Article

Homepage Article Desain Fesyen Tips Memilih dan Menentukan…

Tips Memilih dan Menentukan Padupadan Baju Pas Badan atau Baju Body Fit Untuk Wanita

Bingung menentukan gaya busana yang tepat untuk keseharian anda?. Kalau tahun yang lalu baju oversized sempat menjadi trend di dunia mode, maka khusus di tahun 2020 ini baju wanita yang diciptakan dengan potongan pas badan alias body fit justru bakal lebih banyak dicari oleh para wanita selama satu tahun kedepan.

Pengertian Baju Body Fit

Dalam dunia fashion baju pas badan atau baju body fit dikenal sebagai salah satu model baju yang memiliki potongan pas di badan sehingga saat dikenakan cenderung mengikuti bentuk tubuh pemakainya. Sama halnya dengan kemeja slim fit pria, baju wanita yang dibuat pas badan juga bisa memberikan efek ramping.

Baju Wanita

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Dengan ukurannya yang dibuat pas sesuai bentuk tubuh penggunanya, model baju wanita yang satu ini sejak lama dipercaya mampu memberikan efek visual yang lebih menarik anda asal pemilihan  ukurannya juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Sebaiknya jangan dipilih baju yang terlalu ketat membungkus badan.

Baju Wanita

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Karakteristik Baju Body Fit

Sekalipun bentuk dan potongannya cenderung mengikuti lekuk badan, tetapi baju wanita yang diciptakan dengan model body fit pada prinsipnya terbilang relatif tetap nyaman dikenakan untuk aktifitas sehari-hari karena didesain dalam ukuran yang tidak terlalu ketat namun juga tidak terlalu longgar.

Baju Wanita

Sumber : https://shopee.co.id/

Beberapa fakta menarik yang harus anda ketahui terkait dengan fungsi baju pas badan diantaranya:

  • Baju pas badan sebenarnya diciptkan khusus untuk wanita yang memiliki badan slim atau kurus.
  • Bukan untuk wanita yang memiliki tipe badan sedang, rata-rata atau ideal agar tampil slim atau kurus.
  • Bukan pula untuk wanita berbadan gemuk agar kelihatan slim atau kurus.

Tips Memilih Baju Body Fit

Saat menghadiri suatu acara baik yang bersifat formal maupun non formal, penting untuk diperhatikan bahwa sahabat Fitinline harus pandai-pandai memilih baju pas badan yang sesuai dengan tubuh anda. Jika terlalu ketat yang ada penampilan anda justru malah jadi kurang menarik dan tidak enak dilihatnya.

  • Pastikan busana pas badan yang anda pilih terbuat dari bahan kain yang tidak mudah kusut, mudah untuk di setrika dan memiliki karakteristik nyaman saat dikenakan untuk jangka waktu yang cukup lama.
  • Karena pola baju pas badan dibuat dengan tujuan untuk memberikan kesan ramping maka sebaiknya pilih yang tidak terlalu banyak detail.
  • Untuk memberikan efek yang lebih proporsional padupadankan busana penutup tubuh bagian atas yang bermodel pas badan dengan rok atau celana yang melebar.

Terkait dengan hal tetrsebut beberapa model baju pas badan yang bisa anda pakai sebagai pelengkap gaya sehari-hari diantaranya ada tank top, crop top, kaos oblong dan juga blus.

1. Tank Top

Tank top merupakan salah satu model pakaian wanita yang didesain tanpa lengan dan biasa dikenakan sebagai pakaian kasual untuk cuaca panas. Tanktop ini sebenarnya juga dapat digunakan untuk pakaian dalam atau pelengkap busana yang lebih formal seperti cardigan, jaket maupun blazer lho.

