Article

Homepage Article Fashion Design Cara Membuat Foto Produk…

Cara Membuat Foto Produk Baju Tanpa Model Dengan Konsep Flatlay

Flatlay dikenal sebagai salah satu trik pengambilan gambar yang cukup simple dan dapat diterapkan dalam pembuatan foto produk baju tanpa model. Untuk anda yang mau menerapkan teknik ini pastikan pemilihan backgroundnya sudah tepat dan penataan produk serta properti pelengkap lainnya juga sesuai.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Flatlay

Flatlay merupakan salah satu konsep yang bisa diterapkan untuk menciptakan sebuah foto produk baju yang minimalis namun tetap terkesan aesthetik dan menarik. Ciri paling khas yang membedakan flatlay dengan teknik pengambilan gambar lainnya yaitu baju diletakkan di alas yang datar lalu dipotret dari atas.

Flatlay

Sumber : https://in.pinterest.com/

Beberapa keunggulan flatlay yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilihnya untuk konsep pengambilan foto produk baju tanpa model diantaranya:

  • Konsep flatlay sangat cocok dipilih untuk menciptakan sebuah foto produk baju yang tetap menarik walau tanpa model.
  • Teknik flatlay dapat diaplikasikan pada berbagai produk pakaian yang simple seperti halnya sweater, jaket celana, kaos, kemeja dan kaos kaki.
  • Flatlay kaya akan komposisi foto yakni memuat barang yang menjadi fokus utama ditambah properti foto produk baju yang sesuai dengan keseluruhan tema.
  • Flatlay saat ini semakin digemari karena terlihat indah dipandang mata dan sangat populer di social media.

Cara Membuat Foto Flatlay

Tertarik untuk membuat foto flatlay yang keren untuk keperluan promosi produk fashion di media sosial?. Untuk memudahkan anda dalam membuat foto flatlay yang bagus ada baiknya terapkan sejumlah trik berikut.

1. Pikirkan Tema Foto

Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika ingin membuat foto flatlay adalah pikirkan terlebih dahulu temanya seperti apa. Jadi walaupun ada beberapa barang lain untuk dimasukkan dalam foto flatlay, pusat perhatian dari foto serta barang-barang tersebut harus masih sesuai dengan tema.

Untuk backgroundnya sendiri sebisa mungkin pilih background yang polos dan berwarna netral. Kalaupun anda ingin memakai backgorund yang bermotif pilihlah motif yang simple.

  • Background foto putih polos menjadi pilihan paling aman untuk membuat foto flatlay.
  • Jika anda hendak memakai konsep retro atau colorfull anda bisa memilih background polos yang berwarna-warni.
  • Sementara kalau anda ingin menjadikan alas bermotif sebagai background flatlay, sebaiknya pilih motif yang simple seperti permukaan marmer, tegel lantai dan kayu bertekstur.

Flatlay

Sumber : https://www.etsy.com/

2. Pilih Properti Yang Sesuai

Pilih properti yang sesuai dengan tema keseluruhan foto dan produk fashion yang menjadi fokus utama foto.

  • Untuk foto yang bertema vintage misalnya anda bisa menambahkan  properti foto produk baju seperti majalah, koran atau buku lama yang berwarna kekuningan.
  • Untuk foto dengan tema modern tambahkan properti foto produk baju seperti smartphone, earphone, jam tangan dan beberapa benda lainnya.
  • Untuk foto dengan tema feminim tambahkan properti berupa lipstik, bedak, eyeliner dan beberapa produk kecantikan lainnya.
  • Untuk tema lainnya anda juga bisa menggunakan succulent plant, bunga, tanamam palsu, serta aksesoris pelengkap fashion yang sesuai dengan obyek utama foto.

Flatlay 

Sumber : https://themeskingdom.com/

3. Pilih Pencahayaan Yang Bagus

Dalam pembuatan foto flatlay sangat dianjurkan untuk menggunakan cahaya matahari sebagai sumber cahaya alami, jadi anda tidak perlu repot membeli lampu bantu fotografi yang mahal.

