Article

Homepage Article Fashion Muslim 6 Fakta Menarik Awai Salah…

6 Fakta Menarik Awai Salah Yang Dipakai Perempuan Palestina di Gaza

Jadi salah satu pakaian pelindung sekaligus perlengkapan sholat wanita yang umum digunakan oleh beberapa perempuan Palestina, awai salah yang memiliki kemiripan dengan mukena ternyata mempunyai fungsi lain yang justru lebih mengharukan sejak peperangan terjadi di Gaza.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Awai Salah

Awai salah merupakan sejenis pakaian berbentuk jubah panjang dan kerudung yang biasa digunakan untuk oleh para perempuan Palestina di Gaza. Kalau masyarakat Muslim di Indonesia mengenal mukena sebagai perlengkapan sholat wanita, maka awai salah di Palestina juga mempunyai fungsi yang sama.

Awai Salah

Sumber : https://www.whizz.ae/

Fakta Menarik Awai Salah

Mau tahu lebih banyak lagi tentang awai salah yang begitu populer di Palestina?. Berikut beberapa fakta unik dan menarik tentang awai salah yang penting untuk kamu ketahui.

1. Punya Desain Yang Menarik

Dilihat dari bentuknya, awai salah sebenarnya terlihat serupa dengan mukena two piece di Indonesia karena sama-sama memiliki siluet yang longgar dan biasa dilengkapi dengan rok. Bedaannya dengan mukena di Indonesia yaitu bagian atas dan bagian bawah awai salah justru dibuat menyatu.

Awai Salah

Sumber : https://www.amazon.eg/

2. Umum Digunakan Untuk Shalat

Dengan potongannya yang sedemikian unik dan menarik yakni menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan tangan, awai salah biasa dikenakan oleh para perempuan di Palestina untuk shalat.

3. Bisa Dijadikan Pakaian Pelindung

Selain dijadikan sebagai perlengkapan sholat wanita, awai salah juga biasa digunakan untuk melindungi tubuh pemakainya dari cuaca, debu dan sinar matahari yang panas di wilayah Palestina.

Awai Salah

Sumber : https://www.amazon.eg/

4. Jadi Outfit Andalan Saat Perang

Bahkan ketika terjadi peperangan, perempuan Palestina di Gaza juga menjadikan awai salah sebagai pakaian sehari-hari maupun pakaian tidur karena busana tersebut sangat nyaman. Alasan lain mengapa para perempuan Palestina di Gaza tidur sambil memakai awai salah semasa perang yaitu:

  • Seandainya rumah mereka dibom saat tidur dan tidak bisa menyelamatkan diri, tubuh mereka akan tetap tertutup sepenuhnya.
  • Jika mereka selamat, penggunaan awai salah dimaksudkan agar mereka mampu kabur dari reruntuhan dengan lebih mudah.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, ketika ada foto atau video yang menampilkan bangunan dibom atau kondisi rumah sakit yang menampung korban perang tubuh mereka pun akan tetap terlindungi karena memakai awai salah.

Tapi penting untuk diketahui juga bahwa tergantung pada banyak faktor seperti latar belakang sosial, politik dan agama, tidak semua perempuan Palestina memakai pakaian perang seperti Awai Salah. 

5. Jadi Simbol Perlawanan

Awai salah menjadi simbol perlawanan terhadap pendudukan dan kekerasan yang dialami oleh masyarakat Palestina, termasuk melindungi perempuan yang terlibat dalam konflik dari serangan fisik.

Selain itu awai salah juga mencerminkan kebanggaan terhadap identitas dan budaya Palestina, serta memperlihatkan kesetiaan terhadap perjuangan nasional masyarakat Palestina.

6. Biasa Dibuat Dari Jersey

Terkait dengan bahan yang digunakan uneuk membuatnya, awai salah umumnya banya dibuat dari material jersey yang halus dan lembut sehingga tetap nyaman saat dipakai untuk tidur, beribadah maupun melakukan banyak aktivitas lain.

Awai Salah

Sumber : https://www.amazon.eg/

Beberapa kelebihan yang menjadi alasan mengapa bahan jersey sangat cocok dijadikan sebagai bahan awai salah yaitu:

  • Bahan jersey halus dan lembut di kulit.
  • Bahan jersey memiliki bobot yang ringan dan tidak bikin gerah.
  • Bahan jersey umumnya sangat lembut dan nyaman saat digunakan selama ibadah.
  • Bahan jersey cenderung tidak mudah kusut, jadi lebih mudah dirawat dan tetap terlihat rapi.
  • Bahan jersey memiliki daya serap yang baik dan cepat kering ketika terkena keringat atau air.
  • Bahan jersey seringkali tersedia dalam berbagai pilihan warna dan motif yang menarik.
  • Bahan jersey memiliki ketahanan yang baik terhadap pemakaian dan pencucian berulang.

Selain dibuat dari bahan jersey, tidak menutup kemungkin jika pada perkembangannya banyak juga produk awai salah yang dibuat dari bahan lain asalkan karakteristiknya mirip atau serupa dengan bahan jersey.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta unik dan menarik tentang awai salah yang penting untuk kamu ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menjadi referensi buat kamu jika ingin mencari perlengkapan sholat wanita yang tetap nyaman digunakan selain mukena ya.

Download E-Book Serba-serbi Mukena: Model, Bahan dan Cara Perawatannya kalau kamu mau tahu lebih banyak lagi tentang seluk beluk mukena.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.