Article

Homepage Article Fashion Design 10 Alasan Mengapa Overall…

10 Alasan Mengapa Overall Rok Menjadi Pakaian Favorit Wanita

Mencari alternatif busana kekinian yang tidak hanya bagus dipakai ketika bersantai di rumah tapi juga bisa dijadikan sebagai baju hangout?. Khusus untuk anda yang suka berpenampilan feminim, tidak ada salahnya bila anda mencoba untuk mengenakan overall yang bagian bawahnya dimodifikasi menjadi rok.

Definisi Overall Rok

Overall rok merupakan sejenis busana terusan (one piece) yang diperoleh dari modifikasi overall terdahulu yakni bagian bawahnya diganti dengan rok, sementara untuk bagian atasnya tetap memakai tambahan kantung atau apron di bagian dada dan punggung yang disatukan dengan dua tali melewati pundak.

Overall Rok

Sumber : https://www.walmart.com/

Dengan modelnya yang cukup menggemaskan, overall rok sangat mudah untuk dipadupadankan dengan berbagai macam item fashion. Tapi karena potongannya sangat terbuka, maka pemakaian overall harus disertai dengan inner (baju dalam) seperti kaos, crop top, kemeja, blus maupun model baju lainnya.

Kelebihan Overall Rok

Sama halnya dengan overall yang dilengkapi dengan celana di bagian bawahnya, overall yang dimodifikasi ke dalam bentuk rok secara umum juga memiliki sejumlah kelebihan tersendiri yang mungkin tidak dimiliki item fashion lainnya.

1. Tampilannya Sangat Menarik

Overall rok termasuk ke dalam jenis pakaian wanita yang memiliki tampilan sangat menarik. Bahkan dari masa ke masa model pakaian yang satu ini juga semakin berkembang menjadi lebih modern dan trendy.

2. Tidak Panas Saat Dipakai

Overall rok secara umum memiliki desain dan potongan yang cenderung terbuka sehingga tidak panas saat dipakai. Selain itu overall rok umumnya juga memiliki sifat yang sangat fleksible dan dapat dipakai dalam kondisi apapun, entah itu saat cuaca panas ataupun dingin.

Overall Rok

Sumber : https://poshmark.com/

3. Modelnya Cukup Beragam

Overall rok dapat dijumpai dalam berbagai macam model dan ukuran yang berbeda, walaupun secara umum hanya dibuat sederhana dan tidak terlalu melibatkan banyak detail. Meski terkesan simple tapi tampilan overall yang dihasilkan tetap saja terkesan sangat menarik.

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita, overall rok sendiri ada yang panjangnya dibuat sampai mata kaki namun ada juga yang pendek hingga sebatas paha. Masing-masing overall tersebut secara keseluruhan akan memberikan kesan yang berbeda saat dikenakan.

  • Overall Rok Pendek

Overall rok pendek merupakan jenis overall yang dapat dipakai untuk menonjolkan bentuk kaki. Overall rok pendek ini juga sangat cocok digunakan saat liburan musim panas karena dapat meminimalisir rasa gerah saat dikenakan seharian.

Overall Rok

Sumber : https://poshmark.com/

  • Overall Rok Panjang

Overall rok panjang menjadi salah satu item fashion paling tepat yang bisa dijadikan sebagai pelengkap gaya berhijab. Penggunan overall rok panjang inipun bisa  membuat orang yang menggunakanya terlihat lebih muda dan menarik.

Overall Rok

Sumber : https://best.aliexpress.com/

4. Banyak Pilihan Warnanya

Overall rok tersedia dalam berbagai pilihan warna yang cukup beragam dan dipilih sesuai kebutuhan pemakainya. Tidak hanya terbatas pada warna-warna gelap saja, tapi overall rok ada juga yang dibuat dalam warna-warna lembut seperti warna pastel sehingga tampilannya jadi lebih cantik dan sangat anggun.

  • Overall rok yang dibuat dalam warna-warna gelap umumnya cenderung lebih mudah dipadupadankan dengan item fashion lainn.
  • Tapi kalau overall rok yang berwarna gelap tidak lagi terlihat menarik di mata anda, maka memilih overall rok dengan warna yang lebih lembut bisa menjadi solusi yang paling tepat.

5. Bahannya Bermacam-Macam

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya jadi sebenarnya terdapat banyak sekali jenis kain yang biasa dijadikan overall rok. Beberapa contoh bahan kain yang cocok untuk membuat overall kekinian antara lain berupa:

  • Kain Denim

Kain denim merupakan kain yang memiliki karakteristik cukup kokoh dan kuat. Sejak dulu kain ini sudah banyak digunakan untuk membuat overall yang paling aman dan paling mudah dipakai sebagai pelengkap gaya penampilan.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain denim diantaranya:

  • Kain denim termasuk ke dalam jenis kain yang kuat dan tahan lama.
  • Selain kuat dan tahan lama, kain denim juga sangat nyaman saat digunakan.
  • Kain denim memiliki tampilan yang terlihat elegan dan indah saat dijadikan overall rok.
  • Kain denim terkenal tidak mudah sobek karena teksturnya lumayan tebal.

