Article

Homepage Article Fashion Design Ternyata Asal Mula Penggunaan…

Ternyata Asal Mula Penggunaan Hoodie Seperti Ini

Sering mendengar kata hoodie?. Ditinjau dari asal bahasanya istilah hoodie tersebut sebenarnya diambil dari bahasa inggris “hood” yang artinya adalah tudung (penutup kepala). Hoodie ini biasanya lebih banyak diaplikasikan pada jaket maupun sweater, meski tidak menutup kemungkinan juga ada jenis pakaian lain yang di beri tambahan hoodie. 

Asal Mula Hoodie

Sumber : https://www.alibaba.com/

Desain hoodie yang kita kenal hingga saat ini konon terinspirasi dari jubah yang dikenakan oleh para biarawan serta kesatria dari abad pertengahan di Eropa. Catatan sejarah menyebutkan hoodie pertama kali di kenal di negara Inggris pada saat awal abad kedua belas, mungkin di bawa dari kota norman yang dahulu adalah jajahan Inggris. 

Asal Mula Hoodie

Sumber : http://lumberjac.com/

Tidak berhenti sampai di Inggris, dalam perkembangannya desain hoodie ini juga menyebar hingga ke Amerika Serikat. Pakaian dengan tudung di kepala ini dulunya sering digunakan oleh para pekerja yang lebih sering melakukan aktifitas di lingkungan kerja yang dingin di bagian dataran tinggi New York.

Asal Mula Hoodie

Sumber : https://www.customink.com/

Hoodie pertama kali di produksi di Amerika Serikat pada awal tahun 1930-an. Perusahaan pertama yang memproduksi jaket dengan tambahan tudung (penutup kepala) adalah Champion. Hingga kini, perusahaan tersebut masih tetap eksis dan dikenal luas oleh masyarakat berkat produk-produk olahraga yang mereka luncurkan.

Asal Mula Hoodie

Sumber : https://www.goodmansportphysio.ca/

Tidak hanya terbatas pada produk olahraga saja, memasuki tahun 1970 trend hoodie juga sering diidentikkan dengan budaya hip hop yang sedang berkembang di Amerika Serikat. Bagi para pecinta music hip hop, hoodie dianggap sebagai simbol anonimitas karena desain dan potongannya dapat menyembunyikan wajah dan identitas seseorang.

Asal Mula Hoodie

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Asal Mula Hoodie

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Di balik popularitasnya yang begitu mendunia ternyata hoodie juga kerap kali mendapat kritikan dari berbagai pihak. Salah satu alasannya karena hoodie tersebut sering disalah gunakan oleh para pelaku kejahatan untuk menutupi wajah mereka dari rekaman CCTV. Namun kini pandangan negatif tentang hoodie berangsur-angsur semakin berkurang. 

Asal Mula Hoodie

Sumber : https://id.pinterest.com/

Dengan banyaknya orang yang memakai hoodie maka semakin banyak pula produsen pakaian yang memanfaatkan aplikasi hoodie pada desain pakaian mereka. Bukan lagi sebagai baju pelindung dari suhu yang dingin, tetapi item fashion yang dilengkapi dengan tudung  ini juga dapat dikenakan sebagai pakaian sehari-hari.

Asal Mula Hoodie

Sumber : https://id.pinterest.com/

Semoga bermanfaat.

Ingin membuat hoodie jumper sendiri namun masih bingung bagaimana cara mendapatkan polanya?. Sahabat Fitinline bisa mendownload pola hoodie jumper beserta panduan menyusun polanya Di Sini.

Pola Hoodie Jumper

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.