Article

Homepage Article Fesyen Muslim 8 Tips Tampil Modis Dengan…

8 Tips Tampil Modis Dengan Jilbab Bergo Tanpa Khawatir Terlihat Tua

Ingin selalu tampil cantik dan modis setiap saat meskipun hanya mengenakan hijab yang berdesain simple?. Bila anda kebetulan sedang mencari hijab instan yang  praktis untuk dipakai sehari-hari maka anda bisa menjatuhkan pilihan pada jilbab bergo yang sangat mudah dikenakan tanpa perlu tambahan peniti maupun jarum pentul.

Pengertian Jilbab Bergo

Jilbab bergo merupakan model hijab instan yang praktis dan memiliki ciri khas berupa tambahan pet (bantalan busa) di bagian depan. Meski belum diketahui asal usulnya secara pasti namun istilah "bergo" sendiri sudah dipahami khalayak sebagai jilbab instan yang praktis karena bentuknya yang sudah dijahit sedemikian rupa.

Jilbab Bergo

Sumber : https://geraiolivehijab.com/

Pertama diperkenalkan, jilbab bergo umumnya selalu dibuat dalam tampil polos dan berdesain simple dengan dilengkapi detail-detail cantik berupa bordir atau payet di bagian pet. Bahan yang digunakan untuk membuatnya pun dulu didominasi bahan jersey knitted yang stretch sehingga bisa menyesuaikan wajah saat dipakai. 

Jilbab Bergo

Sumber : https://www.irvanmart.com/

Dari yang awalnya hanya dibuat sederhana, pada perkembangan selanjutnya jilbab bergo mulai dibuat dengan berbagai detail jahitan seperti misalnya lipit di bagian bahu ataupun tali serut di bagian samping agar terlihat selalu rapi. Kedua hijab tersebut lantas menjadi hijab favorit bagi para wanita muslimah di Indonesia.

Jilbab Bergo

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Tidak lama setelah dibuatnya jilbab bergo dengan tambahan beberapa detail jahitan, berikutnya lahirlah bergo bermotif yang mulai menggeser popularitas bergo dengan detail payet. Bahannya pun tidak lagi menggunakan jersey yang stretch, tapi juga sudah merambah ke kain chiffon, crepe maupun bahan lain yang sejenis.

Jilbab Bergo

Sumber : https://www.wiruji.com/

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita, beberapa jenis bergo inipun ada juga yang dibuat bertumpuk terutama pada bahan-bahan yang cenderung tipis dan sedikit menerawang. Untuk memperbaiki tampilannya agar lebih menarik tidak jarang pula ada sejumlah bergo yang dilengkapi dengan frill atau ruffle di bagian tepinya.

Jilbab Bergo

Sumber : https://www.wiruji.com/

Kelebihan Memakai Jilbab Bergo

Masih ragu untuk mengenakan jilbab bergo sebagai hijab andalan anda saat melakukan aktifitas sehari-hari?. Supaya anda jadi lebih yakin untuk mencoba model hijab yang satu ini berikut kami bagikan beberapa kelebihan yang bisa anda rasakan saat memakai jilbab bergo.

1. Praktis Digunakan

Jilbab bergo bisa dipakai  pada saat bersantai di rumah saja ataupun keperluan lainnya. Dengan desainnya yang sedemikian unik model hijab yang satu ini juga sangat praktis digunakan karena bisa langsung pakai tanpa menggunakan tambahan peniti atau jarum pentul.

2. Nyaman Dipakai

Jilbab bergo umumnya dibuat dari material yang berkualitas tinggi sehingga cukup nyaman dipakai untuk aktifitas sehari-hari. Pemilihan material untuk bergo inipun bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

3. Tidak Mudah Berantakan

Jilbab bergo menjadi salah satu jenis model hijab yang tidak mudah berantakan sekalipun dipakai tanpa tambahan peniti ataupun jarum pentul. Dengan adanya pet di bagian depan tampilan yang dihasilkan juga senantiasa terlihat rapi walaupun dipakai seharian.

