Article

Homepage Article Desain Fesyen Rekomendasi Busana, Aksesoris…

Rekomendasi Busana, Aksesoris dan Make Up Untuk Menyambut Tahun Baru Imlek 2020

Siap menyambut tahun baru imlek 2020?. Pastikan anda sudah mempersiapkan segalanya dengan baik termasuk busana, make up dan aksesoris yang hendak anda kenakan pada perayaan imlek tahun ini. Tidak harus cheongsam, tapi beberapa jenis item fashion ini juga bisa anda pilih sebagai outfit andalan saat imlek lho.

Tahun Baru Imlek

ata imlek berasal dari dialek Hokkian yang berarti kalender bulan (lunar new year). Sebagai salah satu perayaan penting bagi orang Tionghoa, sebelum hari pertama tahun baru imlek ada tradisi dimana seseorang harus memotong rambut agar semua hal yang kurang baik di tahun sebelumnya tidak terbawa ke tahun berikutnya.

Selain memotong rambut, menggunakan pakaian baru di tahun baru imlek menurut tradisi Tionghoa  juga dipercaya bisa mendapatkan rezeki yang lebih untuk membeli dan menggunakan pakaian yang selalu barusepanjang tahun. Biasanya pakaian baru ini termasuk pakaian dalam, pakaian luaran hingga alas kaki.

Berbicara mengenai imlek maka anda pasti akan teringat akan salah satu unsur warna yang mendominasi yakni warna merah. Dipilihnya warna merah sebagai warna andalan saat imlek sebenarnya bukan tanpa alasan. Sebab dalam budaya Tionghoa warna ini dianggap memiliki makna khusus salah satunya yakni kebahagiaan.

  1. Warna merah merupakan unsur dari "yang".
  2. Warna merah dianggap sebagai warna panas sehingga diharapkan dapat memberikan suasana kebahagiaan.
  3. Warna merah menjadi simbol pengharapan agar segala kesedihan di tahun lalu akan tergantikan dengan kebahagiaan di tahun yang baru.
  4. Warna merah juga dianggao sebagai simbol kebaikan hati, kebenaran dan ketulusan hati.
  5. Karakter "merah" atau hung" identik dengan karakter "makmur sehingga warna ini banyak digemari oleh orang Tionghoa terutama ketika merayakan tahun baru imlek.

Selain warna merah sebetulnya ada juga warna lain yang biasa ditampilkan saat perayaan imlek yakni warna kuning dan emas meski penggunaannya pada pakaian dan aksesoris tidak sebanyak warna merah. Sama halnya dengan warna merah, warna kuning dan emasdalam budaya Tionghoa juga dianggap sebagai lambang kemakmuran.

Busana Untuk Imlek

Ingin berpatisipasi di dalam perayaan imlek tapi masih suka bingung harus mengenakan busana yang seperti apa?. Untuk memudahkan anda dalam mencari outfit dan menentukan padupadannya berikut kami bagikan beberapa inspirasi fashion wanita yang bisa anda pilih untuk membuat tahun baru imlek jadi lebih stylish.

1. Cheongsam

Cheongsam yang dikenal dengan sebutan lain qipao merupakan salah satu jenis busana tradisional Tionghoa yang sudah ada sejak dinasti Qing. Dengan motifnya yang bervariasi model baju yang satu ini sangat cocok jika dikenakan untuk berbagai acara, baik formal maupun casual.

Busana Imlek

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Sebagai pelengkap busana wanita, cheongsam ini umumnya memiliki siluet pas di badan dengan ukuran panjang hingga sebatas mata kaki, bagian betis atau sebatas lutut.

  • Bagi anda yang memiliki tubuh tinggi anda bisa memilih baju cheongsam dengan panjang hingga semata kaki.
  • Bagi anda yang memiliki bentuk tubuh sedang anda bisa memilih cheongsam dengan panjang hingga bagian betis.
  • Sementara bila anda memiliki bentuk tubuh yang cenderung mungil anda bisa mengenakan baju cheongsam dengan model selutut.