Baju Wanita

Sumber : https://m.elevenia.co.id/

Berdasarkan desain dan kegunaannya, baju pas badan yang didesain dalam bentuk tank top sendiri umumnya juga dapat dijumpai dalam berbagai macm varian. Beberapa model tanktop yang dimakud yakni berupa:

a. Halter Top

Halter top merupakan salah satu model tank top yang paling modis. Jenis tank top ini dilengkapi dengan tali pengikat yang bertemu dibagian belakang leher dan tidak melewati pundak.

b. Vest Top

Jenis tank top yang satu ini dikenal juga dengan nama tank top tali spageti karena memiliki aksen tali pengikat berukuran tipis sebagai penahannya.

c. Tube Top

Tube top termasuk jenis kaus tanpa lengan yang biasa digunakan untuk pembungkus bagian dada wanita. Oleh karena itu tube top sebaiknya dikenakan dengan pakaian luar yang sopan dan nyaman.

Punya hobi menjahit dan membuat kreasi unik dari pakaian lama yang sudah tidak terpakai?. Sahabat Fitinline bisa mencoba untuk Membuat Kreasi Tank Top Dari Pakaian Bekas yang dilengkapi dengan tali di bagian samping kiri dan kanan. Tanktop model ini bisa disebut sebagai tie side tank top.

2. Crop Top

Cropped top dapat didefinisikan sebagai busana atasan berbentuk blouse atau kaos yang sengaja diciptakan dalam ukuran pendek hingga sebatas pinggang atau perut. Busana wanita yang memiliki sebutan lain berupa belly fashion ini juga sering kali difungsikan untuk menyamarkan bentuk perut.

Baju Wanita

Sumber : https://www.yesstyle.com/

  • Kalau anda mau tetap tampil cantik dengan crop top pastikan perut anda berada dalam kondisi yang fit.
  • Padukan crop top dengan busana lain yang menutup bagian perut dan pinggul.
  • Untuk anda yang tidak begitu suka tampil terbuka anda bisa memakai inner atau pakaian dalam yang sedikit ketat.
  • Hindari memilih outfit yang berdetail terlalu banyak dan berani seperti berbelahan dada rendah atau bagian punggungnya terbuka.
  • Untuk anda yang berhijab, anda bisa mengenakan crop top dengan busana penutup tubuh berlengan panjang, celana panjang loose atau rok panjang.

3. Kaos Oblong

Kaos oblong dapat dikategorikan ke dalam salah satu model kaos yang paling klasik karena bentuk lehernya masih sangat sederhana menyerupai huruf “O”. Dilihat dari desain dan ukurannya kaos oblong sendiri sebenarnya tersedia dalam berbagai macam model salah satunya dengan model body fit.

Baju Wanita

Sumber : https://www.uniqlo.com/

  • Semakin tebal bahan kain yang digunakan untuk membuat suatu kaos oblong maka semakin bagus pula kualitas bahan kaos tersebut.
  • Bahan kaos yang berkualitas umumnya memiliki daya serap keringat yang sangat baik sehingga ketika dipakai akan terasa lebih adem dan tidak membuat gerah.
  • Bahan kaos yang bagus untuk membuat kaos oblong diantaranya berupa kain cotton combed, cotton carded, cotton slub, cotton bamboo dan masih banyak lagi.

Buat anda yang kebetulan sedang mencari bahan kaos berkualitas dengan harga murah, anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kaos dari kami Di Sini.

Kalau anda lebih tertarik untuk membuat kaos oblong sendiri tapi masih bingung bagaimana cara mengukur badan dan membuat polanya?. Sahabat Fitinline bisa mendownload pola kaos dari kami.

Hal mendasar yang membedakan lengan raglan dengan lengan licin yaitu terletak pada sambungan lengan dan badannya.

  • Lengan licin merupakan lengan yang dijahitkan pada lingkar kerung lengan.
  • Lengan raglan merupakan lengan yang dijahitkan dari garis leher menuju ketiak.

4. Blus

Blus pas badan menjadi model baju wanita berikutnya yang wajib anda miliki di tahun 2020. Selain dikenkan pada kesempatan formal blus sendiri sebenarnya juga dapat dipakai pada kesempatan casual asal padupadannya juga sudah tepat.

