Article

Homepage Article Batik Menggambar Ragam Hias Motif…

Menggambar Ragam Hias Motif Batik Dengan Cara Stilasi

Kain batik dengan corak seperti apa yang lebih anda sukai?. Kain batik bermotif tumbuhan, binatang, atau motif alam lainnya. Bagaimanapun bentuknya, motif yang ditorehkan pada selembar kain batik pasti selalu mempunyai makna tersembunyi. Tidak terkecuali untuk motif batik stilasi yang diperoleh dari pengembangan bentuk alami dari sebuah obyek. 

Batik Stilasi

Sumber : https://www.etsystudio.com/

Dalam istilah desain kata stilasi sendiri dapat didefinisikan sebagai proses penggayaan dan penyederhanaan bentuk realistis benda (obyek) menjadi bentuk dekoratif sehingga benda tersebut terlihat lebih indah dan menarik tanpa harus meninggalkan bentuk maupun karakter aslinya. 

Batik Stilasi

Sumber : http://www.travelpotpourri.net/

Stilasi ini dimaksudkan untuk memudahkan seseorang pada saat menorehkan canting berisi lilin cair pada kain mori batik hingga membentuk sebuah obyek tertentu. Tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa stilasi dalam batik merupakan wujud ketaatan atas larangan membuat tiruan mahluk hidup yang ada dalam ajaran Islam.

Batik Stilasi

Sumber : https://www.shutterstock.com/

Batik Stilasi

Sumber : http://dhianty-batik.blogspot.co.id/

Dari sekian banyak ragam hias yang biasa diaplikasikan pada motif batik setidaknya dikenal dua macam obyek yang dapat distilasi, obyek yang dimaksud yaitu berupa benda alam dan benda buatan.

  • Benda alam : manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan.
  • Benda buatan : benda-benda berbentuk geometris yang dibuat dengan alat mekanik.

Batik Stilasi

Sumber : https://www.etsystudio.com/

Prinsip kerja yang dapat diterapkan dalam proses stilasi motif batik antara lain:

  • Menggambar bentuk asli obyek atau benda dari beberapa arah pandangan, misalnya tampak depan, samping, belakang, samping, bawah, dsb.
  • Mencari bagian yang akan menjadi objek kemudian menterjemahkannya menurut gaya sendiri.
  • Agar lebih indah dan menarik, gambar stilasi perlu dilengkapi dengan isen-isen berupa variasi titik, garis, blok, dan warna dengan memperhatikan ciri serta sifat khas sumbernya.

Batik Stilasi

Sumber : https://sekolahsenibudaya.wordpress.com/

Meskipun dalam proses pembuatan motif batik dengan metode stilasi terdapat suatu kebebasan, tetapi anda juga harus mempertimbangkan pula ketentuan sebagai berikut :

  • Stilasi yang dibuat harus memberikan bentuk yang tegas.
  • Memiliki kesan datar.
  • Memiliki bentuk oranamen yang indah.
  • Tidak meninggalkan ciri-ciri yang mendukung karakter motif atau bentuk sumbernya.

Batik Stilasi

Sumber : http://www.camillathomson.com/

Semoga bermanfaat.

Tertarik untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang batik?. Sahabat Fitinline bisa mendownload E-Book  membatik dari kami Di Sini.

Comments 1

Leave a Comment
1

oim

6 years ago
artikel ini sangat membantu ... kalau boleh saya tahu darimana saya bisa mendapatkan informasi buku terkait stilasi seperti artikel yang anda terbitkan ?mohon bantuannya

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.