Article

Homepage Article Kain 8 Alasan Mengapa Tas Canvas…

8 Alasan Mengapa Tas Canvas Wajib Dimiliki Semua Orang

Tas menjadi salah satu produk pelengkap fashion yang setiap tahun banyak mengalami perubahan desain. Khusus untuk anda yang punya kecintaan tersendiri dengan tas kain maka wajib bagi anda untuk memiliki tas canvas yang bersifat ramah lingkungan, ringan, mudah dilipat dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Pengertian Tas Canvas

Tas canvas merupakan salah satu jenis tas yang paling banyak digemari oleh anak muda karena memiliki begitu banyak kelebihan dibandingkan dengan bahan lain. Sifatnya yang kuat dan kokoh membuat tas canvas jua menjadikan tas canvas banyak diandalkan untuk berbagai keperluan seperti sekolah, belanja, bahkan travelling.

Tas Canvas

Sumber : https://www.jakartanotebook.com/

Untuk urusan model, tas yang dibuat dari bahan canvas secara umum dapat dijumpai dalam berbagai bentuk yang sangat beragam. Beberapa jenis tas yang dimaksud yakni berupa carrier, daypack, backpack, rucksack, totebag dan model tas lainnya yang memiliki nilai fungsional masing-masing.

Tas Canvas

Sumber : https://www.karl.com/

1. Tas Carrier

Tas carrier merupakan tas yang biasa dipakai oleh para pendaki atau traveler untuk membawa barang banyak dan berat. Penggunaan kain canvas sebagai bahan utama carrier bag juga menjadi salah satu alasan mengapa jenis tas ini sangat sesuai jika digunakan dalam kondisi apa pun.

  • Tas carrier umumnya didesain secara khusus untuk membawa barang yang banyak dan berat.
  • Tas carrier biasanya memiliki busa yang tebal pada bagian pundak dan punggung.
  • Tas carrier memiliki banyak kantong pada bagian luarnya dan ada juga tali khusus untuk menempelkan matras.
  • Ukuran tas carrier biasanya di tentukan dengan ukuran liter, mulai dari 40 liter hingga 100 liter.

Tas Canvas

Sumber : https://www.bukalapak.com/

2. Tas Daypack

Tas daypack memiliki fungsi hampir sama dengan tas carrier hanya saja ukuran dari tas ini jauh lebih kecil.

  • Tas daypack umumnya dibuat dalam ukuran 15 hingga 35 liter.
  • Tas daypack biasa digunakan pendaki untuk perjalanan yang santai dan tidak membawa perlengkapan yang terlalu banyak.
  • Tas daypack juga memiliki jahitan yang khusus agar kuat dan tidak cepat jebol.

Tas Canvas

Sumber : https://outdoorpros.ca/

3. Tas Backpack

Tas backpack termasuk ke dalam jenis tas punggung yang juga banyak dibuat dari bahan canvas. Tas ini biasanya dilengkapi dengan resleting sebagai penutup.

  • Tas backpack bentuknya ada yang kotak namun ada juga yang oval dengan resleting sebagai penutup.
  • Tas backpack biasanya juga disertai dengan beberapa bagian khusus untuk menyimpan laptop maupun smartphone didalamnya.

Tas Canvas

Sumber : https://www.aliexpress.com/

4. Tas Rucksack

Selain backpack ada juga jenis tas punggung yang dikenal dengan nama rucksack. Tas ini umumnya memiliki penutup tali dan menggunakan sistem serut.

  • Rucksack merupakan tas punggung yang memiliki penutup tali dan menggunakan sistem serut.
  • Desainnya memang terkesan kuno tapi justru disitulah nilai seninya.
  • Sistem tali pada tas rucksack memudahkan para penggunanya dalam mengambil barang yang berada dalam tas tersebut.

Tas Canvas

Sumber : https://www.woodsgrovebrooklyn.com/

6. Tas Totebag

Totebag merupakan salah satu jenis tas jinjing berbentuk kotak dan terbuka yang dilengkapi dengan dua buah tali pegangan pada bagian atasnya.

