Article

Homepage Article Desain Fesyen Inspirasi Gaya Busana Berdetail…

Inspirasi Gaya Busana Berdetail Ruffle Yang Mewarnai Trend Fashion Muslim 2020

Biasa tampil simple dengan menggunakan pakaian yang cenderung serba polos?. Supaya gaya busana anda jauh dari kesan monoton, tidak ada salahnya bila sesekali anda memasukkan aksen ruffle yang terkesan dramatis ke dalam busana yang anda pakai. Ruffle ini juga menjadi salah satu trend yang booming di tahun 2020 lho.

Pengertian Ruffle

Ruffle dapat didefinisikan sebagai salah satu aksen berbahan kain yang dijahit kerut di salah satu sisi sedangkan sisi lainnya dibiarkan lepas dengan ujung dineci atau dijahit kecil. Aksen yang memberi kesan mewah pada tampilan sebuah busana wanita ini bisa juga dijumpai dalam bentuk lipatan bertumpuk yang terkesan cantik.

Sedikit berbeda dengan ruffle yang berkembang saat ini, dulu ruffle hanya dibuat dari kain berenda yang biasa dibentuk menyerupai lipit di satu sisi dan dipakai sebagai pelengkap hiasan busana atau  produk berbahan tekstil lainnya. Meski tampak tidak beraturan tapi hal inilah yang justru membuat desain ruffle terlihat makin menarik.

Detail ruffle pada busana wanita bisa membuat tampilan seorangmenjadi lebih manis dan feminin. Bentuk ruffle yang menggelembung juga bisa membantu menonjolkan atau menutupi bagian tubuh tertentu. Memakai busana dengan detail ruffle bisa memberi kesan lebih berisi asal penempatan rufflenya juga sudah tepat.

Asal Mula Ruffle

Dilihat dari sejarahnya aplikasi ruffle atau rempel sebenarnya sudah ada dari zaman Victoria. Tepatnya pada awal tahun 1789 ruffle diciptakan sebagai aksen renda yang dilipit sebagai pemanis busana wanita. Meskipun model yang ditampilkan terkesan klasik tapi ruffle ini tetap saja mempunyai daya tarik tersendiri.

Pada abad ke-15 ruffle kemudian mulai muncul menghiasi bagian leher busana wanita dan berkembang semakin pesat menjadi sebuah detail busana yang sering dipakai oleh wanita bangsawan Victoria pada abad ke-16. Ruffle ini dipercaya akan membuat penampilan jadi terlihat anggun, menawan dan lebih stylish.

Terinspirasi dari desain baju wanita yang dikenakan pada era Victoria dan Rococo Prancis, trend pemakaian ruffle sebagai pemanis pakaian selanjutnya berkembang di Jepang pada tahun 1990-an dan pada dekade 2000-an. Gaya busana wanita Jepang yang identik dengan kerut atau renda bermotif bunga ini biasa disebut Lolita Fashion.

Pemanfaatan Ruffle

Terkait dengan pemanfaatan ruffle pada busana wanita, di Indonesia sendiri belakangan sudah banyak desainer dan lokal brand yang memanfaatkan ruffle sebagai detail hiasan busana yang dibuatnya. Biasanya aplikasi ruffle ini banyak diaplikasikan pada bagian leher, ujung lengan maupun bagian bawah busana.

  1. Aplikasi ruffle pada bagian leher dapat digunakan untuk menyempurnakan bagian dada pemakainya sehingga terlihat lebih proporsional.
  2. Pemakaiaan baju yang dihias dengan detail ruffle di bagian lengan dapat menyamarkan bentuk tubuh bagian bawah yang cenderung besar.
  3. Ruffle pada bagian bawah baju bisa ditemukan pada rok rempel, tunik dan juga gamis rempel bawah.