Khusus untuk anda yang kebetulan sedang mencari Kain Denim untuk bahan dasar celana kulot anda bisa melihat-lihat koleksi kain denim kami.

  • Bahan Kulit

Bahan kulit menjadi pilihan paling tepat jika ingin membuat overall skirt untuk orang dewasa. Selain memberikan kesan seksi overall bahan kulit ini juga mudah dipadupadankan dengan dalaman apapun baik itu kaos oblong, crop top, kemeja maupun blus wanita.

  • Kain Corduroy

Kain corduroy merupakan bahan kain yang memiliki tekstur seperti garis-garis karena dibuat dari serat yang dipuntir. Sebagai salah satu bahan overall kekinian yang cukup populer, kain corduroy akan memberikan kesan klasik dan modern.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain corduroy diantaranya:

  • Kain corduroy memiliki permukaan yang bertekstur seperti garis-garis kain.
  • Kain corduroy dikenal lebih hangat dan tahan lama asal dirawat dengan cara yang baik dan benar.
  • Dengan tampilannya yang cukup unik kain corduroy akan terkesan makin berkelas dan elegan.
  • Kain corduroy tidak memerlukan kain pelapis karena memiliki berbagai tingkat ketebalan.
  • Kain corduroy tersedia dalam banyak variasi warna maupun tingkat keregangan (stretch).
  • Kain Flanel

Kain flanel merupakan sejenis kain tekstil bertekstur lembut dan halus. Dengan karakteristiknya yang sedemikian unik kain flanel sangat pas jika digunakan sebagai bahan overall rok pendek maupun overall rok panjang.

  • Sekalipun motif yang ada pada kain flanel tidak jauh dari bentuk kotak-kotak, sebenarnya ada juga kain flanel yang dibuat polos.
  • Empat motif kemeja flanel yang paling populer antara lain berupa basic flanel, floral pattern, tribal pattern dan stripe pattern.
  • Printed Fabric

Printed fabric juga bisa dijadikan alternatif yang bagus saat anda ingin tampil cute dan menarik. Motif yang anda pilihpun beragam, mulai dari motif floral yang manis, motif kotak-kotak hingga motif stripe.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan printed fabric diantaranya:

  • Printed fabric bisa dijadikan alternatif yang bagus saat anda ingin tampil cute dan menarik.
  • Printed fabric umumnya memiliki banyak pilihan motif yang beragam, mulai dari motif floral yang manis hingga motif tribal yang trendi.
  • Kain Twill

Kain twill merupakan jenis bahan kain yang memiliki permukaan yang sama dengan bahan drill yaitu berserat garis-garis miring (diagonal). Jalinan benang yang menyusun bahan kain twill ini umumnya juga terbilang cukup kuat dan tahan lama.

Sebagai bahan dasar pembuatan celana yang berkualitas kain twill umumnya tersedia dalam berbagai tingkat ketebalan dan kerapatan tenunan yang berbeda-beda.

Kain twill stretch termasuk ke dalam jenis kain twill yang memiliki tingkat ketebalan sedang dan bersifat melar. Kain dengan sifat melar sangat nyaman jika dipakai untuk pakaian yang pas karena bisa menyesuaikan bentuk tubuh.

Kain twill no stretch yang biasa digunakan untuk keperluan garment sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kain twill stretch yaitu sama-sama memiliki tingkat ketebalan sedang. Bedanya kain twill no stretch ini tidak melar.

  • Kain Drill

Kain drill merupakan sejenia kain yang memiliki permukaan miring atau diagonal dengan jalinan benang yang amat kuat. Kain drill untuk overall skirt ini biasanya banyak terbuat dari serat katun maupun serat polyester yang berkualitas tinggi.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain drill diantaranya:

  • Kain drill memiliki tekstur kain yang sangat khas yakni berbentuk miring atau diagonal.
  • Kain drill tersedia dalam berbagai macam pilihan tingkat ketebalan mulai dari menengah hingga tebal (medium to heavy-weight).
  • Kain drill dikenal sebagai salah satu jenis kain yang kuat dan tahan lama jika terkena tarikan, tekanan bahkan gesekan.
  • Kain drill memiliki karakteristik adem dan tidak mudah meleleh jika terkena panas.
  • Kain drill mudah menyerap keringat dan tidak pengap (breathable) tapi ini juga tergantung pada komposisi bahan penyusunnya.
  • Kain drill memiliki jalinan benang atau hasil tenunan yang rapat sehingga membuat kain drill jadi tidak mudah robek ataupun kusut.

Butuh bahan kain drill berkualitas dengan harga murah untuk membuat overall kekinian?. Sebagai bahan pertimbangan anda bsia melihat-lihat dulu koleksi Kain Drill kami.

6. Pemakaiannya Lebih Praktis

Dari segi pemakaiannya overall rok tergolong lebih praktis dibanding dengan overall celana. Untuk keperluan buang air kecil misalnya, jika anda memakai overall rok maka anda tidak perlu repot-repot membuka bagian atas overall tapi cukup membuka bagian bawah rok dan menutupnya kembali.

