Article

Homepage Article Fashion Design Tips Membuat Foto Produk…

Tips Membuat Foto Produk Baju Yang Keren Dengan Manekin

Mempelajari berbagai macam cara foto produk baju bisa menjadi salah satu hal yang cukup menyenangkan, karena bisa dilakukan sebagai hobi sekaligus . Khusus untuk anda yang mau tahu lebih banyak tentang cara foto produk baju dengan menggunakan manekin simak tips berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Manekin Baju

Manekin baju dapat didefinisikan sebagai sebuah boneka berbentuk manusia yang biasanya sering dipakai untuk memperagakan busana di etalase toko atau butik.  Selain digunakan untuk mempromosikan model pakaian terbaru manekin ini juga bisa digunakan untuk  menghasilkan foto produk baju yang bagus lho.

Sama halnya dengan manekin untuk display, manekin untuk keperluan foto produk baju sendiri pada prinsipnya juga dapat dijumpai dalam berbagai macam desain dan varian, beberapa ada yang dibuat sangat mirip dengan tubuh manusia namun tidak jarang juga yang hanya dibuat dalam model setengah badan.

Cara Foto Produk

Sumber : https://zappo.my/

Beberapa keunggulan yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilih konsep foto produk baju dengan manekin  untuk keperluan promosi diantaranya:

  • Manekin bisa menjadikan foto produk baju lebih hidup.  
  • Baju bisa difoto dengan kontur tubuh manusia tanpa perlu mencari model untuk memperagakannya.
  • Penggunaan manekin juga bisa membuat hasil foto nantinya terlihat semakin profesional.
  • Foto yang dihasilkan bisa memberikan gambaran yang jelas untuk menunjukkan kesesuaian bentuk suatu baju kepada calon pembeli.

Cara Foto Produk

Sumber : https://id.pinterest.com/

Meski menawarkan banyak keunggulan konsep foto produk dengan manekin baju sendiri sebenarnya juga memiliki kelemahan karena fotografer tidak bisa mengatur pose manekin sesuai keinginan. Jika ingin mendapatkan pose foto yang berbeda-beda maka manekin yang dijadikan sebagai model juga harus beda.

Cara Foto Produk Dengan Manekin

Tertarik untuk membuat foto produk baju dengan menggunakan manekin sebagai alat peraganya?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa menerapkan sejumlah trik berikut.

1. Pilih Manekin Yang Tepat

Sesuaikan ukuran manekin yang anda pilih untuk pengganti model dengan produk fashion yang hendak anda foto, sebab beda jenis baju beda juga manekin yang harus digunakan.

  • Untuk membuat foto produk baju anak misalnya manekin yang harus digunakan juga berupa menekin anak.
  • Untuk membuat foto produk baju orang dewasa manekin yang harus digunakan juga berupa menekin dewasa.

Cara Foto Produk

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Khusus untuk keperluan display dan foto produk baju, manekin anak-anak serta manekin orang dewasa inipun masih dibedakan lagi kedalam dua tipe yakni patung manekin full body dan manekin setengah badan.

  • Manekin Full Body

Patung manekin full body merupakan manekin yang didesain lengkap menyerupai tubuh manusia.

  • Patung manekin full body biasanya banyak dibuat dalam bermacam-macam pose.
  • Patung manekin full body sangat cocok digunakan untuk pembuatan foto produk baju yang menampilkan keseluruhan look mulai dari atas kepala hingga kaki.
  • Untuk mempercantik tampilan manekin, patung manekin full body ini terkadang juga dilengkapi dengan wig atau rambut palsu.

Cara Foto Produk

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Cara Foto Produk

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Manekin Setengah Badan

Manekin half body atau manekin setengah badan merupakan manekin yang dibuat dari bagian leher sampai ± 20 cm di bawah panggul atau paha.

  • Manekin setengah badan beberapa ada yang dibuat polos tanpa kepala dan tangan.
  • Beberapa ada yang dilengkapi dengan kepala dan tangan pada kedua sisinya.
  • Namun ada juga yang diberi tambahan kepala saja tau tangan saja.

Cara Foto Produk

Sumber : https://zappo.my/

Cara Foto Produk

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Hal penting lainnya yang juga harus anda pertimbangkan dalam memilih manekin untuk foto produk baju yaitu perhatikan bahan manekin.

  • Manekin dengan bahan dasar akrilik memiliki sifat yang ringan dan mudah dipindahkan tetapi mudah tergores dan lecet.
  • Manekin berbahan dasar kaca lebih rentan patah serta pecah walaupun terlihat lebih modern.
  • Sedangkan manekin dengan bahan logam memiliki sifat yang kuat namun lebih berat.