Khusus untuk koleksi busana muslim misalnya detail ruffle kini juga bisa dijumpai pada berbagai model blus, tunik, rok, dress, gamis bahkan produk hijab yang dapat dimanfaatkan untuk mempertegas sisi anggun dan feminim bagi pemakainya.

1. Blus Ruffle

Blus ruffle merupakan salah satu model busana wanita yang memiliki desain cukup unik. modis dan kekinian. Dengan adanya detail ruffle yang menggelembung, model blus wanita ini juga bisa membantu menonjolkan atau menutupi bagian tubuh tertentu asal padupadannya juga sudah tepat.

Baju Wanita

Sumber : https://www.hanadora.com/

Ingin memakai blus ruffle tapi masih bingung bagaimana cara memilih dan menentukan padupadannya?. Sebagai bahan pertimbangan berikut kami bagikan beberapa tips yang bisa anda terapkan ke dalam gaya busana anda.

  • Blouse dengan aksen ruffle akan semakin manis jika panjangnya di bawah pinggul, dengan begitu tampilan anda jadi tidak terlihat semakin penuh.
  • Blouse ruffle akan memberikan tampilan yang lebih berisi di bagian atas, karena itu lebih baik kenakan busana penutup tubuh bagian bawah yang lebih ramping.
  • Untuk memberikan kesan sedikit lebih rapi padupadankan blus ruffle dengan celana kulot. Mainkan warna untuk membuat penampilan makin fresh.

Lebih tertarik untuk membuat blus wanita sendiri tapi masih menemukan sedikit kesulitan saat menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload pola blus wanita dari kami.

2. Tunik Ruffle

Tunik ruffle merupakan sejenis tunik wanita yang dilengkapi dengan detail ruffle di beberapa bagian seperti misalnya bagian leher, ujung lengan dan bagian bawah baju. Bagian bawahnya yang melebar membuat tunik nyaman dikenakan dan cocok dipakai untuk anda yang mau tampil lebih feminim.

Baju Wanita

Sumber : https://muslimore.com/

Mau tampil makin kekinian dengan tunik tapi belum menemukan padupadan yang tepat?. Untuk mengenakan tunik dengan aksen ruffle sahabat Fitinline mencontek berbagai ide padupadan tunik berikut ini.

  • Kenakan tunik dengan legging yang bahannya bersifat stretch (mulur) untuk pelengkap gaya penampilan saat santai.
  • Untuk anda yang ingin memadukan tunik dengan legging, usahakan untuk memilih tunik ruffle yang  panjangnya melebihi bagian lutut.
  • Pemilihan leggingnya pun juga harus tepat agar tampilan yang anda dapatkan terkesan makin sempurna.
  • Celana jeans yang diciptakan dalam warna apapun juga bisa dipakai dengan tunik ruffle karena akan membuat pemakainya senantiasa tampak feminim dan casual dalam waktu yang bersamaan.
  • Jangan ragu untuk memadukan tunik ruffle dengan celana kulot yang lebar. Walaupun  terkesan sangat longgar, celana kulot justru bisa menambah kesan tinggi pada tubuh.
  • Tunik juga tetap cantik jika dipadukan dengan rok span yang memiliki siluet pas badan karena bagian sisi bawahnya dimasukkan 2 sampai 5 cm ke dalam sehingga terlihat kecil ke bawah.
  • Kalau mau tampil sedikit berbeda anda bisa memadukan tunik ruffle dengan celana yang dibuat dari bahan bermotif garis (stripe pants) maupun bermotif kotak-kotak (plaid pants).

3. Rok Ruffle

Rok dengan aksen ruffle menjadi model busana wanita berikutnya yang saat ini banyak diburu oleh para wanita. Bila sebelumnya detail ruffle pada rok hanya dibuat biasa maka kini desain dan potongannya pun juga semakin bervariasi. Salah satu rok yang paling banyak dicari yaitu berupa rok ruffle asimetris.