Menemukan sedikit kesulitan saat memilih cheongsam?. Simak kembali pembahasan mengenai Cara Memilih Busana Cheongsam Yang Sesuai Dengan Bentuk Tubuh Anda.

Busana Imlek

Sumber : https://shopee.com.my/

Mengenakan cheongsam merupakan wujud melestarikan budaya yang patut untuk dikembangkan, terlebih lagi motif-motif oriental yang diaplikasikan pada cheongsam ini sebagian besar juga memiliki makna tersendiri.

  • Selama lebih dari 5000 tahun bunga peoni menjadi simbol kekayaan dan kesejahteraan.
  • Dalam tradisi China bunga teratai dianggap sebagai lambang pengorbanan yang sakral. Sementara dalam kepercayaan Tibet diartikan sebagai simbol kecantikan yang suci.
  • Bagi masyarakat China bunga krisan merupakan perlambang panjang umur.
  • Burung sebagai simbol kecantikan dan kemurnian. Motif burung juga sering dianggap sebagai perlambang kelas sosial pemakainya.
  • Selain bunga peoni ikan juga menjadi lambang kesejahteraan masyarakat Tionghoa.
  • Sementara motif naga pada baju cheongsam diartikan sebagai lambang kekuatan.

Busana Imlek

Sumber : https://id.pinterest.com/

Khusus untuk anda yang ingin menjadikan cheongsam sebagai baju imlek tapi masih bingung memilih bahan kainnya maka anda bisa memilih kain sutra, kain satin dan brokat yang memiliki kesan mewah dan menawan sebagai bahan utamanya.

a. Kain Sutra

Kain sutra merupakan serat tekstil yang paling berkualitas diantara semua serat tekstil yang ada. Kain ini menawarkan kenyamanan, kelembutan, kemewahan serta kesan elegan sehingga sangat cocok jika dipakai untuk membuat cheongsam.

b. Kain Satin

Kain satin merupakan sejenis bahan kain yang memiliki ciri khas halus dan licin pada bagian permukaannya. Seperti halnya jenis kain yang lain, kain satin sendiri sebenarnya juga memiliki banyak keunggulan.

  • Kain satin terlihat mewah serta mahal karena permukaan bahannya yang berkilau serta mengkilap.
  • Kain satin cocok digunakan untuk membuat cheongsam yang bernuansa formal.
  • Kain satin memiliki tektur yang lembut serta halus saat disentuh.
  • Kain satin memiliki tampilan yang sangat mewah dan elegan.
  • Kain satin termasuk kedalam jenis bahan kain yang tidak panas dipakai.
  • Pilihan warnanya sangat banyak dan ketersedian bahannya cukup melimpah.

c. Kain Brokat

Kain brokat merupakan sejenis kain yang kaya akan dekorasi. Pola yang ditampilkan pada kain brokat pun sangat beragam bisa terdiri dari pola bunga, tanaman, serta unsur alam lainnya.

Butuh bahan kain satin berkualitas dengan harga murah untuk membuat cheongsam?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain satin kami Di Sini.

2. Dress Warna Merah

Selain mengenakan cheongsam, anda juga bisa memilih dress dengan warna serba merah lho. Jadi jika anda merasa kurang cocok mengenakan cheongsam yang berkerah tegak, maka anda bisa mengakalinya dengan memilih dress yang berwarna merah agar tidak meninggalkan ciri khas baju Imlek.

  • Sebagai pengganti cheongsam anda bisa memadukan dress dan blazer berwarna merah yang dihias dengan bordir bunga krisan, kupu-kupu, lotus maupun ornamen lain yang menjadi ciri khas budaya Tionghoa.
  • Untuk mempertegas kesan mewah anda bisa memilih dress berwarna merah yang dibuat dari bahan kain satin, kain thaisilk atau bahan kain lain yang sejenis.

