Article

Homepage Article Kain Tekstil Sejarah Singkat Kain TC…

Sejarah Singkat Kain TC (Teteron Cotton)

Terbuat dari serat apakah kain TC itu?. TC atau tetoron cotton merupakan sejenis bahan kain yang berbuat dari campuran serat polyester dan juga cotton. Karena itulah “tetoron cotton” dapat juga diartikan “polyester cotton”.

Kain TC

Sumber : http://www.tygarment.com/

Tetoron cotton sendiri sebetulnya adalah merek dagang yang digunakan untuk menyebutkan jenis produk yang diproduksi oleh perusahaan Teijin (Teikoku Jinken) dan Toray (Toyo Rayon) Industries. 

Kain TC

Sumber : http://www.flowertexbd.com/

Sejak tahun 1957, perusahaan Teijin dan Toray sebenarnya saling bersaing untuk mengimpor teknologi pembuatan serat polyester dari perusahaan Imperial Chemical Industries (ICI) asal Inggris. Namun pada tahun 1958, kedua perusahaan tersebut akhirnya mulai memproduksi serat polyester sendiri dan mendapatkan keuntungan cukup banyak di tahun 1959. 

Kain TC

Sumber : http://konveksi-indo.com/

Sebelum menggunakan nama tetoron, Toray sebelumnya mengadakan kontes guna mencari nama produk yang akan digunakan untuk menyebutkan bahan kain dari serat polyester yang diproduksi oleh perusahaan tersebut. Dari hasil kontes tersebut akhirnya terpilihlah nama Tetoron atau sekarang lebih populer dengan nama TC atau Tetoron Cotton.

Kain TC

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Berbeda dengan kain CVC (Chief Value Cotton) yang memiliki kandungan cotton lebih dominan dari poliesternya, kandungan serat polyester pada kain TC pada prinsipnya cenderung jauh lebih banyak dari kandungan cottonnya. 

Kain TC

Sumber : https://fitinline.com/

Kandungan polyester yang terdapat pada kain TC biasanya berkisar 65% sedangkan kandungan cottonnya sebanyakn 35%. Meski demikian ada juga jenis TC yang dibuat dengan komposisi yang berbeda, namun kandungan polysternya harus tetap lebih banyak dari pada kandungan cottonnya.

Kain TC

Sumber : http://gosablon.blogspot.co.id/

Karena memiliki komposisi polyester yang lebih banyak, bahan TC ini umumnya memiliki daya serap keringat yang kurang begitu baik sehingga terasa agak panas di badan jika dikenakan. Sekalipun terasa agak panas namun jenis bahan TC ini tidak akan susut atau melar meskipun sudah dicuci berkali-kali.

Kain TC

Sumber : http://www.tygarment.com/

Kualitas kain TC sendiri bisa dikatakan cukup bagus karena bahannya masih tetap terasa lembut saat dipakai. Bila anda ingin membuat kaos sablon untuk keperluan promosi, kaos partai, atau kaos olahraga yang sekelas dengan brand kaos Adidas tetapi memiliki budget yang terbatas, sahabat Fitinline bisa menggunakan bahan kain TC. 

Kain TC

Sumber : http://www.imgrum.net/

Semoga bermanfaat.

 

Mencari kain TC berkualitas dengan harga yang relatif murah untuk membuat kaos promosi, kaos partai, atau kaos olahraga?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kami Di Sini.

Kain TC

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.