Article

Homepage Article Kain Karakteristik Kain Jala…

Karakteristik Kain Jala Rompi dan Aplikasinya Pada Rompi Safety

Butuh rekomendasi bahan kain yang berkualitas untuk membuat rompi keselamatan kerja?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa menjatuhkan pilihan pada kain jala rompi yang memiliki tampilan cukup unik dan juga unggul dari segi kualitas bahannya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Rompi

Rompi dapat dikategorikan ke dalam jenis pakaian tanpa lengan yang biasanya dilengkapi dengan kancing didepan. Jadi segala jenis baju yang tidak berlengkan dan di pakai sebagai pakaian tambahan di luar baju utama bisa di namakan sebagai rompi.

Untuk pelengkap keperluan sehari-hari, rompi sendiri dapat dijumpai dalam berbagai macam model yang berbeda-beda, mulai dari rompi safety yang dapat dibuat dari kain jala hingga rompi fashion yang dibuat dari bahan lainnya.

Kain Jala Untuk Rompi

Sebagai bahan dasar pembuatan rompi yang berkualitas, kain jala rompi sebenarnya memiliki keistimewaan tersendiri, yakni cenderung berpori besar, tebal dan kuat. Sepintas kain jala ini tampilan memang sangatlah mirip dengan jala ikan namun tingkat kerapatan dan ketebalannya sudah pasti berbeda.

Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan kain jala rompi dengan kain jala yang lain diantaranya:

  • Kain jala rompi memiliki tekstur yang tebal dan kuat dari kain jala yang lain.
  • Kain jala rompi dapat dibuat dari serat katun, serat sintetis poliester atau serat bahan kain lainnya.
  • Kain jala rompi memiliki bentuk yang unik seperti layaknya sebuah jaring atau jala.
  • Kain jala rompi cukup nyaman di gunakan dan tekstur kainnya tidak kasar walau berpori besar.
  • Kain jala rompi cenderung tidak mudah kotor dan berbau.
  • Kain jala rompi memiliki serat kain yang terjalin dengan sangat kuat.

Kain Jala

Sumber : https://fitinline.com/

Pemanfaatan Rompi Jala

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari rompi kerja lapangan yang dibuat dari kain jala sendiri biasanya lebih banyak digunakan oleh polisi, juru parkir, operator kendaraan, pekerja pemeliharaan jalan, pekerja tambang atau pekerja lapangan lainnya.

Sama halnya dengan rompi kerja yang dibuat dari bahan lain, rompi kerja lapangan dari kain jala ini umumnya juga memiliki banyak fungsi penting.

  • Rompi kerja lapangan di rancang secara khusus untuk melindungi keselamatan para pekerja.
  • Rompi kerja lapangan diperuntukkan bagi pekerja yang lokasi kerjanya di jalan raya atau lingkungan yang memiliki potensi bahaya.  
  • Rompi kerja lapangan diperlukan untuk mencegah dan mengurangi resiko kecelakaan pada para pekerja.
  • Rompi kerja lapangan dapat melindungi atau minimal mengurangi efek terpapar angin.

Kain Jala

Sumber : https://www.amazon.co.uk/

Untuk memaksimalkan fungsinya sebagai alat pelindung diri, rompi kerja lapangan biasanya dilengkapi dengan reflector berupa pita scotlight yang dapat memantulkan cahaya sehingga mereka dapat terlihat oleh pekerja lain atau orang lain saat bekerja di malam hari.

  • Pita scotlight merupakan fitur khusus yang dirancang untuk dapat memantulkan cahaya.
  • Pita scotlight bisa dipakai pada berbagai pakaian lapangan mulai dari jas hujan jaket hingga rompi kerja lapangan.
  • Bila digunakan dengan benar pita scotlight dapat membantu meningkatkan visibilitas pemakainya di siang hari atau kondisi cahaya rendah.

