Article

Homepage Article Fashion Design Cara Membuat Studio Foto…

Cara Membuat Studio Foto Sederhana Dirumah Untuk Foto Produk Baju

Ingin membuat foto produk baju yang menarik tanpa harus keluar banyak uang untuk menyewa studio foto dan fotografer profesional. Khusus untuk anda yang suka bereksperiman mungkin ide membuat studio foto sederhana di rumah bisa menjadi solusi paling tepat yang bisa anda coba.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Studio Foto

Studio foto dapat didefinisikan sebagai tempat atau ruang kerja yang didesain khusus untuk menunjang aktifitas fotografi. Adapun kegiatan pemotretan yang dilakukan di ruangan studio foto secara teknis dapat disebut dengan istilah fotografi studio. 

  • Hal yang utama dan terpenting dalam fotografi studio yaitu terletak pada cara seseorang dalam mengendalikan maupun mengontrol situasi.
  • Bagaimana cara seseorang mengatur tata letak obyek foto serta suasana yang akan diciptakan dalam foto.
  • Pengendalian terhadap pencahayaan yang masuk akan dibutuhkan didalam foto studio.

Atas dasar itulah untuk menunjang proses pemotretan produk agar berjalan dengan lancar, penting bagi anda untuk mempersiapkan segalanya dengan baik termasuk menata ruangan studio foto sebaik mungkin. Persiapan yang dimaksud meliputi settingan background, tata lampu dan peralatan pendukung lainnya.

Cara Membuat Studio Foto Sederhana

Ingin membuat ruangan studio foto sendiri untuk keperluan pemotretan produk pakaian dengan menggunakan manekin ataupun model manusia?.  Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa mengikuti tips atau cara membuat studio sederhana di rumah berikut ini. 

1. Pilih Ruangan Untuk Studio

Untuk membuat studio foto sederhana di rumah pertama-tama tentukan ruangan mana yang akan anda sulap menjadi studio foto.

  • Sebisa mungkin pilih ruangan di rumah yang masih kosong dan didalamnya cenderung minim perabotan.
  • Pilih ruangan di rumah yang memiliki pencahayaan bagus dan natural.
  • Pilih ruangan yang memiliki jendela dan ventilasi udara, agar sirkulasi udara di dalamnya tetap bagus.
  • Utamakan memiliki ruangan dengan dinding putih karena warna ini dapat memantulkan cahaya dengan lebih baik. Jika tidak maka anda bisa menambahkan backdrop khusus untuk spot foto.

Studio Foto

Sumber : https://www.bedbathandbeyond.com/

Dalam membuat studio foto, tidak masalah kalau ruangaan yang anda pilih cenderung sempit selama frame dalam foto bisa menangkap obyek yang di foto dengan sempurna.

2. Siapkan Kain Untuk Backdrop

Berikutnya siapkan backdrop khusus yang digantungkan pada tiang atau ditempelkan di dinding ruangan studio foto. Dalam hal ini anda bisa menggunakan kain yang lebar, seperti halnya tirai, sprei, kain kanvas, kain blacu atau bahan lain dengan warna polos.

  • Backdrop foto memiliki fungsi yang sangat penting yakni menutup dinding ruangan studio foto.
  • Dengan adanya backdrop foto tampilan foto produk baju bisa menjadi terlihat lebih menarik.

Studio Foto

Sumber : https://shopee.com.my/

Lebih jelasnya simak kembali pembahasan mengenai Pemanfaatan Kain Kanvas dan Kain Blacu Untuk Background Photo.

3. Properti Foto Produk Baju

Untuk memberikan kesan lebih hidup pada studio foto yang anda buat, tambahkan dekorasi studio foto di rumah  atau properti foto produk baju yang sesuai dengan tema foto.

  • Untuk konsep pemotretan produk casual anda dapat menambahkan dekorasi studio foto di rumah berupa kotak kayu dan tumbuhan kering.
  • Untuk menghasilkan nuansa yang lebih klasik anda dapat menambahkan properti foto produk baju yang vintage dan antik.
  • Untuk konsep pemotretan yang lebih modern anda bisa menambahkan furniture yang mendukung tema tersebut.