3. Jumpsuit Warna Merah

Pernah mengenakan jumpsuit saat merayakan imlek?. Untuk mendapatkan tampilan yang modis dan stylish coba sesekali kenakan jumpsuit yang berwarna merah. Meski terkesan sedikit mencolok, penggunaan jumpsuit warna merah ini akan membuat tampilan anda menjadi stunning dan jauh dari kesan norak lho.

Busana Imlek

Sumber : https://www.8days.sg/

4. Baju Batik

Busana tradisional Cina dengan corak Batik juga sangat sesuai jika dijadikan sebagai outfit andalan saat perayaan Imlek. Tidak hanya menarik dari segi tampilannya saja namun busana bernuansa batik tentu akan menjadi primadona tersendiri.

  • Menggunakan baju batik sebagai outfit andalan saat imlek menjadi salah satu alternatif pilihan paling tepat yang bisa anda coba untuk mendapatkan kesan lebih formal.
  • Pilihlah baju batik dengan motif dan warna yang sudah memiliki perpaduan oriental sehingga suasana tahun baru imlek bisa lebih hidup lewat busana yang anda kenakan.

Busana Imlek

Sumber : http://zallatra.com/

5. Blus Warna Merah

Sebagai salah satu jenis busana wanita yang memiliki desain cukup simple blus juga dapat dikenakan untk menghadiri perayaan tahun baru imlek. Supaya blus yang anda pilih makin sesuai dengan tema imlek maka sebaiknya pilih blus wanita dengan warna merah yang memiliki arti kebahagiaan dan juga keberuntungan.

  • Saat tahun baru imlek hindari mengenakan busana yang berwarna hitam dan putih karena keduanya memiliki arti berkabung.
  • Untuk anda yang lebih suka tampil feminim coba padukan blus dengan rok atau celana bahan agar tampilan anda makin terkesan elegan.

Busana Imlek

Sumber : https://www.tinkerlust.com/

Tertarik untuk membuat blus wanita sendiri tapi masih bingung harus mulai dari mana?. Kalau mau cara yang lebih praktis maka anda bisa mendownload pola blus wanita dari kami.

Blus wanita yang satu ini secara umum memiliki desain yang cukup simple karena dibuat sesuai pola dasar blouse.

Pola blus variasi ala Raisa merupakan pola blus wanita yang dilengkapi dengan aksen godet pada bagian bawahnya untuk menambah kelonggaran sekaligus sebagai variasi baju blus wanita.

Pola blus wanita dewasa dengan ukuran SNI merupakan pola blus wanita lengan panjang yang dibuat dengan ukuran sesuai SNI.

6. Celana Warna Merah

Selain blus wanita, warna merah yang sangat identik dengan nuansa imlek juga bisa anda tampilkan melalui celana.
Pilih celana dengan material yang lebih tebal supaya tampilan anda jauh dari kesan berlebihan.

  • Untuk menegaskan formal anda bisa mengenakan busana penutup tubuh bagian atas yang sedikit dramatis seperti blus dengan lengan bell bottoms, ruffle atau off shoulder.
  • Sebagai referensi lain anda juga bisa memadupadankan celana berwarna merah dengan blazer serta baju bermotif sebagai dalamannya.

Busana Imlek

Sumber : https://lovebonito.co.id/

Khusus untuk anda yang ingin tampil gaya dengan celana berwarna merah tapi belum menemukan model dan ukuran yang pas mungkin ide membuat celana sendiri bisa menjadi pilihan paling tepat yang bisa anda coba.

Beberapa contoh pola yang dapat anda pakai sebagai acuan dalam membuat celana diantaranya berupa pola celana formal wanita, celana kerut serta celana wanita dengan model kulot.

Pola celana panjang wanita merupakan pola celana panjang formal yang biasanya dikenakan oleh wanita dewasa. Berikut standar ukuran untuk celana panjang wanita di Fitinline.

Ukuran Celana Wanita

Pola celana kerut all size merupakan pola celana wanita dengan model longgar yang dilengkapi dengan karet elastis untuk bagian pinggangnya.

Pola celana kulot merupakan pola yang bisa anda pakai untuk membuat celana wanita dengan model kulot yang terkesan keren.

