Article

Homepage Article Kain Sejarah dan Perkembangan…

Sejarah dan Perkembangan Tote Bag

Seperti kita ketahui tote bag merupakan sejenis tas berbentuk persegi yang masuk kedalam kategori tas jinjing. Meski pada awalnya banyak dibuat dari bahan kain kanvas yang memiliki karakteristik tebal dan kuat namun pada perkembangannya tote bag tersebut mulai dibuat dari bahan sintetis, seperti nylon, bahan kulit, hingga bahan daur ulang yang sesuai dengan konsep green life.

Perkembangan Tote Bag

Sumber : http://yescincinnati.com/

Salah satu alasan mengapa tote bags tersebut banyak dipilih dan digemari oleh para wanita adalah karena harganya relatif terjangkau dan penggunaannya sangat praktis sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan. 

Perkembangan Tote Bag

Sumber : http://www.thedailystreet.co.uk/

Berdasarkan catatan sejarah keberadaan tote bag sendiri konon sudah dikenal sejak lama, tepatnya sejak abad ke 17. Hanya saja fungsi dan pemanfaatannya yang berbeda. Pada masa itu tote bag tidak diidentifikasikan sebagai tas melainkan alat untuk membawa barang-barang.

Perkembangan Tote Bag

Sumber : http://bpando.org/

Barulah pada tahun 1900 tote bag mulai didefinisikan sebagai sebuah tas dan mulai marak digunakan di Amerika sejak LL Bean’s mengeluarkan Boat Bag pada 1944. Tote bag berbahan kain kanvas yang di desain untuk pelaut ini secara garis besar memiliki bentuk yang kokoh dan cenderung sederhana.

Perkembangan Tote Bag

Sumber : http://www.pandaandpolarbear.com/

Sebenarnya pada tahun 1940an, totebag juga banyak digunakan oleh loper koran dan mahasiswa karena sederhana, praktis dan bersifat fungsional. Oleh sebab itulah tote bag tersebut juga pernah disebut sebagai “newsboy bags”.

Perkembangan Tote Bag

Sumber : http://www.notonthehighstreet.com/

Hingga akhirnya tote bag yang memiliki julukan lain "truly American classic bags" ini mulai digunakan sebagai tas tangan oleh para wanita pada tahun 1950an. Tote bag yang berkembang pada saat itu lebih banyak digunakan karena alasan fungsinya bukan karena faktor gaya. 

Perkembangan Tote Bag

Sumber : http://www.notonthehighstreet.com/

Barulah pada tahun 1960an tote bag mulai diperkenalkan sebagai bagian dari dunia fashion saat Bonnie Cashin mengeluarkan koleksi Cashin Carry Tote Bags yang praktis namun tetap terkesan trendy. 

Perkembangan Tote Bag

Sumber : http://www.notonthehighstreet.com/

Tampilannya yang simple dan jauh dari kesan berlebihan membuat tote bag semakin diminati oleh banyak orang sampai saat ini dan dapat diaplikasikan dalam berbagai macam gaya busana, bisa untuk acara santai, buat kerja atau dipadukan dengan dress.

Perkembangan Tote Bag

Sumber : http://megansteeledesign.blogspot.co.id/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.