Studio Foto

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Kalau anda membutuhkan manekin setengah badan untuk keperluan foto produk baju maka anda bisa memakai Dress Form (Wanita) dan Dress Form (Pria) yang kami miliki.

4. Lengkapi Dengan Lampu

Untuk memaksimalkan kualitas foto yang anda dapatkan lengkapi ruangan studio foto yang anda buat dengan lampu yang terang.

  • Dalam fotografi studio penggunaan lampu yang tepat dapat membuat foto menjadi lebih dramatis dan artistik.
  • Lampu bisa dijadikan sebagai sumber pencahayaan yang tepat untuk memberikan visual yang khas pada hasil foto.
  • Lampu juga penting agar produk dapat terlihat dengan jelas dan hasil foto cemerlang.
  • Lampu bisa dipakai sebagai alternatif sumber cahaya pengganti jikan mendung atau anda ingin melakukan pemotretan di malam hari.

Untuk pencahayaan studio foto, anda dapat menggunakan standing lamp yang memiliki kemampuan untuk memperhalus cahaya sehingga bayangan yang dihasilkan tidak seberapa kuat. Ketinggian serta jarak sumber cahaya dengan model juga perlu ansa sesuaikan dengan kebutuhan.

Alternatif lain anda juga bisa menggunakan softbox yang berukuran kecil untuk menciptakan cahaya yang lembut dan merata kalau punya tambahan budget.

Studio Foto

Sumber : https://www.blibli.com/

5. Siapkan Kamera Yang Bagus

Siapkan kamera yang bagus untuk melengkapi studio foto rumahan yang anda buat. Tidak masalah kalau kamera yang anda pakai memori penyimpanannya kecil, yang penting anda rajin memindahkan file ke komputer atau laptop.

  • Soal lensa pilihlah lensa kamera yang sesuai dengan keperluan fotografi produk fashion.
  • Foto produk biasanya membutuhkan lensa yang mengutamakan fokus agar dapat mengambil detail secara sempurna.
  • Jika diperlukan anda bisa menambah flash di kamera agar pencahayaan yang dihasilkan lebih teratur dan rapi.

6. Siapkan Tripod

Lengkapi studio foto rumahan yang anda buat dengan tripod untuk menyangga atau menopang body kamera saat melakukan pemotretan.

  • Tripod dapat membantu untuk mengurangi guncangan, sehingga kamera lebih stabil.
  • Keberadaan tripod dapat membuat aktivitas memotret menjadi lebih nyaman dan hasil fotonya tidak blur.

Studio Foto

Sumber : https://www.walmart.com/

Cara menggunakan tripod inipun cukup mudah, anda hanya perlu mengatur jarak tripod dengan obyek toto serta tinggi tripod sesuai dengan kebutuhan pemotretan, lalu letakkan kamera pada dudukan tripod.

7. Siapkan Reflektor

Untuk membuat studio foto sederhana di rumah anda juga perlu menyiapkan yang namanya reflector sebagai pengatur pencahayaan. Dalam hal ini anda tidak perlu membeli reflector fotografer profesional yang mahal tapi cukup gunakan kain atau kertas yang tebal sebagai gantinya.

  • Untuk memberi efek cahaya yang hangat dan mirip dengan matahari terbenam gunakan reflektor yang berwarna emas.
  • Untuk menyeimbangkan cahaya dari lampu flash dan menyaring cahaya agar jatuhnya lebih lembut gunakan reflektor yang berwarna putih.
  • Untuk menyerap warna dan mencegah adanya pantulan cahaya pada area tertentu objek foto gunakan reflektor yang berwarna hitam.

Studio Foto

Sumber : https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai cara membuat studio foto sederhana di rumah dengan menggunakan alat dan bahan yang ada disekitar anda. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menginspirasi anda untuk lebih kreatif dalam menciptakan alternatif cara foto produk yang lebih mudah dan murah ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.