Article

Homepage Article Desain Fesyen Unik dan Kreatif, Berikut…

Unik dan Kreatif, Berikut Kumpulan Ide Produk Fashion Yang Bisa Dibuat Dari Kain Lurik

Dikenal sebagai salah satu bahan kain yang memiliki tampilan sederhana namun sarat akan makna, kini kain lurik juga mulai banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan berbagai item fashion yang trendy lho. Warna lurik yang diaplikasikan juga lebih bervariasi dan berani seperti merah, biru, hijau, hingga ungu.

Pengertian Kain Lurik

Kain lurik merupakan salah satu kain tradisional Indonesia yang memiliki motif sangat khas. Ditinjau dari asal bahasanya kata “lurik” sendiri sebenarnya masih memiliki keterkaitan dengan satu kata dalam bahasa Jawa lorek dan lirik-lirik, yang berarti bergaris-garis tetapi kecil-kecil (ukuran garis tidak boleh lebih dari 1 cm).

Kain Lurik

Sumber : https://ajourneybespoke.com/

Bila ditelusuri lebih jauh lagi lurik memang bergaris klasik, sehingga motif ini tidak lekang oleh zaman. Corak yang ditampilkan pada kain tradisional lurik pun sebenarnya hanya terdiri atas tiga motif dasar lho. Motif yang dimaksud yakni berupa: 

  1. Motif lajuran dengan corak garis-garis panjang searah sehelai kain.
  2. Motif pakan malang yang memiliki garis-garis searah lebar kain.
  3. Motif cacahan adengan corak kecil-kecil.
  4. Meski demikian ada pula pendapat lain yang menyebutkan bahwa lurik tak selalu bercorak garis. Sifat lurik yaitu benang yang digunakan dari katun bercorak garis, kotak-kotak, ataupun polos.

Kain Lurik

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Jika dulunya kain lurik itu hanya didominasi oleh warna hitam, putih atau kombinasi keduanya maka sejalan dengan pertumbuhan industri fashion, kain lurik juga mengalami banyak kemajuan yang begitu pesat sahabat Fitinline. Terbukti saat ini bisa jumpai juga berbagai sentuhan warna baru pada kain lurik yang lebih bervariasi.

Kain Lurik

Sumber : https://ajourneybespoke.com/

Karena proses pewarnaan lurik dimulai dari benang, kain tenun lurik juga memiliki kelebihan yaitu warna kainnya bolak balik sama. Khusus untuk kain tradisional lurik yang masih baru teksturnya memang agak kasar dan kaku. Namu setelah digunakan beberapa lama, teksturnya akan berubah menjadi lebih lembut.

Kreasi Kain Lurik

Buhan hanya menarik dari segi tampilannya saja, dari waktu ke waktu pemanfaatan kain lurik pun juga semakin luas. Bila pada awalnya kain lurik hanya digunakan sebagai bahan pakaian saja, namun kini kreasi kain lurik juga semakin luas termasuk untuk bahan baku utama pembuatan produk fashion yang kreatif dan unik.

Kutu Baru

Dalam beberapa tahun terakhir kebaya kutu baru memang menjadi salah satu jenis busana tradisional yang paling dicari oleh banyak wanita. Dengan ciri khasnya yang unik yakni dilengkapi dengan sepotong kain yang menghubungkan lipatan sisi kiri dan kanan dada kebaya kutu bru juga bisa dibuat dari bahan kain lurik lho.

Kain Lurik

Sumber : https://sosyol.com/

Dipilihnya kain lurik sebagai bahan kebaya kutu baru sebenarnya bukan tanpa alasan. Sebab selain memiliki tampilan yang menarik, kain tenun lurik ini juga memiliki nilai filosofis tersendiri yang tersembunyi di balik keindahan motifnya. Filosofi sehelai kain lurik hampir semuanya tercermin dalam corak dan warna kain lurik.

Kain Lurik

Sumber : https://jogjabatik.co.id/

Untuk anda yang ingin membuat kebaya kutu baru dari kain lurik tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya anda bisa mendownload Pola Kebaya Kutu Baru dari kami Di Sini. Pola kebaya kutu baru yang ada di Fitinline tersedia dalam bentuk file pdf, dengan masing-masing pola terpisah per ukuran.