4. Banyak Pilihan Model

Untuk membuat penampilan jadi terlihat lebih syar’i tidak sedikit brand yang merilis jilbab bergo dalam ukuran lumayan panjang hingga menutup dada sehingga dapat menutupi lekuk tubuh pemakainnya. Tambahan kerut atau aksen draperi juga akan membuat penampilan tampak berbeda.

5. Cocok Untuk Olahraga

Hijab wanita dengan model bergo bisa menjadi pilihan paling tepat saat berolahraga karena tidak merepotkan dan mudah digunakan. Bergo cocok untuk olahraga berat maupun ringan karena tidak akan mengganggu Anda saat harus banyak melakukan gerakan.

6. Bisa Dipakai Renang

Bergo yang dibuat dari bahan kain lycra atau spandek sangat cocok dipakai untuk berenang karena tidak memerlukan jarum yang bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Selain itu bagian petnya juga tidak mudah berantakan dan tetap pada tempatnya walaupun terkena air.

7. Cocok Untuk Acara Resmi

Jilbab bergo bisa dipakai untuk pergi ke acara resmi, karena kini sudah banyak yang dimodifikasi dengan tambahan hiasan kepala yang bisa membuat penampilan jadi terlihat sedikit lebih formal.

Tips Memakai Jilbab Bergo

Mulai tertarik untuk mengenakan jilbab bergo sebagai pelengkap gaya penampilan anda tapi takut terlihat jadi lebih tua dari usia anda sebenarnya?. Untuk mengantisipasi hal tersebut simak dulu yuk pembahasan mengenai tips memakai jilbab bergo bagi anda muda yang wajib anda ketahui.

1. Pilihlah Bergo Yang Polos

Sebisa mungkin pilih jilbab bergo yang cenderung polos agar tampilan anda lebih terlihat minimalis namun tetap terkesan manis. Jika memilih bergo model polos pastinya anda akan mudah menemukan padanan untuk pakaiannya.

  • Utamakan untuk memilih bergo dengan model polos dan warna-warna netral seperti hitam, abu-abu, navy atau krem.
  • Hindari memilih bergo yang bermotif ramai bila anda ingin menggunakannya untuk beraktifitas sehari-hari.

2. Pilih Model Yang Tepat

Supaya tampilan yang dihasilkan lebih terkesan rapi biasakan untuk memilih jilbab bergo yang model dan ukurannya benar-benar sesuai dengan proporsi tubuh dan juga bentuk wajah. Dalam hal ini anda bisa memilih satu diantara empat model bergo berikut.

a. Basic Pet Bergo

Basic pet bergo termasuk ke dalam jenis model hijab yang dapat dipakai oleh semua bentuk wajah, terutama untuk anda yang memiliki pelipis lebar. Jilbab bergo jenis ini umumnya memiliki variasi pet dengan lebar 9,5 cm dan panjang 35 cm.

b. Short Pet Bergo

Short pet bergo dengan lebar 8 cm dan panjang 35 cm, sangat pas jika dipakai untuk anda para wanita yang memiliki wajah oval maupun wajah yang memiliki pelipis pendek (tidak terlalu lebar) agar terlihat lebih seimbang.

c. Long Pet Bergo

Long pet bergo yang divariasikan dengan bantalan spons berukuran lebar 9.5 cm dan panjang 40 cm bisa menjadi alternatif yang tepat untuk anda pemilih wajah berbentuk segitiga, kotak, bulat atau wajah dengan tulang pipi yang menonjol.

d. Exstra Pet Bergo

Extra pet bergo yang dilengkapi dengan bantalan spons berukuran lebar 14 cm dan panjang 40 cm sangat sesuai jika dikenakan oleh wanita yang berwajah lonjong dan kotak. Ukurannya yang lumayan besar juga bisa menyamarkan bentuk pipi.

