Article

Homepage Article Kain Tekstil 3 Jenis Bahan Kain Terbaik…

3 Jenis Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Kaos Jersey

Memilih bahan kain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan sangatlah penting bagi anda yang ingin membuat kaos jersey sendiri, karena salah dalam pemilihan bahan akan mempengaruhi kualitas kaos yang dihasilkan. Dalam hal ini banyak sekali macam-macam bahan kaos yang ada di pasaran dan karakteristiknya pun juga berbeda-beda.

Bahan kaos jersey yang baik adalah bahan kain yang mudah menyerap keringat dan tidak terasa panas saat digunakan. Selain memiliki daya serap keringat yang bagus bahan tersebut setidaknya juga harus mempunyai karakteristik lentur, ringan, tidak mudah kusut, mudah dibersihkan dan membuat anda merasa nyaman saat memakainya.

Kriteria Bahan Kaos Jersey

Berencana untuk membuat kaos jersey sendiri tapi masih bingung harus memilih bahan kain yang seperti apa?. Untuk memudahkan anda dalam memilih bahan kaos jersey terbaik simak dulu yuk beberapa kriteria penting yang harus dimiliki bahan tersebut.

1. Menyerap Keringat

Bahan kain yang dipilih untuk membuat kaos jersey minimal harus memiliki daya serap keringat yang bagus dan terasa nyaman saat dipakai.

2. Tidak Panas

Dengan adanya sirkulasi udara yang baik, kaos jersey akan memberikan efek lebih sejuk dan tidak panas saat digunakan berolahraga.

3. Lentur

Selain menyerap keringat dan tidak panas bahan yang dipakai untuk membuat kaos jersey paling tidak juga harus bersifat lentur dan membuat pemakainya tetap nyaman saat bergerak.

4. Ringan

Ringan dan mudah dilipat menjadi kriteria berikutnya yang harus dimiliki bahan kaos jersey terbaik.

5. Tidak Mudah Kusut

Bahan kaos jersey yang tidak mudah kusut ataupun lecek tampilannya akan senantiasa terlihat rapi meski digunakan dalam waktu yang cukup lama.

6. Mudah Dibersihkan

Memilih kain yang mudah dibersihkan dan dikeringkan juga menjadi prioritas penting yang harus diperhatikan agar kaos jersey yang anda miliki selalu tampak seperti baru lagi.

7. Warnanya Awet

Untuk kualitas warnanya, jersey yang bagus semestinya juga harus memiliki warna yang awet dan tidak mudah pudar meski sudah digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Rekomendasi Bahan Kaos Jersey

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya jadi sebenarnya terdapat banyak sekali jenis kain yang biasa dijadikan sebagai bahan pembuatan kaos jersey. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa kain drifit, kain hyget dan kain lotto.

1. Kain Drifit

Kain drifit merupakan salah satu jenis bahan jersey olahraga yang biasa terbuat dari serat polyester, nilon dan campuran katun. Salah satu alasan mengapa kain drifit banyak digunakan untuk kaos jersey adalah karena kain ini bersifat menyerap keringat dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Tidak hanya itu saja, tapi bahan drifit juga memungkinkan penggunanya untuk dapat mengontrol kondisi keringat ditubuhnya. Beberapa karakteristik paling khas yang terdapat pada kain drifit diantaranya:

  • Kain drifit memiliki pori-pori yang berperan penting untuk menguapkan keringat saat berolahraga sehingga membuat pemakainya selalu merasa nyaman.
  • Dibandingkan dengan bahan kaos lainnya kain drifit terbaik pada dasarnya cenderung lebih ringan dan mudah untuk dilipat.
  • Kain drifit memiliki daya serap keringat yang cukup baik sehingga akan terasa sejuk  dan adem saat dipakai.
  • Kain drifit termasuk ke dalam jenis kain yang mudah dibersihkan, selain itu proses pengeringannya juga tidak memakan waktu lama.
  • Kain drifit tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan selalu tampak rapi meski digunakan dalam waktu lama.
  • Untuk menambah kesan elegan pada kaos olahraga kain drifit dapat disablon dan disublim.
  • Dilihat dari segi kualitas warnanya kain drifit termasuk cukup awet. Meski sudah digunakan untuk jangka waktu yang lama, warna pakaiannya akan tetap terlihat baru dan tampak bagus.

Sebagai bahan pembuatan kaos jersey, kain drifit secara umum tersedia dalam berbagai macam variasi bahan yang berbeda-beda. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa:

  • Drifit Mtiis

Drifit mtiss merupakan salah satu jenis kain drifit yang berpori-pori zig-zag dan berkarakteristik halus, sangat lembut, ringan, dan mudah menyerap keringat.

  • Drifit Nike

Drifit nike merupakan salah satu varian dri fit yang berpori-pori seperti lubang jarum. Kain ini sangat populer sebagai bahan jersey bola, sepeda, maupun jenis pakaian olahraga lainnya.