7. Cocok Untuk Segala Usia

Overall rok sangat cocok dipakai oleh semua wanita dari berbagai usia, baik itu usia anak-anak, remaja maupun wanita dewasa. Dengan tampilannya yang simple namun tetap elegan, overall rok ini bisa membuat pemakainya terlihat lebih dewasa dan anggun.

8. Menyamarkan Lekuk Tubuh

Kelebihan lain dari overall rok yaitu item fashion ini mampu menutupi lekuk tubuh bagian bawah seperti paha dan pinggul supaya tidak terlalu terlihat. Tapi ingat jika anda ingin memakai overall rok pastikan ukurannya benar-benar pas dan sesuai dengan bentuk tubuh, dalam artian tidak terlalu kebesaran ataupun kekecilan.

9. Padupadannya Sangat Mudah

Kalau anda masih bingung dalam menentukan padupadan overal atau baju kodok maka anda bisa memilih berbagai jenis busana wanita berikut agar tampilan yang didapatkan jadi lebih menarik. Beberapa jenis item fashion yang dapat anda pakai sebagai padanan overall sendiri diantaranya berupa:

  • Kaos Oblong

Kaos oblong yang dibuat dalam potongan basic akan terlihat sangat serasi bila dipadupadankan dengan overall kekinian yang dibuat panjang maupun pendek. Meski terkesan simple namun kombinasi keduanya justru akan terkesan manis.

Kaos oblong merupakan sejenis pakaian berdesain simple yang dapat dipakai untuk menutupi sebagian lengan, seluruh dada, bahu dan perut.

  • Karakteristik paling khas yang membedakan kaos oblong dengan kaos yang lainnya yaitu kaos oblong biasanya tidak memiliki kancing, kerah ataupun saku.
  • Dengan karakteristiknya yang terkesan simple kaos oblong ini sangat cocok dipadupadankan dengan overall rok pendek maupun overall rok panjang.

Overall Rok

Sumber : https://sheridangregory.com/

  • Crop Top

Busana penutup tubuh bagian atas berikutnya yang dapat dijadikan sebagai dalaman overall rok yakni berupa crop top yang sengaja diciptakan dalam ukuran pendek hingga sebatas pinggang atau perut. Untuk urusan modelnya anda bisa memilih crop top biasa atau crop top sweater.

  • Kemeja

Selain dipadupadankan dengan kaos oblong dan crop top, overall kekinian yang didesain khusus untuk wanita pada prinsipnya bisa juga dijadikan luaran dari sebuah kemeja.

  • Bila anda ingin mengenakan kemeja bermotif dengan overall, sebaiknya pilih overall rok yang cenderung polos.
  • Tapi kalau kemeja yang anda pakai merupakan kemeja yang polos maka anda bebas memadupadankannya dengan overall jenis apapun.

Overall Rok

Sumber : https://www.whowhatwear.com/

  • Blus Wanita

Pakaian wanita bermodel longgar yang dikenal dengan nama blus termasuk ke dalam salah satu jenis pakaian yang sangat cocok jika dipadukan dengan overall rok. Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita, blus ini biasanya dapat dibuat dengan atau tanpa kancing.

Beberapa contoh model blus wanita yang dapat anda jadikan sebagai dalaman dari sebuah overall rok antara lain berupa:

  • Blus wanita lengan puff yang dibuat dalam bentuk kerut pada bagian bahu, bagian bawah atau justru keduanya (bahu dan bawah lengan).
  • Blus wanita lengan lonceng yang yang memiliki lengan berbentuk mengembang atau membesar dibagian bawah.
  • Blus wanita model cold shoulder dan sabrina yang memiliki potongan terbuka pada bagian bahunya.
  • Blus sabrina benar-benar membiarkan seluruh bagian bahu terlihat.
  • Blus cold shoulder hanya sebagian bahu yang terlihat.

Overall Rok

Sumber : https://lookbook.nu/tamarabellis

Berkeinginan untuk membuat blus sendiri tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola blus siap pakai dari kami.

10. Perawatannya Mudah

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita, overall umumnya sangat mudah untuk dicuci dan dibersihkan jadi cara perawatannya pun tidaklah sesulit jenis pakaian lain. Yang penting segera cuci daster jika sudah kotor atau sudah digunakan seharian.

Tertarik untuk membuat overall rok sendiri sebagai pelengkap gaya peampilan anda?. Sebagai referensi anda bisa menyimak kembali pembahasan mengenai Langkah-Langkah Membuat Overall Skirt (Baju Kodok) Yang Simple Untuk Penjahit Pemula.

Kesimpulan

Sampai di sini dulu pembahasan singkat mengenai sejumlah alasan penting mengapa anda harus memilih overall rok sebagai outfit andalan saat bersantai di rumah maupun hangout. Kalau dibandingkan dengan overall celana, tentu saja masing-masing overal punya karakteristik yang berbeda meskipun dibuat dari bahan kain yang sama.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan kain untuk membuat overall rok maupun produk pelengkap fashion lainnya anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.