Article

Homepage Article Kain Ciri Khas, Kelebihan dan…

Ciri Khas, Kelebihan dan Kekurangan Kain Moscrepe Serta Pemanfaatannya Pada Busana Muslim

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat busana muslim?. Bila dahulu bahan kain dengan permukaan yang halus dan bermotif cantik selalu menjadi kriteria penentu kualitas suatu bahan kain, maka kini kain dengan permukaan bertekstur seperti halnya moscrepe justru lebih disukai banyak orang.

Pengertian Kain Moscrepe

Kain moscrepe merupakan salah satu jenis bahan kain dari keluarga crepe yang permukaannya tampak seperti kulit jeruk atau seperti butiran pasir. Meskipun sepintas tampak kasar tapi kain moscrepe sendiri sebenarnya termasuk kedalam kategori bahan kain yang lumayan lentur dan halus jika diraba dengan telapak tangan lho.

Kain Moscrepe

Sumber : https://shopee.co.id/

Berdasarkan bahan utamanya, kain moscrepe umumnya dibuat dari serat rayon dan ditenun menggunakan mesin tenun dobby tenun bermotif yang ditemukan tahun 1840.Salah satu karakteristik yang paling khas yaitu adanya gambar-gambar kecil (biasanya bentuk geometris) yang dibentuk langsung oleh struktur tenun kain tersebut.

Kain Moscrepe

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Dengan mesin tenun dobby dan bantuan dobby card, pada seluruh permukaan kain moscrepe akan terbentuk pola butiran-butiran kecil seperti pasir secara berulang. Dari situ bisa didapatkan juga kain moscrepe yang ringan, jatuh dan cenderung lemas sehingga cocok digunakan untuk membuat berbagai macam busana wanita.

Kain Moscrepe

Sumber : http://www.gamissyaricantik.com/

Ciri Khas Kain Moscrepe

Sebagai salah satu bahan kain yang berkualitas tinggi kain moscrepe secara umum jelas memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan bahan lain. Untuk memudahkan anda dalam memilih dan menemukan kain moscrepe kenali dulu yuk ciri khas kain moscrepe yang bisa dilihat secara langsung.

  1. Tekstur kain moscrepe tampak seperti kulit jeruk atau berpasir.
  2. Kain moscrepe bersifat ringan dan lentur.
  3. Dibanding bahan kain wollycrepe dan bubble crepe serat kain moscrepe jauh lebih rapat dan jika ditarik sedikit elastis.
  4. Lebih jatuh, lemas, tidak terlalu kasar dan tidak mudah kusut, tanpa harus diseterika sekalipun permukaan kain moscrepe akan senantiasa tampak rapi.
  5. Bahannya tidak tansparan dan tidak menerawang, meski demikian untuk moscrepe yang berwara putih sebaiknya tetap diberi tambahan furing.
  6. Nyaman sewaktu digunakan meskipun tidak dapat menyerap keringat dengan baik, tapi hal ini masih bisa disiasati dengan menambahkan kain furing sebagai pelapis dalamnya.
  7. Sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan tunik,  gamis dan khimar yang panjang.

Kelebihan Kain Moscrepe

Sebagai salah satu bahan kain yang memiliki teketur seperti jeruk atau berpasir, kain moscrepe jelas menawarkan sejumlah kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan bahan kain yang lain sehingga  banyak dipilih untuk membuat berbagai jenis busana wanita. Beberapa kelebihan kain moscrepe yang paling mencolok diantaranya.

