Article

Homepage Article Jahit Menjahit Membuat Kreasi Tank Top…

Membuat Kreasi Tank Top Dari Pakaian Bekas

Punya hobi menjahit dan membuat kreasi unik dari pakaian lama yang sudah tidak terpakai?. Sahabat Fitinline bisa mencoba untuk memodifikasi pakaian lama anda kedalam bentuk tie side tank top, yaitu berupa tanktop yang dilengkapi dengan tali di bagian samping kiri dan kanannya. 

Tie Tanktop

Pakaian bekas yang akan kita gunakan pada percobaan kali ini yaitu berupa baju berlengan panjang tanpa kerah yang memiliki potongan cukup longgar dan simple. 

Tie Tanktop

Membuat Bagian Utama Tanktop

Mula-mula tempatkan pakaian lama anda pada meja yang datar kemudian lipat pakaian tersebut menjadi dua bagian seperti gambar berikut. 

Tie Tanktop

Siapkan satu buah kaos tanpa lengan untuk contoh, kemudian lipat kaos tersebut menjadi dua bagian sama besar seperti yang dilakukan pada langkah diatas. Tempatkan kaos tersebut diatas pakaian lama anda. 

Tie Tanktop

Gunting pakaian lama anda mengikuti bentuk potongan kaos tanpa lengan yang ditempatkan diatasnya. 

Tie Tanktop

Hasilnya akan diperoleh bentuk dasar tanktop seperti berikut. 

Tie Tanktop

Obras bagian tepi kiri dan kanan masing-masing potongan tanktop (bagian depan dan belakang).

Tie Tanktop

Lipat kecil bagian yang telah diobras kearah bagian buruk tanktop kemudian tindas masing-masing lipatan kain tersebut dengan pola jahitan berbentuk lurus.  

Tie Tanktop

Tie Tanktop

Membuat Tali Tanktop

Untuk membuat tali tanktop sahabat Fitinline bisa memanfaatkan kain sisa yang diperoleh dari bagian lengan pakaian.

Tie Tanktop

Caranya potong bagian lengan tersebut kearah panjang lengan dengan menggunakan bantuan rotary cutter ataupun gunting. Tentukan seberapa lebar tali yang ingin anda buat kemudian potong-potong kecil bagian lengan tersebut sesuai kebutuhan.

Tie Tanktop

Semakin banyak potongan kain yang anda buat, besar kemungkinan akan semakin panjang pula tali tanktop yang bisa anda dapatkan.

Tie Tanktop

Sambung potongan tali tersebut hingga diperoleh dua buah tali yang cukup panjang. 

Tie Tanktop

Memasang Tali Tanktop

Pasangkan tali tanktop pada bagian garis lengan tanktop dengan posisi bagian baik tali tanktop berhadapan dengan bagian buruk tanktop. Usahakan agar sisa tali yang menjuntai pada masing-masing sisi tanktop nantinya memiliki panjang yang sama satu sama lain.

Tie Tanktop

Jahit kecil masing-masing bagian tepi sambungan tali tanktop dan bagian utama tanktop tersebut dengan pola jahitan berbentuk lurus.

Tie Tanktop

Menyelesaikan Tali Tanktop

Lipat salah satu bagian ujung tali tanktop kearah buruk kain. 

Tie Tanktop

Lipat pula masing-masing bagian tepi tali tanktop kearah buruk kain sehingga bagian tepi keduanya saling bertemu disatu garis yang sama. 

Tie Tanktop

Lipat kembali bagian tersebut untuk menyembunyikan bekas potongan kain yang bertiras kemudian sematkan jarum pentul untuk menahan posisinya agar tidak bergeser. 

Tie Tanktop

Lakukan langkah diatas secara bertahap hingga seluruh bagian tali tanktop terlipat dengan sempurna.  

Tie Tanktop

Tie Tanktop

Untuk menyelesaikan sambungan tali tanktop dan bagian utama tanktop sahabat Fitinline bisa melipat kecil bagian tepi tali yang bebas kearah buruk tali. 

Tie Tanktop

Tie Tanktop

Lipat sekali lagi bagian tali yang telah terlipat tersebut untuk menutup tepi sambungan tali tanktop dan bagian utama tanktop. 

Tie Tanktop

Jahit tindas sepenjang lipatan tali yang diperoleh dari langkah sebelumnya dengan menggunakan mesin jahit.

Tie Tanktop

Tie Tanktop

Hasilnya akan diperoleh sebuah tanktop yang berbentuk unik seperti gambar berikut. 

Tie Tanktop

Cukup mudah bukan? Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline. Lebih lengkapnya anda bisa menyimak video tutorial berikut ini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.