  • Hindari foto low light seperti saat foto yang diambil malam hari dengan cahaya dari lampu kuning.
  • Pastikan datangnya cahaya hanya berasal dari satu arah saja.
  • Adapun cahaya matahari yang paling bagus untuk membuat foto flatlay yaitu sekitar jam 9 pagi - jam 12 siang.

4. Style Komposisi Flatlay

Kenali style komposisi foto flatlay yang cocok dan sesuai dengan obyek yang hendak anda foto. Beberapa contoh style komposisi untuk flat lay yang bisa anda pilih diantaranya berupa grid dan freestyle. 

  • Grid merupakan konsep foto dimana semua barang ditata sesuai garis lurus, baik horizontal maupun vertikal dan difoto sesuai dengan square.

Flatlay

Sumber : https://in.pinterest.com/

  • Freestyle merupakan konsep foto yang memuat banyak barang di dalamnya namun fokus dari obyek foto tetap berada di tengah.

Flatlay

Sumber : https://in.pinterest.com/

5. Perbanyak Negative Space

Mulailah untuk menata semua barang, mulai dari yang paling besar kemudian disusul dengan barang-barang lain yang lebih kecil. Tapi biar kesannya tidak terlalu penuh sebaiknya perbanyak negative space agar katalog foto produk baju jadi jauh lebih rapi dan estetis. 

  • Jangan terlalu banyak menempatkan barang yang terlalu besar dalam satu foto.
  • Perbanyak negative space atau area kosong agar produk fashion yang ingin anda tampilkan lebih terekspos.

Flatlay

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Bermain Dengan Bentuk

Bermainlah dengan bentuk dari objek. Terutama bentuk-bentuk yang terekspos dari atas karena hal ini akan mempengaruhi komposisi dari foto flatlay kelak.

7. Gunakan Kamera Yang Bagus

Faktor teknis seperti pemilihan kamera juga penting untuk menghasilkan flatlay yang baik. Dalam hal ini tidak masalah bila anda ingin menggunakan kamera smartphone, hanya saja sensor warna yang dimiliki kamera pastinya jauh lebih baik daripada kamera smartphone.

8. Terapkan Trik Editing Sederhana

Untuk mempercantik tampilan flatlay agar lebih menarik lakukan trik editing sederhana dengan menambahkan kontras, mengedit pencahayaan serta membuat area berwarna putih lebih terlihat. Dengan begitu foto produk baju tanpa model yang anda buat akan terkesan makin bersih.

Contoh Foto Produk Baju

Untuk memudahkan anda dalam menentukan tata letak baju dan elemen pendukung pada foto flatlay, berikut kami bagikan pula berapa contoh foto produk baju yang bisa anda jadikan referensi dalam membuat flatlay.

  • Contoh foto produk baju yang pertama yakni berupa foto yang mengadaptasi komposisi grid vertikal. Hal ini bisa dilihat dari penempatan obyek utama foto serta properti foto.

Contoh Foto Produk

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Contoh foto produk baju yang kedua yakni berupa foto yang mengadaptasi komposisi grid horizontal.

Contoh Foto Produk

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Contoh foto produk baju yang ketiga yakni berupa foto yang mengadaptasi komposisi freestyle.
  • Komposisi freestyle menerapkan konsep banyak barang di dalam foto namun fokus obyek foto tetap berada di tengah.
  • Dalam hal ini obyek yang menjadi fokus utama foto adalah  rok dan baju blouse wanita model sabrina.
  • Sementara sepatu, buku, makeup, kacamata dan elemen lainnya hanya menjadi pelengkap.

Contoh Foto Produk

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai cara pembuatan foto flatlay yang simple lengkap dengan contoh hasil foto produk baju yang dibuat dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar flatlay. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menginspirasi anda untuk foto produk baju yang keren walau tanpa model.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan juga bahwa sekalipun dalam foto flatlay terdapat banyak properti tambahan, fokus utama dari flatflay tetaplah membuat suatu baju bisa terlihat lebih menonjol sementara properti foto produk baju yang lain hanya diperlukan untuk pemanis keseluruhan foto.

Mau belajar mendesain dan membuat baju sendiri tapi masih bingung harus memulainya dari mana?. Sebagai referensi anda bisa mendownload E-Book dan Video Tutorial yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.