  • Untuk mendapatkan penampilan yang chic padupadan rok beraksen ruffle dengan kaos atau blus yang cenderung polos. Tambahkan pula statement earrings agar look yang dihasilkan jadi semakin stunning.
  • Rok dengan aksen ruffle juga bisa dipadukan dengan kaos bermotif garis-garis. Kalau mau aman pilih saja kaos stripe dengan warna-warna monokrom maupun warna netral lainnya.
  • Masih dengan nuansa hitam putih, kaos putih lengan pendek juga bisa dipakai dengan rok ruffle, asal jangan lupa pakai manset warna hitam.
  • Biar tetap nyaman dan hangat saat hangout, padukan rok ruffle dengan sweater yang berpotongan pas dengan badan anda.

Baju Wanita

Sumber : https://www.hipwee.com/

4. Dress Ruffle

Dress dengan aksen ruffle akan menambah kesan feminin apalagi jika dress tersebut dibuat dari bahan yang ringan seperti halnya kain katun, kain linen dan juga kain chifon. Untuk memilih dress dengan aksen ruffle ikuti panduan berikut.

  • Dress beraksen ruffle akan lebih manis jika terbuat dari bahan yang flowy dan ringan agar tampilan anda jadi lebih seimbang dan tidak menggembung.
  • Hindari memilih dress ruffle yang tumpukannya lebih dari tiga layer agar tampilan yang dihasilkan tidak terkesan semakin penuh.
  • Padupadankan dress ruffle dan sneakers agar penampilan anda jadi lebih manis dan tidak berlebihan. Outfit ini cocok dipakai ketika jalan-jalan santai saat liburan.
  • Ruffle dress juga cocok dipakai untuk acara formal siang maupun malam hari tergantung pilihan warna dan padu-padannya.

Baju Wanita

Sumber : https://www.idntimes.com/

5. Gamis Ruffle

Gamis beraksen ruffle bisa jadi pilihan yang tepat untuk pelengkap penampilan, karena model busana dengan lipatan bertumpuk ini bisa mengubah penampilan anda menjadi terlihat elegan saat datang ke acara formal, hangout atau sekadar bersantai di rumah.

  • Gamis ruffle sebenarnya merupakan jenis gamis yang dihias dengan aksen ruffle pada beberapa bagian misal lengan, ujung bawah gamis, ataupun pada bagian depannya.
  • Aksen rimpel yang khas pada ruffle tidak hanya membuat tampilan anda terkesan feminim tapi juga makin trendy.

Baju Wanita

Sumber : https://trendhijabterbaruku.blogspot.com/

Beberapa tips penting yang wajib dipertimbangkan ketika memilih gamis ruffle diantaranya:

  • Pilih model busana gamis wanita yang sesuai dengan bentuk tubuh anda terutama bagian badan dan lengannya, sehingga anda bebas untuk bergerak.
  • Untuk alasan kenyamanan, pilih bahan gamis wanita yang nyaman dipakai misalnya kain yang memiliki karakteristik lembut dan tidak panas seperti kain katun.
  • Hindari warna dan motif gamis wanita yang terlalu ramai untuk meminimalisir kesan penuh atau menumpuk karena detail ruffle sendiri sudah memberikan kesan manis.

Khusus untuk anda yang ingin membuat gamis wanita sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya maka anda bisa mendownload pola gamis siap pakai dari kami.

6. Hijab Ruffle

Hijab ruffle merupakan sejenis hijab yang dihiasi dengan variasi kerut atau ruffle di bagian tertentu umumnya bagian bawah. Selain diaplikasikan pada hijab bergo detail ruffle belakangan juga banyak diaplkasikan pada pashmina maupun hijab segi empat.

Baju Wanita

Sumber : https://www.zalora.co.id/

Dengan karakteristiknya yang sangat khas yakni memiliki efek lipatan bertumpuk sehingga mampu memberikan kesan feminin, girly, seksi hingga edgy sekaligus, ruffle pada umumnya juga dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki bentuk tubuh pemakainya agar makin proporsional.