  • Memilih blus wanita dengan model body fit atau pas di badan akan membuat lekukan tubuh terlihat lebih menarik dan menambah kesan lebih tinggi.
  • Khusus untuk wanita yang memiliki tubuh pendek, memilih blus pas badan dengan potongan v-neck menjadi salah satu keputusan yang paling tepat karena orang bertubuh pendek biasanya memiliki leher yang pendek pula.

Baju Wanita

Sumber : https://www.shopny2017.com/

Untuk menyempurnakan penampilan kenakan busana penutup tubuh bagian atas yang berpotongan pas badan dengan celana atau rok yang memiliki siluet melebar dibagian bawah agar kesan yang dihasilkan jadi lebih seimbang. Jangan sekali-sekali memakai rok atau celana ketat jika anda tidak mau dianggap aneh.

Adapun beberapa model busana penutup tubuh bagian bawah yang bisa anda pakai dengan baju pas badan  diantaranya ada celana kulot, celana gaucho, celana palazzo, rok plisket, rok kerut, rok lingkar, rok A-line dan lainnya.

1. Celana Kulot

Celana kulot dapat didefinisikan sebagai salah satu jenis celana wanita dengan bentuk seperti pipa yang melebar kebawah. Jika dilihat dari jauh sepintas celana kulot ini akan tampak seperti rok yang membungkus tubuh bagian bawah karena pembaginya tidak begitu jelas.

Baju Wanita

Sumber : https://www.loveandbravery.com/

Sama halnya dengan kaos maupun blus wanita, celana kulot sendiri pada dasarnya juga dapat dijumpai dalam berbagai macam varian yang berbeda, beberapa diantaranya:

a. Ruffle Cullotes

Ruffle cullotes merupakan celana kulot yang dilengkapi dengan detail frill atau ruffle pada bagian tertentu terutama pada ujung bawahnya.

b. Pleated Cullotes

Turut meramaikan panggung fashion kini tidak hanya rok saja yang bermodel lipit, tapi muncul pula kulot yang berdetail serupa.

c. Baggy Cullotes

Sebagai pelengkap gaya penampilan, berikutnya ada model kulot yang menyerupai celana baggy.

d. Printed Culottes

Selain ketiga model celana di atas ada juga kulot print dengan motif stipes, floral, hingga ethnic.

e. Fringe Culottes

Untuk model kulot terakhir ada yang namanya fringe kulot, celana wanita ini identik dengan bohemian style.

Ingin membuat celana kulot sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload pola celana kulot siap pakai dari kami.

2. Celana Gaucho

Celana gaucho merupakan sejenis item fashion yang secara spesifik memiliki bentuk seperti rok tetapi sebenarnya celana. Sepintas celana ini bentuknya sangat mirip dengan kulot namun cuttingnya sedikit berbeda karena bagian pinggangnya dibuat lebih tinggi (high-waist).

  • Ciri paling khas yang membedakan celana gaucho dengan jenis celana lain khususnya kulot yaitu celana gaucho umumnya berpinggang tinggi (high-waist).
  • Celana gaucho kebanyakan memiliki potongan yang cukup lebar dari paha hingga betis jadi bentuknya sepintas tampak seperti rok.  
  • Dengan bentuknya yang cenderung melebar, celana gaucho sangat cocok dipakai untuk menyeimbangkan tampilan tank top, crop top, kaos oblong dan juga blus yang dibuat pas badan.
  • Celana gaucho cocok untuk dipakai dalam bermacam-macam situasi dan dapat memberikan kesan santai namun tetap stylish.

Baju Wanita

Sumber : https://www.uniqlo.com/

3. Celana Palazzo

Celana palazzo yang dikenal juga dengan nama palazzo pants dapat didefinisikan sebagai celana wanita berpotongan longgar yang didesain lurus pada bagian atas dan melebar dibagian bawah. Sepintas celana ini nyaris seperti celana kulot versi panjang.