7. Cardigan Warna Merah

Cardigan merah dapat dijadikan sebagai outfit andalan bagi anda yang mau tampil fashionable saat tahun baru imlek. Dengan desainnya yang longgar cardigan dapat dipakai sebagai luaran dari sebuah busana penutup tubuh bagian atas dengan tujuan untuk menambah pesona dan pepenampilan anda.

Busana Imlek

Sumber : https://www2.hm.com/

8. Kebaya Encim

Kebaya encim dengan bordir krancang sangat cocok digunakan untuk anda yang ingin tampil klasik pada perayaan tahun baru imlek. Sebagai padanannya tambahkan kain bermotif bunga krisan khas Tiongkok yang memiliki ukuran panjang hingga sebatas betis dan diikatkan di bagian depan.

Busana Imlek

Sumber : https://shopee.co.id/

Kebaya Encim sendiri merupakan jenis kebaya dengan kerah berbentuk V yang berhiaskan bordiran hingga sampai bawah. Dilihat dari sejarahnya kebaya encim sebenarnya merupakan jenis kebaya yang diperoleh dari persilangan antara budaya Cina dan budaya Indonesia yang masuk lewat jalur perdagangan.

9. Coat Warna Merah

Coat warna merah menjadi salah satu item fashion paling sempurna yang bisa anda kenakan untuk mengubah tampilan anda yang feminim jadi sedikit boyish. Bila anda ingin menggunakan coat merah saat imlek anda bisa memadukannya dengan dalaman kaos dan juga celana yang berwarna senada.

Busana Imlek

Sumber : https://shopee.co.id/

10. Aksesoris

Tanpa harus memakai busana bernuansa merah anda sebenarnya juga bisa tetap tampil modis dan stylish dalam setiap perayaan imlek. Caranya yakni dengan memasukkan unsur merah pada tas, sepatu maupun aksesoris yang anda pakai sebagai pelengkap penampilan.

  • Hindari memakai aksesoris selain merah apalagi hitam dan putih karena warna tersebut memiliki arti berkabung.
  • Penggunaan tas, sepatu maupun aksesoris yang berwarna merah dapat menambah kesan anggun pada tampilan anda.

Busana Imlek

Sumber : https://www.dreamstime.com/

11. Makeup

Setelah menentukan busana dan aksesoris yang hendak anda pakai pada perayaan imlek, pikirkan pula tata rias yang sesuai dengan tema busana anda. Kalau anda kurang begitu suka memakai make up yang tebal cukup gunakan makeup minimalis pada wajah anda.

  • Sebisa mungkin gunakan warna-warna makeup yang senada dengan warna busana.
  • Untuk mempertegas penampilan anda bisa bereksperimen dengan red lipstik dan eyeshadow berwarna gold yang lembut.
  • Pemilihan warna yang senada dengan busana dan aksesoris akan menunjukkan keanggunan anda yang sesungguhnya.
  • Tapi kalau anda termasuk orang yang berani tampil beda sesekali berkreasilah dengan rias wajah modern agar wajah anda tetap terlihat segar dan lebih menarik untuk dipandang.

Busana Imlek

Sumber :https://review.bukalapak.com/

12. Tatanan Rambut

Hal penting berikutnya yang perlu anda perhatikan ketika hendak menghadiri perayaan tahun baru imlek yaitu tatanan rambut.
Jika anda ingin mendapatkan tampilan yang sedikit formal tata rambut anda ke dalam bentuk sanggul chignon yang cantik dan klasik.

  • Kalau mau tampil lebih casual sebaiknya gerai saja rambut anda.
  • Jika ingin penampilan yang lebih rapi kepang rambut bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat.

Busana Imlek

Sumber :  http://www.9fuda.com/

Demikian pembahasan singkat mengenai rekomendasi beberapa jenis busana, aksesoris dan make up yang bisa anda pilih untuk menyambut tahun baru imlek 2020. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik seputar desain fashion yang tidak kalah menarik simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.