Article

Homepage Article Fashion Design The New Beginning : Fashion…

The New Beginning : Fashion Trend Forecast 2021/2022

Keterbatasan dalam kegiatan melakukan sosial yang mengharuskan setiap orang untuk lebih menjaga jarak, tidak dapat dipungkiri memang mengakibatkan banyak perubahan dalam berbagai kegiatan bermasyarakat. Terinspirasi dari hal tersebut lahirlah trend forecast 2021/2022 dengan tema “The New Beginning”.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Forecasting

Dalam fashion istilah forecasting dapat didefinisikan sebagai seni sekaligus ilmu yang biasa digunakan untuk memprediksi sebuah trend yang akan berkembang dimasa datang. Keahlian yang dimiliki oleh seorang forecaster mencakup kemampuan untuk membaca dan menganalisa selera konsumen dari berbagai sumber data yang ada.

Berkaca pada kondisi dunia saat ini pelaku kreatif terutama bidang fashion dan tekstil, di bawah kelompok Indonesia Trend Forecasting (ITF) dengan dukungan dari tim desain produk dan interior sepakat untuk merumuskan hasil riset untuk Trend Forecast 2021/2022 dalam buku yang berjudul “The New Beginning”.

Sebagai panduan untuk para pelaku industri, desainer, maupun para akademisi dalam bidang desain fesyen, buku tersebut berisikan riset panduan serta inspirasi dalam bentuk, desain, warna, hingga ilustrasi yang sesuai dengan selera pasar yang akan datang untuk mencapai target market mereka.

Trend Fashion 2021/2022

Dari satu tema besar yakni The New Beginning terdapat berbagai pilihan desain yang terbagi dalam empat kategori utama yakni  Essentiality, Spirituality, Exploration dan Exploitation. Keempat tema tersebut menjadi gambaran dari pola pikir masyarakat di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung.

Essentiality dan spirituality adalah tema yang diperuntukkan bagi “kelompok yang menjadi sangat logis, berhati-hati dan lebih memperhatikan keseimbangan hidup.
Sementara exploitation dan exploration adalah tema yang diperuntukkan bagi kelompok yang memberi respon sebaliknya.

1. Essentiality

Essentiality merupakan tema yang menggambarkan sikap positif, logis, namun tetap bersemangat. Untuk bentuk busananya sendiri essentiality banyak terinspirasi dari gaya hidup “stay at home” dengan kembali menampilkan gaya busana yang terkesan basic, sederhana dan nyaman.

  • Busana yang didesain dalam potongan dan bentuk longgar, bersiluet H dan A, boxy, serta bergaya lounge wear banyak mendominasi tema essentiality.
  • Secara keseluruhan tema essentiality juga hadir dengan tampilan yang tenang, segar, bergaya urban, retro, casual, minimalis namun ceria.
  • Warna-warna yang diusung pada konsep essentiality cenderung lembut, pucat, natural dan fresh.
  • Sementara untuk motifnya lebih banyak menampilkan kesan naive, kekanak-kanakan, motif alam sederhana, motif geometri lembut dan motif lain yang simple.

Yang pasti tema essentiality banyak menghadirkan desain pakaian yang sederhana tanpa detail yang rumit dan berlebihan. Nuansa warna-warna pucat yang dihadirkan dalam tema ini juga mampu memberi kesan bersih, segar dan tenang.

Buat anda yang tertarik untuk memasukkan unsur essentiality ke dalam gaya sehari-hari, bentuk kemeja yang diperpanjang menjadi gaun longgar sederhana serta baju rumahan model two pieces atau one piece bisa menjadi pilihan paling tepat yang bisa anda andalkan.

Fashion Trend Forecast

Sumber : Buku Fashion Trend 2021/2022

2. Spirituality

Spirituality merupakan tema yang menggambarkan kesadaran manusia untuk menjaga alam dan kearifan budaya lokal. Untuk bentuk busananya, spirituality banyak menggambarkan warisan tradisi dalam bentuk yang lebih praktis dan modern.