  1. Dibandingkan dengan bahan crepe yang memiliki ketebalan sama, kain moscrepe lebih ringan. Dengan begitu busana wanita yang dibuat dari kain moscrepe tidak terasa berat, walaupun menggunakan banyak bahan.
  2. Kain moscrepe seratnya cenderung rapat karena itulah tampilannya jadi tidak menerawang.
  3. Busana dari kain moscrepe jatuhnya tidak melekat di tubuh jadi sangat cocok digunakan untuk menutupi lekukan tubuh sehingga tetap cantik. Sifat seperti ini juga dimiliki bahan toyobo, tetapi kainnya glossy dan licin.
  4. Kain sejenis crepe biasanya bersifat mati (tidak lentur) atau lentur hanya ke satu arah vertikal atau horizontal saja, tapi ini tidak berlaku untuk moscrepe. Kain ini memiliki kelenturan ke arah vertikal maupun horizontal sehingga sangat nyaman dipakai seharian.
  5. Sensasi kasar dari tekstur moscrepe memang membuat pakaian seperti terasa panas. Untuk mengatasinya anda bisa meambahkan furing sehingga bagian yang kasar tidak bersentuhan langsung dengan kulit.
  6. Kain moscrepe termasuk bahan dengan rentang harga medium sehingga cocok bagi anda yang ingin memiliki busana yang berkualitas, tetapi harganya tetap terjangkau.
  7. Kain moscrepe tidak mudah kusut, kalaupun ada sedikit kusut tekstur kain akan menyamarkannya. Jadi tanpa disetrika sekalipun pakaian akan selalu terlihat rapi.
  8. Serat rayon yang menyusun kain moscrepe mampu mengikat warna dengan baik sehingga warna kainnya jadi lebih hidup. Pilihan warnanya pun juga sangat banyak dan beragam.

Kekurangan Kain Moscrepe

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya, kain moscrepe sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan lho. Berikut beberapa kekurangan dari bahan kain moscrepe yang perlu anda ketahui.

  1. Kain moscrepe kurang tahan dengan suhu tinggi jadi sangat rentan rusak bila terkena panas setrika.
  2. Untuk kain moscrepe yang berwarna putih bahannya bisa jadi bersifat sedikit transparan sehingga perlu dilapisi kain furing supaya lebih aman.

Pemanfaatan Kain Moscrepe

Terkait dengan pemanfaatannya dalam dunia fashion, jika dilihat dari segi kualitasnya bahan kain yang satu ini akan sangat cocok jika digunaskan sebagai referensi bebagai bahan busana muslim untuk wanita, khususnya model tunik, gamis wanita dan khimar double layer.

1. Tunik

Tunik merupakan pakaian longgar yang menutupi dada, bahu dan punggung, beberapa ada yang dibuat dengan lengan atau tanpa lengan sementara panjangnya bisa sampai di pinggul atau hingga di atas lutut. Untuk tunik tanpa lengan pemakaiannya harus disertai manset panjang sebagai penutup tangan.

Kain Moscrepe

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Sebagai salah satu outfit serbaguna tunik sendiri dapat dipakai saat acara kasual atau formal asalkan padupadannya sudah tepat. Beberapa contoh model tunik yang cukup populer di kalangan para wanita dan dapat anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan diantaranya:

  • Simple tunik yang memiliki potongan sederhana dan tidak terlalu banyak detail. Tunik ini termasuk dalam baju modest wear yang bisa membuat pemakainya tetap stylish tanpa perlu ribet.
  • Tunik dengan potongan asimetris untuk menyamarkan bentuk tubuh dan membuat penampilan makin fashionable.
  • Tunik dress yang memiliki bentuk seperti layaknya dress longgar tetapi sebenarnya adalah tunik. Tunik dress ini beberapa ada yang berlengan pendek, panjang, atau tanpa lengan.
  • Tunik abaya yang diperoleh dari perpaduan antara tunik dan abaya. Tunik abaya sangat cocok dikenakan oleh para wanita berhijab karena modelnya yang longgar tidak menunjukkan lekuk tubuh.
  • Tunik vest atau tunik rompi yang sering dipakai sebagai outer ketika memakai kaos maupun kemeja tanpa membuat penampilan anda jadi terkesan berlebihan.
  • Tunik peplum yang memiliki efek lebih mengembang dan penuh pada bagian bawahnya. Tampilannya yang demikian unik akan menjadikan aksen peplum tampak begitu sempurna.

Mau tahu bagaimana cara mudah yang bisa dilakukan untuk membuat peplum. Sahabat Fitinline bisa menyimak kembali pembahasan mengenai tips Membuat Aksen Peplum pada artikel Fitinline terdahulu.

2. Gamis Wanita

Gamis merupakan pakaian muslim wanita asal Timur Tengah yang banyak diciptakan dalam bentuk terusan yang lurus, panjang dan longgar dengan tujuan untuk menutupi seluruh badan mulai dari leher sampai ke mata kaki. Untuk mempercantik tampilannya beberapa ada juga yang dihias renda atau ornamen lain.

