Article

Homepage Article Desain Fesyen 7 Karakteristik Busana Industri…

7 Karakteristik Busana Industri Yang Membedakannya Dengan Jenis Pakaian Lain

Sahabat Fitinline ada yang tahu tidak dengan apa yang dimaksud busana industri?. Busana industri dapat didefinisikan sebagai pakaian yang dibuat secara massal untuk kemudian didistribusikan ke toko pakaian, mall, maupun swalayan dan dijual dalam keadaan siap pakai.

Tidak seperti pakaian yang diproduksi oleh butik, modiste atau tailor, busana industri pada dasarnya tidak diukur dan dibuat menurut pesanan perorangan, tetapi dibuat menurut ukuran standar. 

Busana Industri

Sumber : https://id.wikipedia.org/

Bahan kain yang digunakan untuk membuat busana industri ada bermacam-macam, sementara untuk produknya sendiri antara lain berupa kemeja (shirts), blus (blouses), rok (skirts), kaus (t-shirts, polo shirt, sportswear), pakaian dalam (underwear) dan lain-lain.

Busana Industri

Sumber : http://outfitideashq.com/

Busana industri yang diproduksi oleh pabrik garment umumnya dijahit dalam partai besar, proses pengerjaan dan penyelesaian jahitan 100 % dilakukan dengan menggunakan mesin industri sesuai alur yang sudah ditentukan untuk mengolah bahan dasar atau bahan baku menjadi sebuah produk jadi.

Busana Industri

Sumber : https://id.pinterest.com/

Mau tahu hal-hal apa saja yang membedakan busana industri dengan jenis pakaian lainnya?. Simak dulu yuk pembahasan mengenai karakteristik busana industri berikut ini. 

  • Busana industri biasa diproduksi secara masal. Garment skala besar dalam sehari mampu memproduksi pakaian mencapai 1000 pcs atau lebih.
  • Karena diproduksi secara masal, model pakaian yang dihasilkan pada umumnya memiliki bentuk yang sama.
  • Busana industri dibuat dengan menggunakan ukuran standart ( S, M, L, XL ) atau dengan menggunakan penomoran seperti No. 16, 17, 18  dan seterusnya. Untuk pakaian anak bisa juga menggunakan nomor yang menunjukkan umur.
  • Pemotongan bahan kain yang dilakukan untuk membuat busana industri, biasa dikerjakan dalam jumlah yang banyak sekaligus menggunakan Mesin Potong Kain Untuk Industri Garmen.
  • Sistem produksi busana industri hampir semuanya dilakukan dengan sistem ban berjalan atau disebut dengan sistem borongan.
  • Jenis pakaian yang dibuat pun biasanya diproduksi berdasarkan pesanan buyer atau menurut pemilik usaha itu sendiri.
  • Pakaian yang dipesan oleh buyer bisa dibuat menggunakan merk buyer maupun menggunakan merk perusahaan sesuai kesepakatan dengan buyer.

Busana Industri

Sumber : https://howfashionworksdotcom.wordpress.com/

Busana yang dihasilkan dari sebuah industri garment umumnya dibuat melalui serangkaian proses yang sangat terencana dengan baik. Jadi jangan heran kalau busana industri yang dijual diberbagai toko maupun pusat perbelanjaan rata-rata kualitasnya juga lumayan bagus, tidak kalah dengan pakaian yang dibuat dari butik ataupun rumah mode.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.