Ingin membuat bergo sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menentukan ukuran jilbab bergo dan menggambar polanya?. Biar lebih gampang simak kembali pembahasan mengenai Tutorial Membuat Jilbab Bergo. Kalau mau cara yang praktis anda juga bisa mendownload pola jilbab bergo dewasa dan pola jilbab bergo dari kami.

a. Pola Jilbab Bergo Dewasa

Pola jilbab bergo dewasa adalah pola jibab kaos sederhana yang biasa disebut dengan bergo untuk ukuran wanita dewasa.

b. Pola Jilbab Bergo Anak

Pola jilbab bergo anak adalah pola jibab kaos sederhana yang biasa disebut dengan bergo untuk ukuran anak-anak mulai 0 - 9 thn.

3. Pilih Bahan Yang Berkualitas

Supaya bergo yang anda pilih tetap terlihat bgus dan tidak membuat tampilan anda terkesan tua sebaiknya pilihlah bergo yang berbahan berkualitas tinggi. Beberapa contoh bahan kain yang belakangan banyak dimanfaatkan untuk membuat bergo yakni berupa:

a. Kain Lycra atau Spandex

Kain lycra atau spandek sangat nyaman dipakai sebagai bahan utama bergo karena karakteristik kainnya yang tidak panas dan lentur sekali. Selain nyaman perawatan bahan ini juga mudah yakni cukup dicuci biasa dan dikeringkan di bawah matahari.

b. Bahan PE/TC

Bahan PE/TC merupakan bahan kain yang sifatnya menyerap keringat, tebal (tidak nerawang) dan berat. Jilbab bergo yang dibuat dari bahan ini sangat cocok jika digunakan untuk pelengkap gaya busana sehari-hari dan untuk olahraga.

c. Bahan Hyget

Bahan hyget mengandung polyester sehingga kesannya "agak" mengkilat, tidak cepat rusak (jika perawatannya benar), cukup ringan dan cocok dipakai diberbagai suasana. Jika ditambah aplikasi payet atau aplikasi lainnya dapat menambah kesan mewah.

d. Kain Sutra

Kain sutra merupakan serat protein alami yang dapat ditenun menjadi tekstil. Untuk anda yang ingin memakai bergo dari sutra sebaiknya pilih bahan sutra yang lembut dan tipis agar jatuhnya terlihat lebih luwes.

e. Kain Chiffon

Kain chiffon termasuk ke dalam jenis bahan kain yang memiliki tekstur sangat halus dan juga tipis. Meskipun agak panas bergo dari bahan chiffon (baik chiffon two tone maupun chiffon crepe) bisa dijadikan alternatif yang tepat untuk acara semi formal.

f. Kain Wolvis

Kain wolvis merupakan sejenis kain yang terbuat dari campuran katun, sutra dan serat sintetis. Dilihat dari tampilan fisiknya, kain wolvis ini memang memiliki tingkat ketebalan yang lebih rendah dibawah jersey, sehingga terkesan lebih tipis dan ringan.

g. Kain Wollycrepe

Kain wollycrepe merupakan salah satu bahan kain yang biasa disebut juga sebagai kain arab seperti halnya kain wolvis. Meski permukaannya sedikit berpasir, namun ketika disentuh dengan tangan kain wolly crepe akan tetap terasa halus dan lembut.

4. Kenakan Bros Yang Simple

Bila anda ingin memakai bergo jangan lupa tambahkan bros yang berdesain simple dengan aksen beads atau mutiara untuk memberikan kesan lebih elegan dan tidak berlebihan. Bros yang satu ini pastinya akan lebih terlihat timeless, dibandingkan bros yang memiliki aksen terlalu ramai.

