Article

Homepage Article Fashion Design 7 Tips Memilih dan Merawat…

7 Tips Memilih dan Merawat Rok Ballet

Biasa didentikkan sebagai tarian yang lekat hubungannya dengan musik, akting dan opera, ballet belakangan juga kerap dijadikan sebagai tema photoshoot dalam dunia fotografi. Mau tahu apa saja hal yang harus diperhatikan dalam memilih dan merawat rok ballet itu sendiri?.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Rok Ballet

Rok ballet yang lebih dikenal dengan nama lain rok tutu termasuk ke dalam salah satu jenis rok yang memiliki keistimewaan tersendiri yakni memiliki kesan mengembang dan menggemaskan lantaran dibuat dari beberapa lapis kain dijahit menjadi satu.

  • Dalam pertunjukan ballet rok tutu memiliki fungsi sangat penting untuk meningkatkan stabilitas ballerina ketika sedang melakukan gerakan-gerakan ballet yang sulit.
  • Rok tutu juga memiliki fungsi estetis yakni membuat efek visual dari gerakan pemakainya jadi tampak anggun bahkan seperti melayang.

Rok Tutu / Rok Ballet

Sumber : https://pagesix.com/

Dari yang awalnya hanya digunakan untuk pertunjukan ballet, kini pemanfaatan rok tutu sendiri bisa dibilang jauh lebih beragam termasuk untuk photosoot atau pemotretan dengan tema ballet.

Tips Memilih Rok Ballet

Terkait dengan hal tersebut lantas apa saja ya hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih rok tutu untuk keperluan pertunjukan maupun photoshoot?.

1. Gunakan Ukuran Yang Benar

Pertama pilih rok ballet dengan ukuran badan yang benar artinya tidak sempit dan tidak juga longgar. Dalam hal ini anda bisa menggunakan ukuran yang sama dengan ukuran Leotard yang anda pakai.

Rok Tutu / Rok Ballet

Sumber : https://www.trendhunter.com/

2. Jumlah Lapisan Kainnya

Dalam memilih rok tutu perhatikan jumlah lapisan kain yang dipakai untuk membuatnya. Semakin banyak jumlah lapisan yang dimiliki rok tersebut, siluet yang dihasilkan umumnya akan tampak lebih mengembang dan bervolume.

Rok Tutu / Rok Ballet

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

3. Pilih Tipe Rok Yang Tepat

Berikutnya sesuaikan tipe rok tutu yang anda pilih dengan kebutuhan.

  • Untuk keperluan photoshoot misalnya anda bisa memilih basic tutu yang didesain tanpa tambahan kawat.
  • Sementara untuk keperluan pertunjukan anda bisa memilih basic tutu yang didesain dengan tambahan kawat.

Basic tutu yang dilengkapi dengan kawat biasanya hanya dipakai oleh Ballerina professional dan sulit untuk dibawa ke mana-mana (harus pakai tas khusus yang ukurannya besar sekali).

Rok Tutu / Rok Ballet

Sumber : https://www.lolitaknot.com/

4. Sesuaikan Dengan Bentuk Tubuh

Sesuaikan rok tutu dengan bentuk tubuh agar tampilan yang dihasilkan tampak lebih menarik.

  • Bila bentuk tubuh anda rata dari atas ke bawah atau cenderung kecil di bagian pinggul, maka pilihlah rok tutu yang pendek untuk menampilkan kesan kaki yang panjang.
  • Bila bentuk tubuh anda cenderung melebar di bagian pinggul sebaiknya pilih rok tutu dengan bentuk potongan seperti huruf A (A Line skirt).
  • Bila bentuk tubuh anda tampak sepperti “Hour Glass” (bagian atas dan bawah besar, bagian pinggang kecil), maka segala bentuk rok tutu akan cocok untuk anda.

Rok Tutu / Rok Ballet

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk anda yang masih bingung dalam memilih rok tutu berikut kami rekomendasikan pula beberapa model rok tutu yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Rok tutu yang dimaksud antara lain berupa.

