Article

Homepage Article Fashion Design 6 Model Celana Tartan Yang…

6 Model Celana Tartan Yang Bisa Diandalkan Untuk Pria dan Wanita

Butuh referensi style yang baru untuk menyambut tahun 2021?. Khusus untuk anda yang ingin tampil keren, maskulin dan kekinian tanpa harus ribet, maka kini saatnya bagi anda anda untuk mencoba celana tartan yang identik dengan motif kotak-kotak berwarna merah, hijau, biru dan kuning seperti yang ada pada pakaian tradisional Skotlandia.

Pengertian Celana Tartan

Celana tartan merupakan sejenis celana yang memiliki ciri sangat khas yakni bermotif kotak-kotak. Meski sepintas terlihat sama dengan celana biasa tapi jika disandingkan satu sama lain motif celana tartan sebenarnya akan terlihat sedikit berbeda. Untuk mudahnya anda bisa melihat motif pakaian tradisional bernama kilt yang dipakai pria Skotlandia.

Menjadi salah satu motif yang paling dikenal di seluruh dunia, motif tartan sebenarnya masih termasuk ke dalam kelompok motif geometri tapi lebih menekankan ke arah garis vertikal dan horizontal yang saling menyilang hingga akhirnya membentuk pola kotak-kotak besar yang terdiri dari beberapa variasi warna.

Perkembangan Motif Tartan

Dilihat dari sejarahnya motif kotak-kotak tartan yang diperoleh dari hasil persilangan garis horizontal dan vertikal sendiri konon sudah menjadi motif tradisional bangsa Skotlandia sejak ratusan tahun lalu tepatnya sejak abad ke-16 dan tetap bertahan menjadi motif yang sangat populer sampai hari ini.

Pemberian nama tartan sendiri bermula ketika King James V memberikan tiga els (satuan panjang) kain kepada istrinya pada tahun 1538. Penemuan bukti ukiran pada kayu di tahun 1631 yang mengambarkan seorang tentara bayaran Highland dalam balutan kilt kotak-kotak juga semakin memperkuat keberadaan motif tersebut.

Selanjutnya pakaian dengan motif serupa juga dikenakan oleh seorang kesatria pada pertempuran Killecrankie di tahun 1689. Setelah lepas dari citra pakaian tradisional, motif tartan selanjutnya mulai menjadi trend fashion dan terus hadir dalam berbagai rupa dan warna, entah itu di dunia musik, film dan dunia mode.

Walaupun awalnya kerap diidentikkan sebagai motif yang dikenakan oleh para pria, pada perkembangannya tartan juga diadaptasi menjadi motif unisex yang tidak mengenal batas gender dan usia. Buktinya pada tahun 90-an lalu motif tartan ini sempat menjadi motif yang paling hits diantara jajaran motif lainnya.

Terkait untuk aplikasinya dalam dunia fashion, motif tartan biasanya banyak ditampilkan pada bahan wool namun kini bisa juga dibuat dengan bahan-bahan lainnya. Dalam beberapa tahun terakhir, motif tartan juga kembali muncul pada berbagai material yang relatif lebih ringan.

  • Khusus untuk aplikasinya pada produk celana, motif tartan biasanya hadir dalam warna merah, hijau, biru dan kuning.
  • Meski demikian tidak menutup kemungkinan juga bila celana tartan didesain dengan warna selain keempat warna utama yang sudah disebutkan sebelumnya.

Model Celana Tartan

Bergantung pada desain dan kegunaannya celana tartan yang diciptakan sebagai pelengkap gaya penampilan pria dan wanita sendiri bisa dikatakan sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Beberapa jenis celana yang dimaksud antara lain berupa:

1. High Waist Pants

High waist pants dapat diartikan sebagai model celana yang memiliki potongan cukup tinggi di atas pinggang. Dengan karakteristiknya yang sedemikian unik celana ini dapat dipadupadankan dengan pakaian apapun.

  • Celana high waist termasuk ke dalam jenis celana yang cocok dipakai untuk berbagai bentuk dan ukuran tubuh.
  • Celana high waist tidak hanya nyaman dipakai seharian tetapi juga bisa membuat siluet tubuh jadi lebih sempurna.
  • Celana high waist bisa dipakai untuk menyamarkan area perut dan menyembunyikan lemak di area pinggang.
  • Celana high waist bisa diandalkan untuk anda yang ingin memamerkan lekuk pinggang.
  • Celana high waist mampu menonjolkan bagian pinggang yang lebih tinggi sehingga tubuh akan terlihat lebih jenjang.

Celana Tartan

Sumber : https://attic.city/

2. Straight Leg Pants

Straight leg pants merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan model celana tartan yang berpotongan lurus alias memiliki lebar yang sama mulai dari bagian pinggang ke bawah (tumit). Desainnya yang simple akan membentuk paha dan juga kaki menjadi lebih ramping.