Rok Wanita

Rok wanita menjadi item fashion berikutnya yang saat in juga mulai memanfaatkan kain tradisional lurik sebagai bahan utamanya. Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita rok sendiri dapat dibedakan berdasarkan siluet maupun ukuran panjangnya. 

  1. Berdasarkan siluet atau bentuknya, desain rok wanita dapat dibedakan menjadi rok dari pola dasar, rok span dan semi span, rok pias, rok kerut, rok kembang atau rok klok, rok lipit, dan rok bertingkat.
  2. Berdasarkan ukuran panjangnya, model rok yang biasa dikenakan oleh wanita dapat dibedakan menjadi beberapa macam. Diantaranya berupa rok micro, rok mini, rok kini, rok midi, rok maxi dan rok floor.

Kain Lurik

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Celana Kulot

Celana kulot dapat didefinisikan sebagai salah satu jenis celana wanita dengan bentuk seperti pipa yang melebar kebawah. Jika kebanyakan celana kulot yang berkembang jaman dulu biasa dibuat dari bahan kain yang polos belakangan celana kulot dengan motif lurik juga mulai banyak dilirik oleh banyak anak muda.

Kain Lurik

Sumber : https://www.zalora.co.id/

Ingin membuat celana kulot sendiri tapi masih kesulitan untuk menggambar polanya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa mendownload Pola Celana Kerut All Size dan Pola Celana Kulot Wanita yang memakai resleting dari kami. Berikut standar ukuran celana kulot di Fitinline.

Blus Wanita

Blus merupakan busana penutup tubuh bagian atas wanita yang memiliki desain cukup simple dan dapat dibuat dari berbagai macam kain salah satunya yakni berupa kain lurik. Selain digunakan untuk keperluan formal blus wanita yang dilengkapi dengan berbagai detail unik juga dapat dipakai untuk kesempatan casual lho. 

Kain Lurik

Sumber : https://www.zalora.co.id/

Tertarik untuk membuat baju lurik dengan model blus tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload pola blus wanita dari kami.

1. Pola Blus Wanita

Blus wanita yang satu ini secara umum memiliki desain yang cukup simple karena dibuat sesuai pola dasar blouse.

2. Pola Blus Variasi Ala Raisa

Pola blus variasi ala Raisa merupakan pola blus wanita yang dilengkapi dengan aksen godet pada bagian bawahnya untuk menambah kelonggaran sekaligus sebagai variasi baju blus wanita.

3. Pola Blus Wanita Dewasa Ukuran SNI

Pola blus wanita dewasa dengan ukuran SNI merupakan pola blus wanita lengan panjang yang dibuat dengan ukuran sesuai SNI.

Dress

Dress wanita dengan corak bergaris atau simetris banyak dipilih karena desainnya yang simpel namun tetap elegan. Sekalipun dari segi tampilan tampak biasa saja sebenarnya dress yang dibuat dari kain tradisional lurik ini juga sangat cocok dikenakan untuk berbagai acara asal pemilihan padupadannya juga sudah tepat.

Kain Lurik

Sumber : https://beautynesia.id/

Jumpsuit

Mencari model baju yang bagus dipakai untuk hangout, kuliah atau sekedar bersantai di rumah?. Khusus untuk anda yang suka berpenampilan simple tapi ingin tetap terkesan elegan mungkin anda bisa menjadikan jumpsuit berbahan kain tenun lurik sebagai item fashion andalan anda dalam berbagai kesemptan.

Kain Lurik

Sumber : https://shopee.co.id/

Jumpsuit sendiri merupakan sejenis pakaian terusan yang diperoleh dari penggabungan blus dan celana panjang. Desainnya yang lurus dan menyatu mulai dari bagian leher sampai kaki menjadi ciri paling khas dari jumpsuit yang membedakannya dengan model baju yang lain.