  1. Ruffle yang ditempatkan di bagian dada akan menghasilkan tampilan yang lebih cantik karena efeknya yang mengembang akan menambah volume dan bentuk pada area tersebut.
  2. Pada bagian leher busana yang berpotongan melintang, ruffle yang dijahitkan secara vertikal mampu memberikan efek seimbang pada bagian dada.
  3. Ruffle pada bagian lengan busana wanita akan memberikan bentuk bahu yang lebih proporsional. Tapi jika bentuk lengan anda cenderung besar sebaiknya hindari dress atau blus bermodel one shoulder.
  4. Ruffle pada bagian bahu sangat sesuai jika dikenakan oleh wanita yang memiliki pinggul besar. Selain menciptakan kesan yang seimbang busana ini juga dapat menghasilkan tampilan  lebih vintage.
  5. Ruffle pada bagian bawah rok sangat cocok digunakan untuk membuat efek lebih jenjang pada tubuh wanita.

Tapi ingat dalam memilih busana berdetail ruffle sendiri terdapat banyak hal yang harus diperhatikan lho. Beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan ketika memakai busana ruffle diantaranya:

  1. Ketika menggunakan busana berdetail ruffle sebaiknya kurangi pemakaian aksesoris seperti kalung dan gelang.
  2. Padukan busana ruffle dengan busana lain yang berpotongan simple agar penampilan anda tidak terkesan berlebihan.
  3. Pastikan anda memilih sepatu yang sesuai untuk menyempurnakan penampilan.
  4. Jika anda ingin terlihat lebih chic padukan outfit ruffle anda dengan sepatu bertumit seperti ankle boots.
  5. Bagi anda yang lebih suka tampil casual anda bisa mengenakan sneakers sebagai statement fashion anda.
  6. Tapi kalau anda mau terlihat lebih formal anda bisa mengenakan high heels.
  7. Tetap pastikan potongan dan struktur rufflenya sama seperti pertama kali anda memakainya.
  8. Jika anda ingin tampil lebih maksimal maka pilih busana ruffle yang berbahan nyaman dan dingin saat dikenakan.

Teknik Pembuatan Ruffle

Sebagai salah satu bagian penting yang tidak dapat terpisahkan dari dunia fashion, ruffle yang terdapat pada busana wanita sendiri secara sederhana dapat dibuat dengan menggunakan berbagai macam cara. Bisa menggunakan tangan, mesin jahit biasa aupun menggunakan sepatu jahit khusus untuk membuat ruffle.

1. Dengan Menggunakan Tangan

Secara sederhana ruffle dapat dibuat dengan menggunakan jahitan tangan yang kemudian dikerut. Hasil dari penarikan benang ini akan menghasilkan kain yang berkerut.

2. Dengan Menggunakan Mesin Jahit Biasa

Proses pembuatan ruffle dengan mesin jahit biasa dapat dimulai dengan membuat jahitan lurus (stik besar) terlebih dahulu kemudian kain dikerut dengan cara menarik di salah satu ujung benangnya.

3. Dengan Sepatu Jahit Khusus Untuk Membuat Ruffle

Untuk membuat ruffle dapat pula digunakan sepatu khusus yang sengaja diciptakan untuk membuat ruffle. Sepatu yang dimaksud yakni berupa Sepatu Menjahit Lipitan (Ultimate Ruffler Foot).

Mau tahu lebih detail lagi tentang cara pembuatan ruffle pada busana wanita?. Simak kembali pembahasan mengenai 3 Cara Mudah Membuat Ruffle : Dengan Tangan, Mesin Jahit Biasa dan Sepatu Jahit Khusus pada artikel Fitinline terdahulu.

Demikian pembahasan singkat megenai pengertian ruffle, asal mula ruffle, pemanfaatan ruffle lengkap dengan cara mudah membuat rufflel yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi terkait dengan dunia fashion yang tidak kalah menarik simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.