  • Tas totebag canvas dapat digunakan secara berulang-ulang dalam kurun waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan tas plastik.
  • Penggunaan tas totebag canvas bisasa mengurangi dan menanggulangi kerusakan lingkungan akibat sampah anorganik yang sulit di daur ulang.
  • Tas totebag canvas dapat dimanfaaatkan sebagai media promosi untuk sepatu atau produk lain.
  • Tas tote bag sangat sesuai jika digunakan dalam berbagai kegiatan seperti berbelanja, kuliah atau sekedar jalan-jalan.

Sesuai fungsi dan tujuan pemakaiannya tote bag sendiri tersedia dalam berbagai macam ukuran dan dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk membawa banyak barang.

  • Pilih ukuran 30 x 35 cm jika anda ingin mendapatkan tas totebag canvas yang sangat kecil.
  • Pilih ukuran 35 x 40 cm jika anda ingin mendapatkan tas totebag canvas yang sedang.
  • Pilih ukuran 60 x 50 cm jika anda ingin mendapatkan tas totebag canvas lumayan besar.

Tas Canvas

Sumber : https://www.pinterest.com/

Kelebihan Tas Canvas

Tertarik untuk menjadikan tas canvas sebagai tas andalan anda dalam berbagai macam gaya penampilan?. Berikut beberapa kelebihan tas canvas yang juga menjadi alasan mengapa anda wajib memiliki jenis tas yang satu ini.

1. Bahannya Sangat Kuat

Tas canvas umumnya memiliki karakteristik yang kokoh, kuat dan tidak mudah rusak. Dengan bahan yang tidak muda rusak, anda bahkan bisa menggunakan tas canvas secara berulang-ulang sebagai kantung belanja sehingga dapat meminimalisir penggunaan tas plastik yang merusak lingkungan.

Tas Canvas

Sumber : https://www.amazon.co.uk/

Terkait dengan bahan kain yang dapat digunakan untuk membuatnya, jadi pada dasarnya hampir semua jenis kain canvas baik itu yang dibuat dari bahan dasar katun maupun poliester bisa digunakan untuk membuat tas meski ada level kualitasnya.

  • Kain Canvas PE

Kain canvas PE adalah sejenis bahan kain yang terbuat dari serat poliester. Berdasarkan desain dan kegunaannya kain canvas PE ini masih bisa dibedakan lagi menjadi beberapa macam varian.

Kanvas PE merupakan kain yang terbuat dari serat poliester dan biasanya sering digunakan untuk keperluan digital print menggunakan teknik sublimasi.

Kain canvas signifo merupakan kain yang terbuat dari serat polyester sehingga teksturnya tebal dan kuat.

Kain canvas PE marsoto 10 oz memiliki tekstur yang tebal dan kuat dengan anyaman konstruksi 2/2 (marsoto).

Kain canvas doubling atau disebut juga canvas 12 oz memiliki memiliki tekstur yang cukup tebal.

Kain canvas plat atau disebut juga canvas 10 oz merupakan kain canvas yang memiliki tenunan rapat dan permukaan kainnya juga halus.

kain canvas infinity merupakan jenis kain canvas yang sering digunakan untuk keperluan upholstery namun pada perkembangannya juga mulai digunakan sebagai bahan tas.

Kain canvas SR-10 adalah jenis canvas yang biasa digunakan untuk keperluan outdoor, yang mempunyai sifat anti air, tahan noda dan kuat (tahan sobek).

Kain canvas waterproof merupakan jenis kain canvas dengan kualitas tinggi yang mempunyai lapisan anti air.

Kain canvas motif adalah jenis canvas yang cukup tebal dan kuat sehingga sangat cocok digunakan untuk membuat tas walau tidak memiliki sifat anti air.

  • Kain Canvas Katun

Kain canvas katun merupakan sejenis bahan kain yang terbuat dari serat katun. Berdasarkan desain dan kegunaannya kain canvas katun ini masih bisa dibedakan lagi menjadi beberapa macam varian.

