Article

Homepage Article Fashion Design Serba-Serbi Saku Celana…

Serba-Serbi Saku Celana dan 5 Fungsi Utamanya

Jadi salah satu bagian yang sangat penting pada celana pria dan celana wanita, saku pada celana faktanya juga bisa memiliki berbagai mancam fungsi yang cukup bervariasi tergantung pada desain dan kebutuhan pengguna lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Saku Celana

Sesuai dengan namanya, saku celana merupakan komponen penting yang biasa ditambahkan pada celana. Meski beberapa jenis celana mungkin memiliki lebih banyak saku dari pada celana yang lain, tapi setiap jenis saku celana umumnya juga memiliki kegunaan dan kepraktisan masing-masing tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna.

Saku Celana

Sumber : https://www.yesstyle.com/

Fungsi Saku Pada Celana

Mau tahu alasan mengapa keberadaan saku pada celana menjadi suatu hal yang penting?. Untuk menjawab rasa penasaran kamu berikut kami bagikan beberapa fungsi umum dari saku pada celana pria dan celana wanita yang penting untuk kamu ketahui.

1. Tempat Menyimpan Barang

Saku celana memiliki fungsi yang sangat penting untuk menyimpan barang-barang kecil seperti kunci, ponsel, uang koin atau kartu identitas. 

Saku Celana

Sumber : https://www.shopcartindia.com/

2. Mengamankan Barang Berharga

Saku celana yang dilengkapi pula dengan fitur tambahan seperti resleting atau flap penutup juga berfungsi untuk mengamankan barang-barang berharga agar tidak mudah hilang, tercecer atau jatuh saat dipakai beraktivitas.

3. Menambah Kenyamanan Pengguna

Saku celana dapat memberikan kenyamanan tambahan kepada pengguna, baik sebagai tempat meletakkan tangan saat cuaca dingin.

Saku Celana

Sumber : https://www.daraz.com.bd/

4. Kemudahan Mengakses Barang

Saku celana memungkinkan pengguna untuk lebih mudah mengakses barang-barang kecil yang mereka simpan di dalamnya tanpa harus membuka tas atau mengeluarkan barang dari tempat penyimpanan yang lebih jauh.

5. Bagian Dari Gaya dan Estetika

Saku celana dapat menambah dimensi visual pada celana dan memberikan gaya yang unik atau fungsional. Desain saku yang menarik atau unik bisa menjadi ciri khas dari suatu model celana.

Saku Celana

Sumber : https://www.yesstyle.com/

Jenis-Jenis Saku Celana

Dilihat dari tujuan fungsional maupun estetika terdapat pula beberapa jenis saku yang umumnya digunakan pada  celana pria dan celana wanita. Beberapa jenis saku celana yang dimaksud antara lain berupa:

1. Saku Tempel

Pertama ada saku tempel yang biasa dijahit pada sisi luar celana, sehingga tampilannya seolah-olah menempel pada celana kamu. Sebagai bagian dari gaya dan estetika, saku tempel sendiri bisa dibuat dalam model flat ataupun model timbul.

2. Saku Dalam (Inner Pocket)

Kedua ada saku dalam yang biasa dijahit dari sisi dalam celana sehingga tidak tampak dari luar tapi yang terlihat hanya lajur atau garis untuk memasukkan tangan.

Berdasarkan bentuk mulut sakunya, saku dalam pada celana sendiri bisa juga dibedakan lagi menjadi tida macam model. Saku yang dimaksud antara lain  berupa:

  • Saku dalam tanpa lajur alias jenis saku yang biasanya tidak terlihat.
  • Saku passepoille yang memiliki belahan dua lajur (atas dan bawah) sementara bagian tengahnya adalah tempat memasukkan tangan.
  • Saku vest yang memiliki belahan satu lajur pada bagian mulut dan dapat ditambahkan tutup.

Sementara jika dilihat dari posisi penempatannya, saku pada  celana pria dan celana wanita juga dapat dibedakan lagi menjadi beberapa varian yang berbeda. 

1. Saku Depan (Front Pockets)

Pertama ada saku depan celana yang biasanya terletak di bagian depan celana atau di dekat pinggang.

  • Saku depan celana dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil seperti kunci, ponsel atau dompet.
  • Saku koin alias saku kecil di bagian depan celana jeans yang dekat dengan saku depan juga termasuk ke dalam jenis saku depan.

Untuk mengetahui apa saja fungsi saku kecil di celana jeans simak juga pembahasan mengenai Fungsi Saku Kecil Pada Celana Jeans.

2. Saku Belakang (Back Pockets)

Kedua ada saku belakang celana yang seringkali dibuat di bagian bawah pinggang. Saku belakang ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang-barang yang ingin dijangkau dengan mudah namun tetap aman, seperti dompet atau surat-surat kecil.

3. Saku Samping (Side Pockets)

Ketiga ada saku samping celana yang terletak di bagian samping celana, biasanya di area pinggul, paha ataupun area lutut.

  • Saku samping celana sering digunakan pada celana olahraga atau celana kargo.
  • Saku samping celana dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang yang ingin dijangkau dengan cepat.

Khusus untuk celana cargo, saku samping celana ini seringkali memiliki ukuran yang besar dan digunakan untuk menyimpan barang-barang yang lebih besar atau banyak.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai fungsi saku pada celana dan beberapa jenis saku celana beserta yang penting untuk kamu ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menjawab rasa penasaran kamu tentang alasan mengapa celana harus ada sakunya ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana pria dan celana wanita?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Bahan Kain terbaik yang kami miliki.

Download pula Pola Celana Pria dan Pola Celana Wanita siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat celana pria dan celana wanita sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.