  • Drifit Polymesh

Drifit polymesh yang juga dikenal dengan drifit wafel merupakan jenis drifit yang bertekstur seperti kue waffle dan cukup elastis. Kain ini kerap dijadikan untuk bahan kostum pakaian olahraga seperti sepak bola, sepeda, hingga basket.

  • Drifit MU

Drifit Mu merupakan varian drifit yang memiliki motif seperti sisik ikan. Kain ini secara umum bersifat sangat ringan dan adem sehingga kerap dijadikan sebagai bahan untuk jersey sepak bola.

  • Drifit Ferrari

Drifit ferrari merupakan jenis drifit yang memiliki pori-pori rapat namun berkarakter ringan dan lembut. Kain ini sangat cocok digunakan untuk membuat jersey trail cros karena mempunyai daya serap dan stretch yang tinggi.

  • Drifit Sulkul

Kain drifit sulkul yang juga dikenal dengan nama drifit bobin secara umum bertekstur lembut dan sejuk sehingga sangat pas untuk membuat kaos olahraga.

  • Drifit Jala Erbin

Drifit jala erbin memiliki pori-pori seperti lubang jarum dengan tekstur lembut sehingga sangat pas digunakan untuk jenis pakaian olahraga outdoor.

  • Drifit Smash

Drifit smash dikenal sangat baik menangkal sinar UV dan menghalau bakteri yang menimbulkan bau tidak sedap saat berolahraga.

  • Drifit Wave

Sama halnya seperti drifit smash, kain yang satu ini juga sangat baik dalam menangkal UV dan termasuk anti bakteri.

  • Drifit Rabbit

Terakhir ada kain drifit rhabit yang fungsinya sama dengan drifit wave maupun smash, yakni memiliki anti UV dan anti bakteri. Ketiganya hanya dibedakan dari corak masing-masing saja.

Mencari bahan kain drifit berkualitas dengan harga murah untuk membuat kaos jersey bola, jersey voli, jersey bulutangkis, jersey basket atau kaos olahraga lainnya?. Sebagai bahan referensi sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu katalog Kain Drifit kami Di Sini.

Kaos Jersey Kaos Jersey

Sumber : https://fitinline.com/, https://www.ebay.com/

2. Kain Hyget

Kain hyget merupakan sejenis bahan kaos yang dibuat dari campuran polyester dan cotton tetapi lebih tipis. Bahan hyget terbaik yang banyak digunakan untuk membuat kaos-kaos olahraga seperti kaos bola, kaos futsal dan kaos voli yaitu berupa hyget super, hyget serena dan hyget spandek.

Beberapa karakteristik paling khas yang terdapat pada kain hyget diantaranya:

  • Bahan kain hyget hadir dengan permukaan yang mengilap serta memiliki kecenderungan tidak mudah kusut. Setelah dicuci tampilan bahan hyget biasanya akan tetap rapi dan tidak memberikan kesan kusut berlebihan.
  • Dilihat dari sisi ketebalan kainnya, bahan hyget cukup nyaman dipakai sebagai bahan pakaian, walau sebenarnya tidak semua jenis kain hyget memiliki ketebalan yang sama. Kain hyget sendiri beberapa ada yang tebal namun ada pula yang sangat tipis.
  • Kain hyget yang tipis tentu membuat tubuh pemakainya mudah sekali kepanasan kala cuaca terik.
  • Selain itu tubuh juga akan mudah sekali kedinginan kala cuaca hujan atau saat cuaca sedang dingin.
  • Dibandingkan bahan kain kaos lainnya, bahan hyget sebenarnya memiliki daya serap keringat yang kurang baik dan membuat badan mudah kegerahan. Walau begitu ada juga hyget yang cukup baik untuk menyerap keringat seperti misalnya hyget super.
  • Bahan hyget dapat dijumpai dalam berbagai macam varian dan dipilih sesuai kebutuhan pamakainya.
  • Dilihat dari segi kualitas warnanya kain hyget termasuk cukup awet. Meski sudah digunakan untuk jangka waktu yang lama, warna pakaiannya akan tetap terlihat baru dan tampak bagus.

Sebagai bahan pembuatan kaos jersey, kain hyget secara umum tersedia dalam berbagai macam variasi bahan yang berbeda-beda. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa:

  • Bahan Hyget Super

Bahan hyget super atau hyget premium merupakan bahan kain yang memiliki tekstur lebih tebal dan rapi. Kain hyget yang berjenis super ini juga memiliki daya serap akan keringat yang lebih baik.

  • Bahan Hyget Serena

Bahan hyget serena termasuk ke dalam jenis bahan kain yang berkualitas memiliki tekstur yang rapi dan padat.

  • Kain hyget serena umumnya bersifat lentur, adem dan tebal.
  • Kain hyget serena menggunakan campuran nilon sehingga memiliki daya serap keringat yang cukup bagus.
  • Bahan kain hyget serena sering digunakan untuk kaos-kaos olahraga seperti jersey bola, futsal, voli, badminton dan sejenisnya.

