Article

Homepage Article Fashion Design 8 Fakta Unik dan Menarik…

8 Fakta Unik dan Menarik Tentang Quiet Luxury Yang Mendunia

Merasa cukup familiar dengan istilah quiet luxury yang belakangan ini jadi perbincangan hangat di dunia mode?. Kalau kamu lebih suka baju mahal dengan kualitas tinggi yang terlihat sederhana tanpa ada logo besar maka kamu mungkin termasuk kaum pecinta quiet luxury.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Quiet Luxury

Quiet luxury merupakan istilah yang menggambarkan gaya berpakaian yang menekankan pada kualitas dan keanggunan dalam desain, bahan dan tampilan, tetapi tetap sederhana dan tidak mencolok. Hal ini selaras dengan makna kata “luxury” yang memang umum dipakai untuk menggambarkan “kemewahan”.

Quiet Luxury

Sumber : https://unefemme.net/

Dari pengertian tersebut dapat pula dikatakan bahwa quiet luxury dalam fashion sebenarnya sangat lekat dengan sebuah gaya atau konsep dalam fashion yang point utamanya bukan hanya datang dari desain, tapi juga kualitas bahan dan tentunya craftsmanship.

Quiet Luxury

Sumber : https://id.pinterest.com/

Fakta Menarik Quiet Luxury

Mau tahu lebih banyak lagi tentang fakta menarik yang dimiliki quiet fashion?. Berikut beberapa fakta unik dan menarik mengenao quiet fashion yang pennting untuk kamu ketahui.

1. Asal Mula Quiet Luxury

Quiet luxury sebenarnya bukanlah suatu trend atau konsep baru dalam dunia mode. Sebab jauh sebelum populer seperti sekarang, gaya berpakaian ini sudah ada selama berabad-abad sebagai tanda kecanggihan dan penyempurnaan di antara keluarga kerajaan, aristokrasi dan selebritas.

2. Tampilannya Terkesan Sederhana

Dari segi tampilan, quiet luxury mungkin akan terlihat seperti gaya fashion biasa karena di sini kamu tidak akan menemukan adanya penggunaan pakaian atau aksesori yang memiliki logo brand berukuran besar pada bagian permukaannya.

  • Quiet luxury menawarkan produk dengan logo yang kecil, tidak terlalu terlihat atau bahkan tanpa logo sama sekali.
  • Quiet luxury tidak berfokus pada identitas logo brand atau menunjukkan status dan kemewahan dengan cara yang frontal.

Selain itu quiet luxury mungkin tampak seperti gaya minimalis. Bedanya kalau minimalisme lebih berfokus pada fungsionalitas maka quiet luxury ini justru cenderung lebih luwes dari segi variasi desain.

Quiet Luxury

Sumber : https://www.businessoffashion.com/

3. Identik Dengan Old Money 

Quiet luxury identik dengan gaya berpakaian old money atau orang yang sudah sangat kaya namun seakan tak perlu menunjukkan kekayaannya lewat pakaian yang digunakan. Bahkan dalam sekali lihat, orang mungkin tidak akan mengetahui bahwa outfit yang mereka gunakan memiliki harga fantastis.

Karena menggunakan fashion item tanpa adanya logo brand tertentu, quiet luxury yang sangat lekat dengan gaya fashion mewah sering disebut sebagai gaya fashion yang jauh dari kesan pamer.

4. Kepopuleran Quiet Luxury

Kepopuleran quiet luxury tidak terlepas dari serial Succession, seri televisi drama komedi satire Amerika Serikat yang dibuat oleh Jesse Armstrong untuk HBO.

  • Serial Succession berfokus pada kehidupan para keluarga konglomerat atau yang sering dijuluki “old money”.
  • Dalam serial Sucession, gaya para tokohnya terlihat “basic” dan jauh dari kesan glamor.  Meski demikian busana yang mereka kenakan sebenarnya berasal dari brand mewah.

Quiet Luxury

Sumber : https://fashionista.com/

5. Fokus Utama Quiet Luxury

Quiet luxury memiliki fokus utama pada desain, kualitas dan craftmanship. Karenanya semua jenis pakaian yang digunakan pada quiet luxury, biasa dibuat oleh ahli yang membutuhkan waktu panjang untuk merancang sturktur garmen yang timeless, tidak seperti Fast Fashion.