  • Romantic tutu dengan panjang sebatas betis yang dapat memberikan kesan ringan dan airy.
  • The bell shape tutu yang memiliki ukuran panjang sampai pertengahan paha atau di atas lutut.
  • Pancake tutu yang tidak lagi dibuat panjang tapi justru sejajar dengan area panggul.
  • Platter tutu yang memiliki kemiripan dengan pancake tutu, namun dibuat sejajar dengan area pinggang.
  • Powderpuff tutu yang dibuat dalam ukuran lebih kecil, pendek dan ringan.

5. Perhatikan Detail Pada Rok

Untuk memberi kesan klasik pada penampilan anda bisa memilih rok tutu yang cenderung polos. Sementara untuk memberi kesan lebih glamor anda bisa memilih rok tutu yang diberi tambahan hiasan seperti mutiara hingga aksen payet.

Rok Tutu / Rok Ballet

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Periksa Kualitas Jahitan Rok

Periksa kerapian dan kekuatan jahitan yang ada pada rok tutu untuk memastikan bahwa rok tutu yang hendak anda pilih memang memiliki kualitas jahitan yang bagus.

Simak juga Panduan Lengkap Membuat 3 Model Rok Tutu Yang Mudah Diikuti kalau anda ingin mencoba membuat rok tutu sendiri di rumah.

7. Hati-Hati Dalam Memilih Warna

Untuk memberi ilusi lebih ramping pada tubuh bagian bawah pilih rok tutu dengan warna gelap seperti warna hitam atau navy. Untuk memberi kesan lebar pada tubuh bagian bawah pilih rok tutu dengan warna cerah atau pucat.

Rok Tutu / Rok Ballet

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Tips Merawat Rok Ballet

Setelah menemukan rok ballet atau rok tutu yang sesuai dengan kebutuhan, jangan lupa untuk melakukan perawatan yang tepat untuk rok yang anda miliki. Sebagai referensi berikut langkah-langkah perawatan yang bisa ada lakukan untuk menjaga kondisi tutu agar lebih awet dan tahan lama.

  • Keringkan Rok Dari Keringat

Bentangkan rok tutu yang basah karena keringat selama beberapa saat sampai kering dengan sendirinya. Karena menyimpan rok tutu yang basah sangat beresiko untuk ditumbuhi jamur dan bakteri.

  • Bersihkan Setelah Dipakai

Segera bersihkan rok tutu tiap kali anda selesai menggunakannya agar keringat yang menempel pada rok tersebut tidak menimbulkan bau yang kurang sedap.

  • Untuk mencuci rok tutu akan lebih baik jika anda menerakpan teknik pencucian secara manual dengan menggunakan tangan.
  • Alternatif lain anda juga bisa menerapkan teknik pencucian dry cleaning.
  • Rapikan Dengan Setrika Uap

Jika rok tutu tampak kusut setrika rok tersebut dengan menggunakan setrika uap tapi suhunya jangan terlalu panas.

  • Bentangkan Secara Mendatar

Bentangkan rok tutu secara mendatar untuk mempertahankan bentuknya. Cara ini sangat bagus diterapkan untuk rok tutu yang bentuknya seperti piring.

  • Simpan Secara Terbalik

Simpan tutu secara terbalik agar bentuknya tetap terlihat full apabila anda tidak memiliki cukup tempat untuk membentangkan rok tutu.

  • Jangan Ditumpuk

Jangan tumpuk rok tutu dengan pakaian lain ketika disimpan, karena tekanan yang diberikan dari pakaian yang ada di atasnya dapat merusak bentuk rok tutu.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai tips memilih dan merawat rok ballet yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui hal tersebut, semoga anda bisa lebih mudah untuk menemukan rok tutu untuk pertunjukan ballet maupun photoshoot dengan tema ballet dan merawatnya dengan cara yang tepat.

Untuk anda yang ingin membuat rok sendiri anda bisa juga menyimak video tutorial Cara Membuat Pola Rok dan Teknik Menjahit Rok Span yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.