Kain baby canvas merupakan salah satu kain dari keluarga canvas yang memiliki pori-pori lebih kecil sehingga permukaan kainnya terlihat lebih indah untuk dipandang.

Kain canvas marsoto merupakan jenis kain canvas yang terbilang cukup kuat dan tidak mudah robek. Ciri khas paling menonjol dari kain canvas marsoto yaitu memiliki bintik-bintik seperti tekstur kain cordura.

  • Kain canvas marsoto termasuk ke dalam jenis kain canvas yang cukup tebal dengan tekstur salur.
  • Kain canvas marsoto terbilang cukup kuat dan tidak mudah robek.

Kain canvas terpal termasuk ke dalam golongan kain canvas yang memiliki karakteristik tebal, kuat, tidak mudah robek.

2. Lebih Ramah Lingkungan

Tas canvas menjadi salah satu alternatif pelengkap fashion yang dikenal lebih ramah lingkungan karena aman digunakan dan dapat dicuci berulang-ulang. Tidak hanya terbatas pada tas belanja saja tapi kini tas canvas juga mulai banyak digunakan sebagai pembungkus product, souvenir, bahkan tas seminar.

  • Dengan memanfaatkan tas canvas sebagai kantung belanja maka anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar kantong plastik.
  • Selain berkontribusi terhadap gerakan peduli lingkungan, dengan cara ini anda juga bisa lebih menghemat uang jajan.
  • Tas canvas umumnya memiliki sifat yang lebih ramah terhadap lingkungan karena bisa dicuci dan dipakai berulang kali.

Tas Canvas

Sumber : https://denniswisser.com/

3. Ringan dan Mudah Dilipat

Tas canvas termasuk ke dalam jenis tas super praktis yang dapat dibawa untuk bepergian karena karakteristik bahannya sangat ringan, mudah dilipat dan tidak banyak memakan tempat.

  • Tas canvas memiliki tingkat fleksibilitas yang cukup tinggi dan sangat mudah dibawa kemana-mana karena sebagian besar didesain agar mudah dilipat.
  • Tas canvas tidak banyak memakan tempat sehingga cukup ringkas untuk diletakkan dimana saja termasuk saku pakaian.
  • Walaupun dilipat tas canvas tidak akan mudah kusut jadi anda tidak perlu repot-repot menyetrikanya.

Tas Canvas

Sumber : https://ninjaya.com/

4. Bersifat Multifungsi

Sebagai salah satu jenis tas yang bersifat multifungsi tas canvas umumnya dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Tidak hanya terbatas untuk tas belanja tapi tas canvas sendiri sebenarnya juga bisa digunakan untuk hangout, kuliah maupun traveling.

  • Selain menjadi tren fashion masa kini tas canvas yang fleksibel di segala situasi pada prinsipnya juga menjadi daya tarik tersendiri.
  • Buat anda yang punya hobi travelling, tas canvas benar-benar wajib anda miliki karena gampang dilipat dan tidak memakan banyak tempat di dalam koper.
  • Dimensi tas canvas yang lapang, memungkinkan anda untuk bawa banyak barang di dalamnya.

Tas Canvas

Sumber : https://www.jakartanotebook.com/

5. Desainnya Up-to-Date

Keunggulan lain dari tas canvas yang mungkin tidak dimiliki tas lain adalah soal desain. Selain dibuat dan dikembangkan sesuai permintaan pasar, desain dari tote bag juga bisa dipesan secara custom untuk menghasilkan tas yang limited edition.

  • Bentuk tas canvas memang “begitu-begitu saja” tapi soal desain jangan diremehkan.
  • Untuk mempercantik tampilan tas canvas anda bisa menambahkan berbagai macam gambar, tulisan sampai quote.

Tas Canvas

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Bisa Dijadikan Koleksi

Tas canvas cocok juga dijadikan untuk koleksi karena bahannya lumayan awet dan dapat digunakan dalam waktu lama asal dirawat dengan cara yang baik dan benar. Bahannya yang mudah dilipat membuat anda tidak perlu pusing kalau mau menyimpan koleksi tas canvas.