Kain Lurik

Sumber : https://berrybenka.com/

Berdasarkan desain dan variasinya model dan variasi jumpsuit yang ada dipasaran pun dapat dibedakan menjadi beberapa macam kategori, beberapa diantaranya:

  1. Shirt jumpsuit yang memiliki bentuk layaknya kemeja biasa, yakni baju bagian atasnya dilengkapi dengan kerah sementara bagian bawahnya tetap menggunakan kombinasi celana.
  2. Tube jumpsuit yang berpotongan cukup seksi karena memiliki bentuk seperti kemben di bagian atasnya.
  3. Off shoulder jumpsuit yang diperoleh dari perpaduan blouse yang terbuka di bagian bahunya dengan celana. Cocok dikenakan oleh wanita yang suka dengan tema vintage atau bohemian.
  4. One shoulder jumpsuit yang memiliki potongan terbuka di salah satu bahu karena hanya satu saja lengan yang dimilikinya.
  5. Harem jumpsuit dengan detail lebar dibagian pinggang dan paha namun desainnya dibuat ketat di bagian mata kaki.
  6. Hot pants jumpsuit yang diperoleh dari kombinasi blouse wanita dengan celana pendek yang panjangnya tidak lebih dari sebatas paha.
  7. Oversize jumpsuit dengan model yang longgar sehingga akan terasa sangat nyaman ketika dipakai beraktivitas seharian.
  8. Overall jumpsuit dengan desain unik yang diperoleh dari modifikasi overall dengan celana.

Pouch

Pouch dapat didefinisikan sebagai sebuah kantung yang dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang dalam berbagai macam ukuran. Bagi sebagian wanita khususnya pouch ini sering digunakan untuk menyimpan make up agar mudah dibawa bepergian.

Kain Lurik

Sumber : https://tzeza.co.id/

Tertarik untuk membuat kreasi pouch dari bahan kain lurik?. Untuk membuat kreasi pouch dari kain lurik sendiri bahan-bahan yang harus dipersiapkan diantaranya:

  1. Satu lembar kain lurik untuk bagian luar pouch.
  2. Satu lembar kain polos untuk bagian dalam pouch.
  3. Satu buah ritsleting biasa.

Sementara peralatan yang dibutuhkan untuk membuat pouch yaitu berupa mesin jahit, benang, jarum jahit, jarum pentul, gunting dan setrika.

Selesai menyiapkan alat dan bahan seperti yang sudah disebutkan di atas sekarang saatnya bagi anda untuk mulai menjahit pouch dengan urutan sebagai berikut:

  1. Mula-mula ukur terlebih dahulu panjang ritsleting yang telah anda siapkan. Ukuran ini nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam memotong bahan kain.
  2. Gambar pola pouch secara langsung di atas bahan kain lurik kemudian potong dengan gunting yang tajam. tapi sebelumnya tambahkan kampuh sebesar 1 cm pada masing-masing sisinya.
  3. Ulangi langkah diatas untuk memotong bahan pelapis bagian dalam pouch. Supaya ukurannya sama, anda bisa menjiplak potongan bahan lurik yang telah diperoleh dari langkah sebelumnya.
  4. Pasangkan zipper pada salah satu ujung bahan kain lurik dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan kemudian letakkan bahan kain yang anda siapkan sebagai pelapis di atasnya.
  5. Jahit lurus tumpukan bahan kain beserta ritsleting tersebut secara bersamaan. Untuk memudahkan proses menjahit, gunakan sepatu khusus untuk memasang ritsleting.
  6. Dengan cara yang sama, jahit bahan kain dan ritsleting yang terdapat pada sisi lain dari pouch, jika sudah sekarang saatnya untuk menjahit bagian samping pouch. Tapi ingat sisakan sedikit celah membalik pouchnya.
  7. Rapikan sisa benang dan kain yang bertiras dengan menggunakan bantuan gunting, kemudian balikkan pouch secara bertahap.  
  8. Setelah pouch terbentuk secara sempurna sahabat Fitinline tinggal menyetrika pouch tersebut supaya terkesan sedikit lebih rapi.

Kain Lurik

Sumber : https://www.picuki.com/

Dompet

Dompet berbahan kain tenun lurik sangat cocok untuk anda pakai sebagai pelengkap penampilan karena motifnya yang eksklusif sudah tidak memerlukan tambahan ornamen lain yang ramai.

Kain Lurik

Sumber : https://tzeza.co.id/

Bandana

Bandana merupakan salah satu aksesoris legendaris berbentuk segitiga atau persegi yang dapat dibuat dari berbagai macam jenis bahan kain bisa berupa kain polos, kain tradisional lurik maupun kain yang lainnya. Cara penggunaannya dapat diikatkan di sekeliling kepala dengan tujuan untuk perlindungan atau sekedar hiasan.