Buat anda yang kebetulan ingin membuat kaos olahraga dari bahan kain hyget anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain dari kami.

Kaos Jersey Kaos Jersey

Sumber : https://fitinline.com/, https://www.lazada.co.id

3. Kain Lotto

Kain lotto merupakan sejenis bahan kain yang memiliki kemiripan dengan jersey, polyester atau campuran dari keduanya. Sebagai bahan kain yang berkualitas tinggi, kain lotto sebenarnya tersedia dalam dua varian yang berbeda yakni berupa kain lotto khusus dan kain lotto super.

Beberapa karakteristik paling khas yang terdapat pada kain lotto diantaranya:

  • Kain lotto memiliki karakteristik yang halus dan lemas (tidak kaku) sehingga akan terasa sangat nyaman dipakai untuk berbagai macam aktivitas.
  • Tekstur kain lotto terasa sangat lembut apabila dipegang dan cenderung bersifat elastis karena terdapat kandungan serat sintetik di dalamnya (spandeks atau poliester) tergantung tingkat kelenturan kain yang diinginkan.
  • Jika dilihat dari luar permukaan bahan kain lotto akan tampak seperti berongga tetapi bagian dalamnya begitu rapat menutup bentuk tubuh dengan sempurna. Hasil tenunannya rapat, nyaris tidak ada celah cahaya yang dapat melaluinya.
  • Kain lotto memiliki bobot relatif ringan dan ketebalannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.
  • Sebagai bahan kain yang menawarkan berbagai kelebihan dan kenyamanan, maka bahan lotto bisa diaplikasikan untuk berbagai jenis pakaian.
  • Bahan kain lotto tersedia dalam banyak pilihan warna, untuk satu jenis warna saja minimal terdapat tiga varian coraknya. Material ini umumnya dibuat polos tanpa motif kecuali untuk kebutuhan tertentu.
  • Dilihat dari segi kualitas warnanya kain lotto termasuk cukup awet. Meski sudah digunakan untuk jangka waktu yang lama, warna pakaiannya akan tetap terlihat baru dan tampak bagus.
  • Kain lotto terlihat simpel dikenakan bahkan untuk yang warnanya mencolok sekalipun. Kain ini juga populer dengan kemampuannya dalam menampilkan warna yang begitu kuat.
  • Kain lotto mudah menyerap keringat sehingga sangat cocok dipakai untuk berolahraga atau melakukan aktivitas lain yang banyak mengeluarkan keringat.

Berencana untuk membuat kaos olahraga dari bahan kain lotto?. Sebagai bahan referensi anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain dari kami.

Kaos Jersey Kaos Jersey

Sumber : https://fitinline.com/, https://www.amazon.com/

Kesimpulan

Dari berbagai jenis bahan kaos jersey di atas bisa dipilih mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan anda. Yang terpenting adalah selalu gunakan bahan kain yang memiliki karakteristik mudah menyerap keringat, tidak terasa panas, lentur, ringan, tidak mudah kusut, mudah dibersihkan dan membuat anda merasa nyaman saat memakainya.

  • Dengan menggunakan bahan kain yang memiliki daya serap keringat bagus kaos jersey yang dihasilkan akan senantiasa terasa nyaman saat dipakai.
  • Dengan adanya sirkulasi udara yang baik, kaos jersey akan memberikan efek lebih sejuk dan tidak panas saat digunakan berolahraga.
  • Sifat lentur yang terdapat pada kaos jersey akan membuat pemakainya tetap nyaman saat bergerak.
  • Bahan kaos jersey yang tidak mudah kusut akan selalu terlihat rapi meski sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama.
  • Kain yang mudah dibersihkan dan dikeringkan akan memudahkan penggunanya dalam melakukan perawatan kaos jersey.

Beberapa cara paling mudah yang dapat diterapkan untuk merawat kaos jersey diantaranya:

  • Disarankan mencuci kaos jersey secara manual jangan menggunakan mesin cuci.
    • Kaos jersey kurang cocok dicuci dengan mesin cuci karena kain drifit memiliki karakter padat dan berpori besar.
    • Supaya lebih awat sebaiknya cuci kaos jersey dengan cara manual yakni menggunakan tangan.
  • Jangan merendam kain jersey yang terlalu lama di dalam air yang dicampur detergen. Untuk mengangkat kotoran yang menempel pada kaos jersey waktu perendaman yang disarankan jangan sampai lebih dari 5 menit
  • Sebaiknya tidak memeras kaos jersey setelah proses pencucian, karena dapat menyebabkan kusut dan membuat sablon kaos menjadi rusak.
  • Untuk mengeringkan kaos jersey jangan menjemurnya dibawah terik sinar matahari langsung. Sebagai gantinya anda bisa menjemur kaos jersey dengan cara diangin-anginkan saja di tempat yang bersih dan tidak terpapar sinar matahari.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda dalam memilih bahan kaos jersey yang bagus dan tepat sesuai kebutuhan. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan kaos atau bahan lainnya untuk membuat pakaian anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.