Article

Homepage Article Fashion Design 5 Cara Menghilangkan Efek…

5 Cara Menghilangkan Efek Kusut di Belakang Lutut Celana Jeans

Efek kusut atau kerutan pada celana jeans bisa jadi penanda bahwa celana jeans yang kamu miliki merupakan celana yang berkualitas dan sering digunakan. Tapi jika kamu memang tidak ingin ada efek kusut di belakang lutut celana jeans, mungkin cara-cara berikut bisa membantu kamu untuk mengatasinya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Efek Kusut Pada Celana Jeans

Efek kusut pada celana jeans menjadi salah satu efek yang bisa saja muncul pada celana jeans siapapun. Meski bagi sebagian orang efek tersebut bisa menjadi ciri khas celana yang tidak semua orang miliki, tapi bagi sebagian orang lainnya kemunculan efek kusut pada celana jeans bisa saja dianggap sebagai hal yang menyebalkan lho.

Beberapa efek negatif yang bisa timbul akibat adanya kusut pada celana jeans yaitu:

  • Membuat penampilan terlihat kurang rapi dan kurang menarik, terutama jika kusut tersebut terkonsentrasi di area yang mencolok seperti belakang lutut.
  • Mengurangi tingkat kenyamanan celana, terutama jika kerutan kainnya mengumpul dan mengganggu gerakan tubuh.
  • Kusut yang terlalu sering dan terlalu parah pada celana jeans dapat menyebabkan kerusakan pada serat kain, seperti retak atau patah serat.
  • Kusut pada celana jeans tidak segera diatasi, bisa menjadi semakin sulit untuk dihilangkannya dan diperbaiki.

Celana Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

Karena alasan itulah untuk menjaga kerapian celana jeans penting bagi kamu untuk merawat celana jeans dengan cara yang tepat, baik saat mencucinya maupun saat mengenakannya. Jika kusut sudah terjadi, segera lakukan langkah-langkah untuk menghilangkannya agar celana jeans tetap nyaman saat digunakan.

Menghilangkan Kusut Celana Jeans

Terkait dengan hal tersebut, lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menghilangkan efek kusut atau kerutan yang sudah terlanjur ada pada celana jeans?. Sebagai referensi berikut beberapa langkah sederhana yang bisa kamu coba untuk menghilangkan efek kusut atau kerutan di belakang lutut celana jeans.

1. Tarik Ujung Kaki Celana

Biasakan untuk menarik ujung kaki celana ke bawah sehingga kain di bagian belakang lutut tidak mengumpul dan berlipat, saat kamu duduk atau berdiri.

Celana Jeans

Sumber : https://www.menshealth.com/

2. Gunakan Fitur Pengering Mesin Cuci

Gunakan fitur pengering mesin cuci dan es batu sebagai bahan penunjang untuk menghilangkan kusut celana jeans.

  • Siapkan mesin pengering dan juga es batu.
  • Masukkan es batu beserta celana jeans yang kusut ke dalam mesin pengering.
  • Atur mesin pengering pada suhu sedang kemudian gunakan untuk merapikan celana jeans selama kurang lebih 15 menit.
  • Setelah 15 menit berlalu, keluarkan celana jeans dari dalam mesin pengering lalu gantungkan di tempat yang teduh sampai kering dengan sendirinya.

Celana Jeans

Sumber : https://life.decorexpro.com/

3. Gantung Celana Dengan Benar

Gantung celana jeans dengan cara yang baik dan benar, agar kainnya tidak mengalami kusut saat dikeringkan. Hindari menggantung celana jeans secara berlebihan atau terlalu padat di atas pengering pakaian.

Celana Jeans

Sumber : https://mosaic-lille.fr/

4. Rapikan Dengan Setrika Uap

Setelah mencuci dan mengeringkan celana jeans, setrika celana jeans pada bagian yang kusut dengan menggunakan setrika uap untuk membantu meratakan kusut yang terbentuk selama proses pencucian dan pengeringan.

Celana Jeans

Sumber : https://silverbobbin.com/

5. Gunakan Uap Air Panas Kamar Mandi

Untuk membantu menghilangkan kerutan yang terdapat pada celana jeans kamu bisa juga mendekatkan celana jeans dengan sumber air panas yang ada di kamar mandi dengan tetap memastikan bahwa celana tidak basah karena terkena air.

Untuk langkah-langkahnya berikut gambaran singkat mengenai cara merapikan bagian celana jeans yang kusut dengan uap air panas kamar mandi. 

  • Simpan celana jeans yang berkerut dengan cara digantung di dalam kamar mandi.
  • Nyalakan air panas yang tersedia di kamar mandi.
  • Tutup kamar mandi serapat mungkin agar uapnya tidak ada yang keluar.
  • Lakukan proses penguapan selama kurang lebih 15 menit.
  • Jika hasilnya kurang memuaskan ulangi lagi sampai tampilan celana jeans jadi lebih rapi.

Sementara jika kamu tidak ingin repot-repot menghilangkan efek kusut pada celana jeans, maka kamu bisa melakukan langkah-langkah pencegahan sebagai berikut.

  • Selalu kenakan celana jeans sesuai dengan tubuh kamu. Celana yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat menyebabkan kusut lebih mudah terbentuk.

Celana Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Saat memilih celana jeans, pertimbangkan bahan denim yang sedikit lebih stretch karena bahan ini cenderung lebih tahan kusut dari pada bahan yang kaku.

Celana Jeans

Sumber : https://www.uniqlo.com/

Kesimpulan

Nah itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara sederhana yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan efek kusut atau kerutan pada celana jeans. Dengan menerapkan sejumlah tips dan trik yang sudah disebutkan di atas, semoga kamu bisa lebih mudah untuk merawat celana jeans yang kamu miliki ya.

Butuh bahan kain denim berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana jeans?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi bahan Kain Denim terbaik di katalog kain kami.

Download juga Pola Celana Pria Skinny dan Pola Celana Wanita Skinny siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat celana skinny jeans sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.