Kalau anda membutuhkan manekin setengah badan untuk keperluan foto produk baju maka anda bisa memakai Dress Form (Wanita) dan Dress Form (Pria) yang kami miliki.

2. Pilih Background Yang Bersih

Dalam proses pembuatan foto produk baju dengan menggunakan manekin usahakan untuk memilih background foto yang cenderung bersih dan polos (hanya satu warna), agar foto yang dihasilkan menjadi lebih menarik.

  • Kalau mau aman anda bisa memakai background yang berwarna putih.
  • Tapi kalau anda ingin menghadirkan kesan yang beda memilih warna selain putih juga tidak masalah.

3. Atur Baju dan Manekin

Luangkan waktu untuk menata baju di manekin agar foto yang dihasilkan nantinya juga  menjadi lebih maksimal.

  • Jika baju yang difoto lebih besar dari manekin, gunakan klip laundry atau peniti untuk menjepit bagian belakangnya agar terlihat pas dengan manekin.
  • Jika manekin memiliki lingkar dada yang kecil, maka anda bisa menambahkan bra didalam pakaian yang akan di kenakan pada manekin.

Kalau anda ingin memotret banyak baju sekaligus dengan menggunakan lebih dari satu manekin secara bersamaan, atur juga tata letak manekinnya agar tidak terlalu penuh dan berdempetan.

Cara Foto Produk

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Pilih Pencahayaan Yang Bagus

Untuk menghasilkan foto produk baju yang menarik pilih pencahayaan yang bagus. Dalam hal ini anda bisa memanfaatkan cahaya alami dari sinar matahari  dengan cara melakukan pengambilan foto produk baju di dekat jendela atau justru di teras rumah saat pagi hari.

Cara Foto Produk

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tapi kalau anda ingin mendapatkan foto yang lebih profesional maka ada bisa menyorot manekin dengan lampu spot atau lampu continuous.

  • Lampu spot sangat cocok dipakai untuk menghidupkan produk fashion yang dikenakan manekin. Secara kasat mata lampu spot memang akan menghasilkan efek yang menarik, mamun secara fotografi mengakibatkan perbedaan gelap-terang (kontras) yang sangat besar.
  • Jika fokus ke area yang terang gambar akan gelap (under).
  • Sebaliknya jika fokus ke bagian yang gelap foto akan terlalu terang (over exposure).

Cara Foto Produk

Sumber : https://www.aliexpress.com/

  • Lampu continous sangat cocok dipakai untuk menghasilkan bayangan yang lebih halus. Prinsip kerjanya sendiri kurang lebih seperti bohlam, yakni memancarkan cahaya secara terus menerus ketika diberikan arus listrik.


Cara Foto Produk

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk keperluan fotografi continous light juga bisa dibedakan lagi menjadi dua jenis yaitu hotlight dan coldlight.

  • Hotlight akan menghasilkan panas yang luar biasa jika dipakai terus menerus.
  • Coldlight memiliki karakter yang lebih adem dan juga lebih dingin.

5. Gunakan Kamera Terbaik

Gunakan kamera terbaik untuk memotret manekin, karena semakin tinggi kualitas kamera hasilnya pun akan semakin memukau. Jika diperlukan gunakan tripod sebagai bantuan penyangga kamera agar tetap stabil.

6. Pilih Angel Yang Tepat

Dalam proses pengambilan gambar pilih angel foto yang tepat agar detail produk baju terlihat dengan jelas. Sebisa mungkin hindari penggunaan zoom karena hasilnya bisa jadi terlihat kurang menarik. Kalau pun anda butuh foto yang lebih jelas sebaiknya ambil foto dari jarak yang mendekati produk.

Cara Foto Produk

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai cara foto produk baju yang keren dengan menggunakan manekin sebagai pengganti model. Selain menarik minat konsumen untuk membeli suatu produk fashion, foto yang dikemas semenarik mungkin pada prinsipnya juga bisa dijadikan sebagai alat promosi yang bagus untuk membangun identitas brand.

Yang pasti dengan menggunakan manekin baju sebagai alat peraga, penjual bisa memberikan gambaran yang jelas mengenai produk yang mereka tawarkan. Sementara dari sisi konsumen, mereka bisa lebih mudah membayangkan bahwa dirinyalah yang sedang mengenakan pakaian yang ada pada patung manekin tersebut.

Mau belajar mendesain dan membuat baju sendiri tapi masih bingung harus memulainya dari mana?. Sebagai referensi anda bisa mendownload E-Book dan Video Tutorial yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.