Kain Moscrepe

Sumber : http://www.gamissyaricantik.com/

Dari waktu ke waktu model gamis wanita sendiri juga banyak mengalami perkembangan. Jika dulu potongannya banyak dibuat lurus dan longgar tanpa detail kini sudah mulai banyak gamis yang dilengkapi dengan detail ruffle, detail peplum, lengan lonceng, cape maupun ornamen lain yang tidak kalah menarik.

Kain Moscrepe

Sumber : https://id.carousell.com/

Tertarik untuk membuat gamis sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis maka anda bisa mendownload pola gamis siap pakai dari kami.

Pola gamis yang dijual di Fitinline merupakan pola elektronik dalam bentuk file PDF yag bisa anda pakai sebagai dasar pembuatan gamis. Cara menyusun pola elektronik bisa dipelajari di panduan yang disetakan dalam pola ini atau lihat videonya Di Sini.

Dengan membuat gamis dari bahan moscrepe andapun akan mendapatkan banyak keuntungan dibandingkan membeli gamis moscrepe yang bisa saja model dan ukurannya belum tentu sesuai dengan tubuh anda.

  • Membuat model gamis sendiri akan meningkatkan kreatifitas anda untuk membuat model baju-baju baru yang tidak kalah menarik.
  • Bebas dalam membuat kreasi model gamis moscrepe. Kalau mau yang simple pilih gamis tradisional kalau mau yang mewah anda bisa memilih model gamis modern.
  • Ukuran gamis moscrepe yang anda buat bisa disesuaikan dengan bentuk badan, jadi tidak perlu khawatir lagi akan kebesaran atau kekecilan.
  • Dengan membuat gamis moscrepe sendiri anda bisa lebih leluasa untuk memilih warna kain yang sesuai dengan selera dan kebutuhan.  
  • Model gamis moscrepe yang anda buat akan menjadi baju limited edition karena anda sendiri yang membuatnya secara langsung tanpa campur tangan orang lain.

3. Khimar

Khimar merupakan sejenis hijab yang dapat dikenakan untuk menutup kepala, dada maupun bagian punggung. Tidak seperti hijab syar’i di masa lalu yang bentuknya cenderung monoton satu warna dan polos, kini hijab syar’i banyak juga yang dibuat dengan tambahan variasi seperti aksen renda dan layer.

Kain Moscrepe

Sumber : https://id.carousell.com/

Sebagai bahan utama hijab, kain moscrepe ini relatif lebih mudah untuk dijahit karena bahannya tidak licin dan tidak melar seperti bahan hijab panjang lainnya. Selain mudah proses pembuatannya khimar yang dibuat dari kain moscrepe juga sangat nyaman dipakai karena bahannya tidak  begitu licin.

Kain Moscrepe

Sumber : https://shopee.co.id/

Tanpa melupakan fungsi utamanya yakni untuk menutup aurat, hijab khimar hadir pula dengan kombinasi warna yang apik dan tidak lagi terlihat membosankan. Beberapa contoh model khimar wanita yang bisa dibuat dari bahan kain moscrepe diantaranya:

  • Hijab khimar simpel yang memiliki tampilan sederhana karena tidak memiliki terlalu  banyak variasi dan hiasan.
  • Khimar layering yang dibuat dari dua lapis kain atau lebih kemudian dijahit menjadi satu.
  • Khimar pet dengan ciri khas tambahan pet (bantalan busa) dibagian depan yang bisa mengikuti lekuk lingkar wajah.
  • Khimar rempel yang dilengkapi dengan tambahan rempel pada baberapa bagiannya, kebanyakan bawah khimar.

4. Pashmina

Pashmina merupakan salah satu produk pelengkap fashion wanita yang bentuknya menyerupai selendang. Khusus di Indonesia sendiri pashmina ini biasanya difungsikan sebagai penutup kepala alias hijab.

Berdasarkan desain dan kegunannya pashmina yang dipakai untuk hijab pada dasarnya dapat dibuat dalam berbagai macam ukuran yang berbeda.

