Article

Homepage Article Fesyen Muslim Tips Aman Menggunakan Jarum…

Tips Aman Menggunakan Jarum Pentul dan Peniti Saat Berhijab

Dewasa ini trend penggunaan hijab semakin diminati oleh banyak wanita muslim. Selain pilihan model dan warnanya yang cukup beragam, bahan kain yang digunakan untuk membuat jilbab sendiri nyatanya juga semakin bervariasi. Mulai dari kain katun, kain voile, kain satin velvet, kain chiffon, dan masih banyak lagi Jenis Kain Untuk Membuat Jilbab lainnya. 

Fashion Hijab

Sumber : http://www.sanayusufzai.com/

Berbeda dengan gaya penggunaan hijab yang berkembang pada beberapa tahun silam, kreasi jilbab yang diciptakan oleh para fashion desainer masa kini sebagian besar lebih banyak menggunakan peniti dan jarum dibandingkan dengan model jilbab klasik.

Fashion Hijab

Sumber : https://twitter.com/oneofakind_sk

Karena peniti dan jarum yang digunakan sebagai alat bantu untuk membuat kreasi jilbab cenderung lebih banyak, maka resiko yang ditimbulkan dari pemakaian jarum itu sendiri juga semakin besar. Salah satunya yaitu jilbab menjadi lebih mudah berlubang atau tersangkut pada peniti. 

Fashion Hijab

Sumber : http://www.hautehijab.com/

Lantas bagaimana cara meminimalisir timbulnya lubang-lubang pada jilbab tersebut?. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah memeriksa terlebih dahulu karakteristik bahan kain yang digunakan untuk membuat hijab. 

Fashion Hijab

Sumber : http://id.aliexpress.com/

Jika jilbab yang hendak anda gunakan memiliki pori-pori yang cukup besar (biasanya pada bahan rajut viscose) alangkah lebih baik jika sahabat Fitinline menghindari menggunakan peniti. Selain memiliki batang jarum yang lebih tebal, penggunaan peniti juga berpotensi untuk membuat serat-serat benangnya tersangkut dan sulit diurai.

Fashion Hijab

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Sesuaikan ukuran peniti dengan kekuatan bahan jilbab. Jangan menggunakan peniti yang berukuran ekstra besar saat mengenakan jilbab chiffon karena bekas tusukan jarum yang ditinggalkan akan terlihat begitu jelas. Hindari pula penggunaan peniti untuk menyemat lipatan jilbab yang terlalu tebal karena bisa menimbulkan lubang lebih banyak. 

Fashion Hijab

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Jika anda ingin menggunakan bros, sebaiknya periksa kembali jenis peniti yang terdapat pada bros tersebut. Beberapa bros tertentu menggunakan peniti yang tidak terlalu umum dan berpotensi besar untuk menyulitkan pemakainya saat memasangnya bros pada jilbab. Kesalahan dalam memilih bros bisa membuat jilbab menjadi rusak karena berlubang.

Fashion Hijab

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Untuk anda yang sudah terbiasa menggunakan jarum pentul, sebisa mungkin hindari pemakaian jarum pentul yang bengkok atau berkarat. Selain merusak bentuk jahitan efek karat yang kasar juga bisa meninggalkan noda pada jilbab.

Fashion Hijab

Sumber : http://penitibohlam.blogspot.co.id/

Jika tidak terlalu diperlukan, akan lebih baik jika anda hanya menggunakan aksesoris seperlunya. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kebersihan jilbab dan meminimalisir kerusakan yang ditimbulkan dari penggunaan jarum pentul, bros, maupun peniti. 

Fashion Hijab

Sumber : http://www.hautehijab.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.