Adapun yang membuat quiet luxury menjadi sangat spesial yaitu proses pembuatannya lebih mengutamakan kualitas dibandingkan kuantitas. Tidak jarang fashion item yang digunakan juga memiliki kancing, jahitan, sulaman hingga print eksklusif yang menjadi ciri khas brand pembuatnya.

6. Mengandalkan Bahan Berkualitas

Dari segi material atau bahan dasarnya, quiet luxury lebih mengutamakan penggunaan bahan berkualitas tinggi pada tiap itemnya. Jadi walaupun tidak memperlihatkan logo brand tertentu, quiet luxury tetap terlihat mewah dan juga elegan.

Untuk pilihan bahannya beberapa contoh material yang banyak digunakan pada berbagai fashion item bertema quiet luxury antara lain berupa kain alami seperti kasmir, wol, sutra, katun, linen dan kulit, yang terkenal sebagai fabric terbaik tapi juga mewah.

Quiet Luxury

Sumber : https://id.pinterest.com/

Aksesoris seperti sepatu, jam tangan atau tas tangan dari bahan kulit yang memiliki desain elegan dan berkualitas tinggi juga merupakan contoh dari quiet luxury dalam fashion.

7. Item Andalan Quiet Luxury

Quiet luxury identik dengan fashion item klasik dengan kualitas tinggi yang tak lekang oleh waktu dan bisa dipakai dengan cara berbeda maupun kesempatan yang berbeda. Beberapa fashion item yang dimaksud antara lain berupa:

  • Blazer yang memiliki bentuk seperti jas tapi potongannya tampak lebih santai dan fleksibel.
  • Kemeja polos yang mudah dipadukan dengan berbagai pakaian lainnya dan cocok untuk berbagai acara.
  • Maxi skirt yang memiliki ciri sangat khas yakni panjangnya sampai mata kaki.
  • Maxi dress dengan panjang sampai mata kaki yang biasa dibuat tanpa lengan namun ada juga yang berlengan.
  • Celana bahan yang biasa dibuat dalam ukuran panjang hingga menutupi mata kaki.
  • Celana jeans yang dibuat dari bahan khusus yakni berupa Kain Denim.
  • Coat atau mantel panjang yang biasa dipakai untuk melindungi tubuh mereka agar tetap hangat.
  • Loafers alias sepatu slip on yang bisa digunakan untuk gaya formal, sporty, atau casual.
  • Classic leather bag yang mempunyai desain timeless dan bisa dipakai untuk acara apapun.
  • Kaos berdesain simple yang menutupi sebagian lengan, seluruh dada, bahu dan perut.

Meski jenis pakaiannya basic, tapi kalau bahan yang digunakan berkualitas tetap saja pakaian yang kamu pakai bisa membuat penampilan jadi makin elegan.

8. Palet Warna Quiet Luxury

Quiet luxury biasa didominasi oleh palet warna yang netral seperti hitam, putih, krem, abu-abu, biru tua serta camel yang versatile dan elegan, sehingga dapat dipadupadankan dengan mudah satu sama lain.

Cara paling simple yang bisa kamu coba untuk menciptakan quiet luxury look yang cukup menatik yaitu kamu bisa memadupadankan kaus putih dan blazer dengan celana bahan, kemeja dengan maxi skirt ataupun kaus dengan coat.

Quiet Luxury

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Nah itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta menarik seputar quiet luxury yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui banyaknya fakta tersembunyi yang dimiliki quiet luxury semoga  wawasan dan pengetahuan kamu tentang fashion jadi makin bertambah ya.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan apabila kamu ingin mengadaptasi konsep quiet luxury pada penampilan sehari-hari yaitu sebaiknya hindari logo brand yang besar dan mencolok tapi carilah deatil halus yang bisa menambah karakter dan pesona dari barang itu sendiri.

  • Penggunaan logo brand yang mencolok pada pakaian hanya akan membatasimu untuk bereksplorasi dengan gaya dan waktu.
  • Pakaian mewah dengan logo-logo yang besar juga akan mengalihkan perhatian dari keindahan serta kualitas pakaian itu sendiri.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi Bahan Kain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.