Celana Tartan

Sumber : https://www2.hm.com/

Sebagai pelengkap gaya penampilan yang modis dan stylish, desain straight pant yang lurus sendiri tidak hanya dapat dijumpai pada celana tartan wanita saja tapi ada juga celana tartan pria yang mengadaptasi model serupa.

3. Paper Bag Pants

Paper bag pants merupakan sebutan untuk model celana tartan wanita yang memiliki kelebihan bahan di bagian pinggang dan dilengkapi dengan tali sebagai ikat pinggang. Nama paper bag pants sendiri konon dipakai untuk menyebutkan celana ini karena potongan pinggangnya yang tipis mengingatkan pada kantong kertas.

Celana Tartan

Sumber : https://pinkhouseboutique.com/

Keuntungan yang bisa anda dapatkan dari pemakaian celana tartan wanita dengan model paper bag pants antara lain:

  • Tanpa perlu memakai busana yang berlebihan paper bag pants akan membuat penampilan anda terkesan effortless.
  • Paper bags pants mampu memberikan kesan kaki lebih panjang dan menyembunyikan perut yang berbukit-bukit.
  • Jika anda memakai model celana wanita yang satu ini anda tidak perlu pusing lagi untuk memilih aksesoris yang ramai.

4. Joger Pants

Joger pants menjadi model celana berikutnya yang juga banyak dibuat dalam motif kotak-kotak tartan. Jika dulu celana ini hanya didesain dengan ukuran tiga perempat maka sekarang sudah dimodifikasi menjadi lebih panjang dengan ciri khas berupa karet di bagian pergelangan kaki.

  • Celana jogger dapat dibuat dalam bentuk regular fit atau slim fit dengan ciri khas terdapat kerutan pada lingkar kaki celana.
  • Warna yang digunakan yaitu colorful atau bermacam-macam warna.
  • Model atau desain dari celana jogger yakni memiliki ukuran yang cukup panjang hingga pergelangan kaki.
  • Celana tartan pria dan celana tartan wanita yang dibuat dalam model jogger pantsbisa digunakan untuk olahraga, bersantai dirumah ataupun untuk acara non formal.

Sebagai pelengkap gaya penampilan, celana tartan pria dan celana tartan wanita dengan model joger sendiri pada prinsipnya dapat dijumpai dalam dua macam varian.

  • Pertama celana joger berkerut halus yang bagian bawah celananya dilengkapi dengan bur seperti yang terdapat pada lingkar tangan sweater.
  • Kedua celana joger berkerut kasar yang bagian bawah celananya biasa di beri tambahan karet elastis sehingga efek kerutannya jadi agak kasar.

Celana Tartan

Sumber : https://www.ae.com/

5. Culottes Pants

Celana tartan yang dibuat dalam model kulot secara umum memiliki bentuk yang sangat penuh sehingga pembagiannya tidak terlihat begitu jelas. Meski demikian jenis celana ini tetap menjadi salah satu item fashion yang cukup populer dan dapat dikenakan oleh para wanita dalam berbagai kesempatan.

  • Celana kulot merupakan jenis celana wanita yang berpotongan cukup longgar.
  • Celana kulot umumnya memiliki ukuran panjang yang sangat bervariasi, ada yang selutut hingga se mata kaki.
  • Celana kulot juga mempunyai ciri khas yang melebar di bagian paling bawah jadi tampilannya tidak beda jauh seperti rok saat dikenakan.

Celana Tartan

Sumber : https://www.garmentory.com/

Berkeinginan untuk membuat celana kulot sendiri tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload Pola Celana Kulot siap pakai dari kami.

6. Slim Fit Pants

Celana slim fit merupakan salah satu jenis celana yang memiliki potongan pas di paha, kemudian mengerucut lurus ke bagian bawahnya sehingga mampu menunjukkan lekukan kaki dan memberikan kesan langsing terhadap pemakainya.

Celana tartan pria dan celana tartan wanita yang di buat salam model slim fit dapat digunakan dalam berbagai kesempatan yang bersifat formal atau sekedar jalan-jalan ke tempat hangout.

Celana Tartan

Sumber : https://www.dhgate.com/

Padupadan Celana Tartan

Tertarik untuk mengenakan celana tartan sebagai pelengkap gaya penampilan anda tapi masih bingung harus memadukannya dengan outfit yang seperti apa?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa mencoba tips berikut ini.

1. Celana Tartan dan Crop Top

Crop top dan sneakers menjadi pilihan paling aman untuk menemani celana tartan yang didesain dengan cutting high waist, kulot maupun model paper bag pants. Selain memberi ilusi lebih ramping, perpaduan antara crop top dengan celana tartan wanita yang berpotongan high waist juga bisa memberi kesan lebih tinggi pada tampilan wanita.

Celana Tartan

Sumber : https://favim.com/

2. Celana Tartan dan Blus

Busana wanita bermodel longgar yang dikenal dengan nama blus termasuk ke dalam salah satu jenis item fashion yang sangat cocok jika dipadukan dengan celana tartan wanita berdesain kulot karena akan membuat anda terlihat lebih energik dalam setiap kesempatan.