Kain Lurik

Sumber : https://shopee.co.id/

Ikat Rambut

Ikat rambut termasuk ke dalam salah satu jenis aksesoris wanita yang didesain untuk mengikat rambut. Sama halnya dengan bandana, bahan yang dipakai untuk membuat ikat rambut biasanya ada yang berasal dari kain tradisional lurik. Selain membuat rambut tampak rapi, ikat rambut juga akan menghadirkan kesan seru pada gaya pemakainya.

Kalung

Kalung yang cantik dan terkesan etnik tidak melulu harus terbuat dari batu mulia. Namun bisa jadi kalung nan elegan diciptakan dari sisa kain tradisional Indonesia sepert misalnya kain tenun lurik. Selain memiliki nilai jual yang tinggi pemanfaatan sisa kain lurik ini juga bisa mengurangi penumpukan sampah kain.

Kain Lurik

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Bila anda ingin membuat kreasi kalung sendiri tapi belum menemukan model yang bagus, maka sahabat Fitinline bisa mencoba tips membuat Kreasi Kalung Cantik Dari Kombinasi Beads dan Kain Perca.

Gelang

Gelang merupakan sebuah perhiasan melingkar yang biasa diselipkan atau dikaitkan pada pergelangan tangan seseorang. Jika biasanya sebuah gelang banyak dibuat dari berbagai macam material logam kini telah dikembangkan pula gelang dari bahan kain tradisional salah satunya yakni berupa kain lurik yang sangat terkenal.

Kain Lurik

Sumber : https://www.olx.co.id/

Clutch

Clutch merupakan sejenis tas tangan yang memiliki bentuk seperti dompet hanya saja ukurannya cenderung lebih panjang. Dengan kesannya yang lebih chic dan juga mewah clutch lurik sangat cocok digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan wanita ketika menghadiri acara pesta atau semi formal lainnya.

Kain Lurik

Sumber : https://www.novica.com/

Supaya clutch lurik kesayangan anda tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya pastikan cara merawatnya sudah baik dan benar ya. Beberapa langkah sederhana yang bisa anda coba untuk merawat clutch berbahan lurik diantaranya:

  1. Sebisa mungkin segera bersihkan clutch yang terkena kotoran sebelum anda menyimpannya kembali di dalam rak penyimpanan.
  2. Simpan clutch dengan posisi berdiri dan disandarkan dengan clutch-clutch lainnya, jangan menyimpannya dalam posisi ditumpuk.
  3. Bila anda memiliki koleksi lebih dari satu clutch, sebaiknya gunakan clutch tersebut secara bergantian agar tampilannya jadi lebih awet.

Tas Lurik

Tas lurik dalam model backpack, ransel maupun tas selempang menjadi salah satu item fashion yang dapat anda pilih sebagai pelengkap penampilan formal maupun casual. Jika anda termasuk orang yang gemar melakukan travelling maka memilih tas dari bahan kain lurik bisa menjadi pilihan paling tepat yang bisa anda coba.

Kain Lurik

Sumber : https://www.picbear.org/

Sepatu

Sepatu kombinasi kain tenun lurik menjadi pilihan yang tepat untuk anda yang suka bergaya klasic dan vintage. Jika sebelumnya kain lurik itu kerap dianggap sebagai bahan kain yang jadul kini dalam bentuk sepatu lurik justru banyak digadrungi oleh banyak anak muda sebagai pelengkap gaya penampilan yang fashionable.

Kain Lurik

Sumber : https://shopee.co.id/

Sarung Bantal

Selain dimanfaatkan untuk membuat berbagai produk pakaian, kerajinan dan aksesoris, kain tenun lurik sebenarnya juga dapat dipakai untuk membuat produk pelengkap rumah tangga lho. Produk yang dimaksud diantaranya berupa sarung sofa, taplak meja, sarung bantal sofa gorden serta beberapa benda unik lainnya.

Kain Lurik

Sumber : https://shopee.co.id/

Demikian pembahasan singkat mengenai pengertian kain tenun lurik dan kreasinya dalam produk fashion yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga artikel yang kami bagikan bisa menjadi sumber inspirasi bagi anda untuk lebih mencintai kain tradisional Indonesia khususnya kain lurik ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.