  • Pashmina dengan ukuran 200 cm x 75 cm.
  • Pashmina dengan ukuran 90 cm x 200 cm.
  • Pashmina dengan ukuran 125 cm x 250 cm.

Kain Moscrepe

Sumber : https://shopee.co.id/

Selain tersedia dalam bentuk lmbaran yang panjang pashmina ada juga yang dibuat dengan model instan. Beberapa keistimewaan dari pashmina instan diantaranya:

  • Cara pemakaian pashmina instan cenderung lebih mudah dan cepat tidak serumit pasahmina biasa.
  • Pashmina instan tidak membutuhkan banyak jarum.
  • Ketika sudah dipakai tampilan dari pashmina instan pun tidak ada bedanya dengan pashmina biasa karena hanya cara pemakaiannya saja yang beda.

Merawat Busana Berbahan Moscrepe

Punya sejumlah koleksi pakaian berbahan moscrepe?. Penting untuk diketahui bahwa pakaian berbahan moscrepe sebenarnya tidak bisa disetrika dengan suhu yang panas. Maka dari itu proses mencuci dan menjemurnya juga harus disiasati dengan cara-cara tertentu supaya kualitas pakaian tetap terjaga dengan baik.

Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan pakaian yang tidak diinginkan coba terapkan beberapa tips sederhana sebagai berikut untuk merawat pakaian berbahan moscrepe agar tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

  1. Sebelumnya melakukan pencucian perlu dilihat terlebih dahulu mengenai label yang terdapat dalam pakaian tersebut untuk mengetahui cara pencucian yang direkomendasikan.  
  2. Untuk mencuci pakaian berbahan moscrepe selalu gunakan detergen yang tepat, kalau mau aman pilihlah detergen yang lembut.
    • Pada produk pakaian yang berwarna putih anda bisa menggunakan pemutih pakaian jika diperlukan.
    • Tapi kalau untuk pakaian yang berwarna lain sebaiknya hindari penggunaan pemutih agar warna alaminya tetap terjaga dengan bbaik.
  3. Kain moscrepe bersifat lembut sehingga sebaiknya dicuci secara manual dan dikucek dengan lembut menggunakan tangan.  
  4. Jangan merendam kain terlalu lama karena akan merusak teksturnya. Merendam pakaian dalam air campuran deterjen terlalu lama juga dapat merusak pakaian serta melunturkan warna asli pakaian tersebut.
  5. Untuk menghilangkan noda yang sulit dihilangkan gosok dengan spons basah atau gunakan air hangat, jangan menggunakan sikat. Setelah nodanya bersih anda bisa mencuci pakaian seperti biasa.
  6. Selesai melakukan pencucian segera jemur pakaian tanpa perlu memerasnya lebih dulu, hal ini dimaksudkan agar tekstur moscrepe tidak rusak, tidak perlu diperas agar teksturnya tidak rusak.
  7. Untuk mengeringkannya, gantung pakaian di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari langsung.
    • Mengeringkan pakaian berbahan moscrepe dengan sinar matahari secara langsung dapat membuat warna alami kain menjadi tampak pudar.
    • Sebaiknya jemur pakaian diruang terbuka adat di dalam rumah menggunakan bantuan kipas angin.
  8. Kain moscrepe dibuat dari serat rayon yang bisa meleleh jika terkena suhu panas jadi gunakan suhu rendah saat menyetrikanya.
  9. Untuk menyimpan pakaian berbahan moscrepe tambahkan kapur barus. Hal ini dimaksudkan agar pakaian terhindar dari jamur dan juga ngengat yang bisa menyebabkan munculnya lubang-lubang kecil dan meninggalkan noda kecoklatan yang merusak keindahan pakaian.

Selamat mencoba tips dari kami sahabat Fitinline. Semoga dengan menerapkan cara perawatan yang baik dan benar, pakaian berbahan moscrepe yang anda miliki akan menjadi awet dan selalu terlihat baru.

Demikian pembahasan singkat mengenai ciri khas kain moscrepe, kelebihan dan kekurangan moscrepe serta pemanfaatan moscrepe dalam industri fashion yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi penting terkait dengan bahan kain lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.