Baju Wanita

Sumber : https://www.zalora.co.id/

Dengan modelnya yang super wide-leg, loose dan flowing celana palazzo secara umum juga menawarkan banyak keunggulan lho.

  • Celana palazzo menjadi salah satu celana super nyaman yang dapat memberi ilusi kaki lebih panjang, elegan dan fashionable.
  • Celana palazzo bersifat sangat versatile sehingga sangat mudah dipadupadankan dengan pakaian lain termasuk  tank top, crop top, kaos oblong dan juga blus pas badan.
  • Celana palazzo bisa dipakai untuk kesempatan apapun baik itu acara formal maupun acara casual.

4. Rok Plisket

Rok plisket dapat dikategorikan ke dalam jenis rok wanita yang dibuat dari sejenis kain tekstil yang memiliki tekstur berlipat-lipat. Istilah plisket sendiri konon diadaptasi dari kata "pleats" yang biasa digunakan untuk menyebutkan teknik melipat kain secara rapi.

  • Buat anda yang ingin berpenampilan feminim dengan kaos oblong, maka anda bisa memadupadankannya dengan rok plisket yang memiliki tekstur berlipat-lipat.
  • Selain dipadukan denan kaos oblong rok plisket ini juga sangat cocok dipakai sebagai pelengkap gaya penampilan formal ketika dipadukan dengan blus wanita.

Baju Wanita

Sumber : https://www.lucyparis.com/

Berdasarkan metode pembuatannya, lipatan kecil pada kain seperti halnya yang sering terlihat pada rok plisket secara garis besar dapat dibuat dengan dua macam cara.

  • Dengan menggunakan mesin otomatis.
  • Dengan cara manual menggunakan bantuan setrika dan cairan kimia khusus berupa obat plisket.

5. Rok Kerut

Rok kerut termasuk ke dalam jenis rok wanita yang dibuat dengan model kerutan pada bagian pinggang sehingga bagian bawahnya secara otomatis akan melebar. Cara membuat model rok kerut ini bisa dibilang sangat mudah dan praktis karena tidak memerlukan pola dan perhitungan yang rumit.

Baju Wanita

Sumber : https://www.uniqlo.com/

Ingin membuat rok kerut yang cantik sebagai busana penutup tubuh bagian bawah dari tank top, crop top, kaos oblong dan juga blus yang anda miliki?. Simak kembali tutorial mengenai cara Membuat Rok Dalam Waktu 30 Menit.

6. Rok Lingkar

Rok lingkaran merupakan sejenis rok bergelombang yang diberi nama sesuai dengan bentuknya saat dibentangkan. Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita, rok ini secara umum polanya dibuat berbentuk lingkaran baik setengah lingkaran maupun full lingkaran.

Baju Wanita

Sumber : https://www.ladiesclothes24.com/

Mau tahu bagaimana cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk membuat model rok lingkaran?. Simak kembali pembahasan mengenai Cara Mudah Membuat Rok Lingkaran pada artikel Fitinline terdahulu.

7. Rok A-Line

A-line skirt merupakan rok dengan model melebar di bagian bawah dan membentuk semacam huruf A. Nama lain dari rok model ini adalah semi flared skirt.

  • Rok A-line memang dapat dikenali dengan mudah dari bentuknya yang lebar dan rata di bagian bawah.
  • Rok A-Line cocok dipakai untuk berbagai variasi ukuran panjang, mulai dari selutut, sebetis, hingga menutupi pergelangan kaki.
  • Untuk anda yang ingin menghadiri acara casual atau semiformal rok A-line bisa menjadi pilihan paling tepat yang bisa diandalkan.
  • Rok A-line yang memiliki potongan melebar dibgin bawah bersifat sangat versatile sehingga sangat mudah dipadupadankan dengan pakaian lain termasuk  tank top, crop top, kaos oblong dan juga blus pas badan.

Demikian pembahasan singkat mengenai tips memilih dan menentukan padupadan baju pas badan atau baju body fit untuk wanita yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik fashion yang tidak kalah menarik simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.