5. Kenakan Atasan Yang Timeless

Pilih busana penutup tubuh bagian atas yang sifatnya timeless dan simpel seperti halnya cardigan dan sweater polos. Kalau anda memaksakan diri memakai baju yang terlalu ramai bukan tidak mungkin tampilan keseluruhan yang dihasilkan justru tampak failed.

  • Cardigan termasuk ke dalam jenis outer yang memiliki desain terbuka di bagian depan dan dapat diberi variasi kancing atau ritsleting. Cardigan ini umumnya dapat dijumpai dalam berbagai model dan dapat digunakan oleh semua gender.
  • Sama-sama difungsikan sebagai outer, sweater biasanya berkontur tebal dengan bahan yang lembut dan hangat. Dari segi desain dan potongannya sweater ini bisa juga dikategorikan sebagai baju terusan karena dibuat tanpa bukaan depan dan tidak menggunakan tudung kepala.

Untuk mendapatkan rasa nyaman saat tampil dengan jilbab bergo, sebaiknya pilih pakaian yang berpotongan longgar dan tidak terlalu ketat.

  • Mengenakan pakaian yang cukup longgar akan membuat anda lebih bebas bergerak dan beraktifitas tanpa khawatir kepanasan.
  • Sebaliknya bila pakaian yang anda pakai terlampau ketat yang ada tubuh anda akan lebih cepat merasa gerah dan berkeringat.

6. Kenakan Bawahan Bermodel Klasik

Padupadankan busana penutup tubuh bagian atas dengan bawahan yang memiliki model simpel dan klasik seperti high waist culotte pants atau celana kulot yang loose, high waist maxi skirt atau bawahan basic lainnya.

  • Celana kulot termasuk ke dalam salah satu jenis celana wanita dengan bentuk seperti pipa yang melebar kebawah, dimana jika dilihat dari jauh sepintas celana kulot ini akan tampak seperti rok yang membungkus tubuh bagian bawah.
  • Maxi skirt atau rok maxi merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai mata kaki. Rok ini konon menjadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki untuk para wanita aktif karena padupadannya sangat mudah.
  • Khusus untuk anda yang ingin bermain dengan motif, tak ada salahnya memilih bawahan dengan motif stripes atau motif flora. Pastikan warna dan motif dari busana penutup tubuh bagian bawah yang anda pilih tidak mencolok dan tidak terlalu besar untuk menghindari kesan tua saat memakai bergo.

Ingin membuat celana kulot sendiri tapi masih kesulitan untuk menggambar polanya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa mendownload Pola Celana Kerut All Size dan Pola Celana Kulot Wanita yang memakai resleting dari kami. Berikut standar ukuran celana kulot di Fitinline.

7. Kenakan Bergo Dengan Gamis

Buat anda yang lebih suka tampil feminim coba padupadankan koleksi jilbab bergo yang anda miliki dengan berbagai macam model gamis yang kekinian. Dengan padupadan yang tepat bukan tidak mungkin anda juga bisa meggunakannya pada acara yang spesial seperti kondangan maupun lebaran.

Beberapa contoh model gamis wanita yang dapat anda pilih sebagai pelengkap penampilan diantaranya ada gamis ruffle, gamis lengan lonceng, gamis busui, gamis full kancing, gamis peplum, gamis cape, gamis ikat ataupun gamis layering.

Ingin membuat gamis sendiri sebagai outfit lebaran maupun pakaian sehari-hari anda?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload pola siap pakai dari kami.

8. Tambahkan Statement Bag

Ketika memakai bergo kenakan juga statement bag yang siap membuat penmpilan anda lebih menarik sekaligus mengaburkan kesan tua yang selama ini melekat pada bergo. Untuk pelengkap bergo pilihlah tas dengan statement words maupun tas dengan aksen embelishment.

Demikian pembahasan singkat mengenai tips memakai jilbab bergo untuk anak muda lengkap dengan cara padupadannya yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips seputar styling hijab ataupun item fashion yang lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.