Article

Homepage Article Desain Fesyen Sejarah Singkat Terciptanya…

Sejarah Singkat Terciptanya Rok Pensil Yang Wajib Anda Ketahui

Item pelengkap fashion yang dikenal dengan nama pencil skirt atau rok pensil memang layak dikategorikan ke dalam jenis pakaian yang wajib dimiliki oleh wanita. Bahkan ada pernyataan klasik bahwa setiap wanita karier harus memiliki rok pensil di lemari mereka, terutama yang berwarna hitam.

Asal Usul Pencil Skirt

Sumber : https://www.jcrew.com/

Memang benar jika dahulu rok pensil selalu identik dengan wanita kantoran dan hanya digunakan sebagai pakaian kerja. Tapi anda juga harus tahu jika di tahun 2018 ini trend penggunaan rok pensil dengan berbagai motif yang menarik diprediksi akan lebih banyak digunakan untuk suasana yang lebih santai. 

Asal Usul Pencil Skirt

Sumber : http://www.ajlprimary.org.uk/

Sebagai salah satu fashion item terpopuler yang didesain khusus untuk para wanita, ide awal pembuatan rok pensil ternyata terinspirasi dari gaun yang diikat lho. Wujud rok pensil yang bentuknya yang panjang dan ramping ini terinspirasi dari hobble skirt yang diperkenalkan oleh Paul Poiret di tahun 1910. 

Asal Usul Pencil Skirt

Sumber : http://www.wright-brothers.org/

Hobble skirt yang dibuat oleh Paul Poiret mendapatkan inspirasi dari Mrs. Berg, penumpang pesawat wanita pertama yang mengikat rok panjangnya untuk menghindari masalah saat penerbangan. Foto dari kegiatan penerbangan tersebut kemudian tersebar dan menyebabkan hobble skirt menjadi hot trend sampai awal abad ke-20. 

Asal Usul Pencil Skirt

Sumber : http://www.gingermegs-vintage.com/

Karena sering membuat pemakainya kesulitan untuk berjalan, trend penggunaan hooble skirt akhirnya mulai ditinggalkan oleh para wanita. Setelah tiga dekade lamanya, tepatnya pada tahun 1940 hobble skirt kemudian menginspirasi sang desainer legendaris Christian Dior untuk menciptakan pencil skirt. 

Asal Usul Pencil Skirt

Sumber : https://www.anntaylor.com/

Dior mengadaptasi hobble skirt menjadi item yang lebih pendek dan mudah digunakan. Beliau menciptakan rok pensil modern dengan siluet yang disebut H Line sehingga dapat menampilkan lekuk tubuh wanita.

Asal Usul Pencil Skirt

Sumber : https://www.dillards.com/

Pada awal kemunculannya, pencil skirt digunakan bersama setelan yang serasi. Namun setelah mengalami berbagai perkembangan, pencil skirt tersebut dikombinasikan pula dengan blouse, peplum top, atau soft sweater yang menonjolkan bagian pinggang dan lekuk tubuh pemakainya. 

Asal Usul Pencil Skirt

Sumber : http://mydressview.com/

Meski kejayaan rok pensil sempat tenggalam di tahun 50 dan 60, namun item fashion yang satu ini nyatanya mampu menunjukkan eksistensinya lagi di tahun 80-an dengan gaya yang lebih dramatis dan tetap bertahan sampai hari ini sebagai item fashion terfavorit untuk kaum wanita termasuk para selebritas dunia.

Asal Usul Pencil Skirt

Sumber : https://www.amazon.com/

Tertarik untuk mengenakan rok pensil sebagai pakaian harian anda?. Kalau sahabat Fitinline ingin mendapatkan kesan yang lebih kasual dan santai, tidak ada salahnya jika anda memakai rok pensil berbahan dasar denim yang dibuat dalam warna-warna seperti acid washed denim atau pun biru.

Asal Usul Pencil Skirt

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.