  • Gaya modern yang dipadukan dengan gaya etnik banyak mendominasi tema siprituality.
  • Berbagai detail knitting, macrame, olahan tekstur dan potongan tepi yang tidak beraturan menjadi faktor dominan dari spirituality.
  • Koleksi yang ditampilkan umumnya merupakan pengembangan bentuk-bentuk busana tradisional dari timur yang menghadirkan kesan elegan, rapi dan praktis.
  • Pilihan bahan berkualitas tinggi dan proses pengerjaan yang sempurna menjadi pertimbangan tersendiri dari konsep ini.
  • Warna-warna yang diusung pada konsep spirituality cenderung lebih identik dengan warna tanah, warna kayu, warna terakota dan warna-warna natural lainnya.
  • Sementara untuk motifnya lebih banyak menampilkan motif etnik floral, motif ikat celup, motif tenun dan motif batik.

Yang pasti tema spirituality lebih banyak menampilkan busana yang berdesain elegant namun tetap terkesan sederhana dengan proses kerja yang mementingkan kualitas. Beberapa bagian busana seperti kerah, lengan, kantong atau celana juga ditampilkan dalam ukuran besar sebagai aksennya.

Fashion Trend Forecast

Sumber : Buku Fashion Trend 2021/2022

3. Exploitation

Exploitation merupakan tema yang menggambarkan keinginan manusia untuk tetap bebas dan tidak ada batasan dalam menggali sumber-sumber kekayaan alam. Pemikiran tersebut lantas diterjemahkan menjadi desain busana yang memiliki bentuk dan detail yang berlebihan, serba besar dan mencolok.

  • Penerapan detail dengan ukuran yang diperbesar dan bersifat menarik perhatian, banyak mendominasi tema exploitation.
  • Konsep exploitation sangat identik dengan unsur-unsur yang berlawanan, seperti penggabungan bahan halus dengan bahan bertekstur serta bentukan desain yang feminin dengan maskulin.
  • Warna-warna yang diusung pada konsep exploitation banyak menampilkan perpaduan warna yang terang dan gelap serta memiliki efek kilauan. Semua serba kontras, seakan terlalu banyak pilihan dan akhirnya menampilkan semua hal yang ada.
  • Sementara untuk motifnya lebih banyak menampilkan motif binatang, motif camouflage, motif bunga dan tumbuhan dengan ukuran ekstra besar. 

Yang pasti tema exploitation banyak menampilkan busana yang bentukan, warna, detail dan teksturnya lebih terkesan riuh rendah, heboh, seru dan dominan. Bentuk dan motif yang besar atau diperbesar juga menjadi ciri khas dari tema exploitation.

Fashion Trend Forecast

Sumber : Buku Fashion Trend 2021/2022

4. Exploration

Exploration merupakan tema yang menggambarkan impian masa depan untuk hidup di dunia baru yang lebih baik. Konsep ini dapat diterjemahkan dalam busana yang eksentrik, dinamis dan banyak menggunakan aksen quilt.

  • Sangat radikal dan futuristic merupakan kata paling tepat yang menggambarkan tema exploration.
  • Koleksi yang ditampilkan umumnya memiliki bentuk-bentuk aneh, tidak lazim dan memunculkan kesan eksentrik.
  • Warna-warna yang diusung pada konsep exploitation banyak menampilkan peraduan warna alam dan digital.
  • Sementara untuk motifnya lebih banyak menampilkan motif hologram, efek blur, motif abstrak dan motif 3 dimensi.

Yang pasti tema exploration memberi kesempatan bagi banyak orang untuk mengeksplorasi gagasan secara lebih luas dalam memadukan berbagai gaya berpakaian (gaya sportif, sexy, romantic dan arty off beat) menjadi satu. Selain itu konsep menarik perhatian juga menjadi penekanan untuk tema exploration.

Fashion Trend Forecast

Sumber : Buku Fashion Trend 2021/2022

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah konsep desain yang tergabung dalam satu tema besar The New Beggining yang dapat kami rangkum untuk anda. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menginspirasi anda untuk tetap optimis dan kreatif di masa yang penuh tantangan seperti sekarang.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.