.

  • Kain katun anti bakteri / anti virus untuk masker dilengkapi dengan fitur anti virus dan anti bakteri.
  • Kain katun anti bakteri / anti virus untuk masker ini bahannya lembut dan nyaman untuk digunakan.

Lebih jelasnya simak juga pembahasan mengenai Ketahui 7 Keunggulan Kain Katun Anti Bakteri Untuk Masker Kain.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.