Kain Jala

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Dengan adanya scotlight atau pita reflektif maka rompi akan lebih terlihat dengan mudah oleh orang lain yang melakukan pekerjaan menggunakan alat berat, kendaraan atau peralatan lainnya. Dengan demikian kemungkinan terjadinya kecelakaan dapat dikurangi.

Cara Merawat Rompi Jala

Sama halnya dengan pakaian keselamatan kerja yang dibuat dari bahan lain, rompi keselamatan kerja yang dibuat dari kain jala pada prinsipnya juga membutuhkan cara perawatan tersendiri supaya tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Untuk merawat rompi berbahan jala anda bisa mencoba beberapa cara sederhana sebagai berikut.

  • Baca Petunjuk Pencucian

Biasakan untuk melihat petunjuk pencucian yang disertakan pada saat pembelian rompi agar anda tidak salah melakukan perawatan pada rompi.

  • Merendam Rompi Jala

Saat melakukan pencucian jangan terlalu lama merendam rompi karena cara ini hanya akan merusak serat dan warna kainnya. Proses perendaman yang baik dan benar lebih efektif untuk menghilangkan semua kotoran dari serat rompi.

  • Untuk membersihkan rompi jala anda cukup merendamnya maksimal 15 menit.
  • Untuk merendam rompi gunakan deterjen secukupnya saja jangan terlalu berlebihan.
  • Mencuci Rompi Jala

Untuk membantu menggilangkan noda dan kotoran yang menempel pada permukaan rompi anda bisa menguceknya dengan kedua tangan. Cara menguceknya pun jangan terlalu keras agar bahan rompi tidak melar apalagi rusak.

  • Kucek rompi jala dengan gerakan lembut dan secukupnya saja.
  • Anda tidak perlu menyikat rompi karena beresiko merusak serat kainnya.
  • Membilas Rompi Jala

Setelah proses pencucian selesai dilakukan anda bisa membilas rompi jala dengan cara mencelup-celupkannya ke dalam wadah yang bersisi air bersih.  Jangan ragu untuk membilasnya hingga dua kali atau lebih sampai tidak ada lagi busa atau sisa deterjen pada serat kainnya.

  • Mengeringkan Rompi Jala

Selesai dibilas bungkus rompi jala dengan handuk lalu tekan-tekan untuk memnuang kelebihan air yang terkandung pada rompi. Setelahnya keringkan rompi jala dengan cara diangin-anginkan saja di luar ruangan dengan memakai hanger atau gantungan baju.

  • Menyimpan Rompi Jala

Setelah selesai digunakan dan dibersihkan, simpan rompi safety di tempat yang bersih dan kering. Dalam hal ini anda juga perlu melakukan pemeriksaan rompi secara berkala untuk memastikan bahwa rompi yang anda miliki masih bisa berfungsi dengan semestinya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah karakteristik kain jala rompi lengkap dengan pemanfaatannya dalam industri sandang yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga informasi yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda untuk menemukan bahan kain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh kain jala rompi berkualitas untuk membuat rompi keselamatan kerja?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Jala Rompi terbaik yang kami miliki.

Selain menyediakan kain jala rompi, Fitinline juga menjual berbagai jenis bahan lainnya dengan kualitas premium dan harga yang terbaik. Kalau anda ingin mendapatkan kain jala yang bagus untuk membuat jaket anda bisa menggunakan Kain Jala Super dan Kain Jala Furing dari kami.

  • Kain jala super memiliki ciri khas berupa lubang-lubang besar berukuran ± 2 mm. Kain jala super ini terbuat dari serat polyester sehingga kuat dan tahan lama.
  • Kain Jala furing termasuk merupakan sejenis kain yang dibuat untuk keperluan khusus yakni sebagai pelapis bagian dalam jaket.

Semoga bermanfaat.

Comments 1

Leave a Comment
1

MLBB Infonesia

2 months ago
Ini website yang suka tebar spam link di blog-blog kita. Haha. Mainnya hebat!

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.