Berkeinginan untuk membuat blus sendiri tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola blus siap pakai dari kami.

2. Celana Tartan dan Kemeja

Kombinasikan celana tartan pria yang dibuat dalam potongan straight leg pants dengan kemeja jika ingin terlihat semi formal. Jika anda termasuk orang yang menyukai gaya preppy anda bisa juga menambahkan sweater sebagai outer dari kemeja yang anda kenakan.

  • Pastikan kemeja yang hendak anda pilih terbuat dari bahan yang berkualitas dan tidak panas saat dipakai.
  • Untuk tampil gaya dengan celana tartan pria sebaiknya pilih kemeja yang polos tanpa corak.
  • Pastikan ukuran kemeja yang anda pilih memiliki ukuran yang pas dan sesuai dengan bentuk badan. Hal ini bisa dilihat dari beberapa hal berikut.
    • Letak jahitan bahu kemeja sudah berada tepat di ujung bahu.
    • Bagian dada kemeja menghasilkan deretan kancing yang terlihat rapi dan placket yang rata.
    • Lengan kemeja memiliki posisi jatuh tepat diantara pergelangan tangan dan bagian dasar ibu jari.
    • Memiliki ukuran lengan yang lebih kecil di bagian cuff dibanding bagian lengan atas.
    • Ukuran cuff kemeja bisa dilewati oleh tangan tanpa harus membuka kancingnya terlebih dahulu bahkan saat anda mengenakan jam tangan.
    • Kemeja tidak menggelembung saat dimasukkan ke dalam celana.

Celana Tartan

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Celana Tartan dan Blazer

Blazer bermotif tartan dengan warna dan motif yang sama dengan celana tartan pria ataupun celana tartan wanita bisa dijadikan sebagai outfit yang stylish saat anda ke kantor. Untuk pilihan innernya anda bisa memilih antara kaos atau kemeja yang cenderung bercorak polos.

Celana Tartan

Sumber : https://www.lyst.co.uk/

4. Celana Tartan dan Hoodie Jumper

Hoodie jumper yang diciptakan dalam warna-warna gelap seperti halnya warna hitam sangat cocok dipadukan dengan celana tartan anda yang terkesan ramai dan berwarna-warni.

Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya jumper hoodie biasanya selalu dilengkapi dengan kantong atau saku pada bagian depan serta tali untuk menyesuaikan penutup kepala.
Beberapa jenis hoodie jumper ada yang memiliki pembuka resleting dibagian depan namun ada juga yang dibuat tanpa pembuka.

Celana Tartan

Sumber : https://id.pinterest.com/

Berkeinginan untuk membuat jumper hoodie tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola jumper hoodie siap pakai dari kami.

Perbedaan paling mendasar dari baju jumper hoodie lengan raglan dengan lengan licin yaitu terletak pada sambungan lengan dan badannya.

  • Lengan licin merupakan lengan yang dijahitkan pada lingkar kerung lengan.
  • Lengan raglan merupakan lengan yang dijahitkan dari garis leher menuju ketiak.

5. Celana Tartan dan Oversized T-shirt

Oversized t-shirt yang diciptakan dalam warna-warna netral seperti putih dan hitam sangat cocok jika dipadukan dengan celana tartan model slim fit yang motifnya ramai.

  • Sesuai dengan namanya, item fashion yang dikenal dengan nama oversized t-shirt sendiri sebenarnya merupakan kaos biasa namun ukurannya dibuat jauh lebih longgar dari ukuran tubuh.
  • Dengan desainnya yang sedemikian unik oversized t-shirt ini akan terasa nyaman ketika dipakai kapanpun dan dimanapun.

Celana Tartan

Sumber : https://shopmeiding.storenvy.com/

6. Celana Tartan dan Sweater

Sebagai pelengkap gaya penampilan saat hangout anda bisa memadukan celana tartan pria dan celana tartan wanita model jogger dengan sweater polos. Sebagai outerwear yang bersifat multifungsi, sweater sendiri umumnya dibuat tanpa kancing maupun resleting serta tidak menggunakan tudung kepala.

Celana Tartan

Sumber : https://trendywomenoutfits.com/

Beberapa contoh model sweater yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan saat mengenakan celana tartan antara lain berupa:

  • Sweater O neck atau sweater crew neck yang memiliki lubang leher bulat sehingga tampilannya terkesan sangat simple.
  • Sweater V neck yang memiliki lubang leher berbentuk huruf V dengan sudut siku di dada atas tengah.
  • Sweater turtleneck yang memiliki garis leher berbentuk bulat dengan ribs panjang mendekati kerongkongan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai rekomendasi beberapa model celana tartan pria dan celana tartan wanita yang dapat anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan dalam setiap kesempatan. Semoga artikel yang kami bagikan juga bisa memudahkan anda untuk menemukan padupadan yang tepat untuk celana tartan yang anda miliki.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.