7. Perawatannya Sangat Mudah

Tas canvas umumnya memiliki bentuk yang sangat sederhana jadi cara perawatannya pun cukuplah mudah. Kalau tas lain mungkin butuh perawatan khusus agar tak merusak bahannya maka tas yang dibuat dari bahan canvas justru bisa dicuci layaknya pakaian biasa.

Tapi meskipun tas canvas tidak membutuhkan perawatan khusus, tidak ada salahnya jika anda tetap memperlakukan tas canvas dengan cara yang baik dan benar supaya dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

  • Selalu gunakan tas canvas sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas masing-masing tas supaya tidak cepat rusak.
  • Selalu gunakan teknik hand washing untuk mencuci tas canvas. Jika terpaksa menggunakan sikat sebaiknya pilih sikat yang berbulu halus untuk membersihkan bagian tas yang kotor.
  • Saat proses pencucian pastikan tas canvas tersebut dicuci dengan air bersih dan dibilas hingga tidak ada lagi kandungan sabun cuci yang tertinggal.
  • Untuk menghilangkan noda yang membandel pada tas canvas, anda bisa menggunakan sampo bayi.
  • Untuk menjaga warna tas agar tidak cepat pudar sebaiknya keringkan tas canvas di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari.
  • Setelah kering selanjutnya simpan tas canvas dalam wadah khusus yang kering, tertutup rapat, bersih dan terbebas dari debu.
  • Untuk mencegah bau tidak sedap yang ditimbulkan oleh jamur akan lebih baik jika anda memberikan kapur barus atau silica gel.
  • Khusus untuk tas canvas yang sudah tersimpan dalam waktu lama karena jarang digunakan, anda bisa sesekali mengeluarkannya untuk diangin-anginkan.

Tas Canvas

Sumber : https://www.boardingpassnyc.com/

8. Harganya Cukup Terjangkau

Dari segala keunggulan tas canvas, alasan inilah yang membuat banyak orang tertarik membeli tas canvas. Sebab jika dibandingkan dengan tas branded yang berharga fantastis, tentu tas canvas memiliki harga yang jauh lebih murah.

  • Tas canvas umumnya memang dijual dengan harga yang cukup terjangkau namun hal tersebut tidak menjadikan tas canvas lebih buruk dibanding dengan tas branded.
  • Dengan harga yang terbilang murah, tote bag mampu bertahan hingga bertahun-tahun asal dirawat dengan cara yang tepat.

Tips Memilih Tas Canvas

Berkeinginan untuk membeli tas canvas tapi masih bingung bagaimana hasus memilihnya. Jika anda ingin mendapatkan tas canvas yang benar-benar bagus selalu pastikan bahwa tas tersebut memiliki jalinan benang yang kuat dan kualitas jahitannya juga rapi.

  • Pilihlah bahan canvas yang berkualitas dan juga memiliki jalinan benang yang kuat. Jika serat-seratnya rapat dan tidak banyak berongga, hampir bisa dipastikan canvas tersebut berkualitas.
  • Jangan memilih tas canvas yang murah, namun pilihlah yang paling berkualitas. Dengan membeli tas canvas yang berkualitas baik maka anda bisa menghemat pengeluaran dalam jangka waktu lama.
  • Pilih tas canvas dengan bentuk atau desain yang sesuai dengan selera dan kebutuhan.
  • Telitilah kualitas jahitan antar bagian pada tas canvas. Pastikan tas canvas yang hendak anda beli memiliki jahitan bagus dan rapi sehingga akan tahan lama meskipun dipakai berulang-ulang.
  • Belilah tas canvas dari tempat yang sudah terpercaya. Dengan cara ini maka anda akan mendapatkan kualitas yang sesuai dengan harga.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan, bahwa selain bersifat kuat dan ramah lingkungan tas canvas sendiri umumnya juga memiliki banyak keunggulan. Dengan berbagai macam keunggulan yang dimilikinya maka bukan menjadi suatu hal yang aneh jika tas canvas tersebut menjadi item wajib yang harus dimiliki semua orang.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan kain canvas atau bahan lainnya untuk membuat produk pelengkap fashion anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.