Article

Homepage Article Kain Rekomendasi Bahan Terbaik…

Rekomendasi Bahan Terbaik Untuk Cushion Sofa

Bantal cushion menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari sofa. Untuk mempercantik tampilannya agar lebih menarik, bantal cushion ini biasa dibuat dalam ukuran yang tidak terlalu besar dan lebih banyak bermain pada aksen atau motif dari cover cushion / sarung bantal.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Cushion Sofa

Bantal sofa yang lebih popular dengan sebutan cushion merupakan sejenis bantal yang didesain khusus untuk melengkapi kehadiran sofa. Fungsi utamanya yaitu sebagai sarana atau alat untuk menopang tubuh saat bersandar dan duduk disofa.

  • Bantal cushion akan membuat sofa yang polos menjadi lebih menarik.
  • Bantal cushion bisa menjadi titik pusat perhatian yang menambah manis penampilan dari sebuah ruangan.
  • Keberadaan cushion akan menambah rasa nyaman pada sebuah sofa.
  • Bantal cushion dapat dipakai sebagai alas kepala saat ingin rebahan di sofa.

Untuk memperindah tampilan sofa, bantal cushion sendiri biasanya banyak dibuat dalam bentuk bujur sangkar, ukurannya tidak terlalu besar dan lebih banyak bermain pada aksen sarung bantal. Meski demikian ada juga yang diciptakan dalam bentuk lain seperti bintang, hati dan awan.

Bahan Pembuatan Cushion

Berbicara mengenai bantal sofa, penting untuk diketahui bahwa bahan yang dipakai untuk membuat bantal cushion sendiri secara umum terbagi dalam beberapa kategori utama.

  • Pertama lapisan bagian dalam yang dikenal juga dengan sebutan inner cushion.
  • Kedua lapisan bagian luar yang disebut cushion cover.
  • Terakhir yakni berupa isian cushion.

Inner Cushion

Inner cushion berfungsi sebagai pembungkus dakron agar tidak perlu dikeluarkan dari dalam kantong apabila cover luarnya akan dicuci.

Beberapa jenis kain yang digunakan untuk inner bantal cushion diantaranya:

  • Kain Furing Peles yang memiliki karakteristik mengkilap, tipis dan sangat ringan.
  • Kain furing PC yang ringan, lembut dan teskturnya mirip kain fleece tetapi lebih tipis.
  • Kain furing tafeta memiliki karakteristik tipis, tidak mudah kusut, tahan lama dan mudah dicuci.

Cushion Sofa

Sumber : https://www.indiamart.com/

Cover Cushion Sofa

Cover bantal sofa / cushion sofa berfungsi untuk melindungi lapisan dalam bantal supaya tidak mudah kotor. Bahan yang digunakan untuk lapisan luar ini biasanya lebih tebal dari inner cushion.

Beberapa jenis kain yang digunakan untuk cover bantal cushion diantaranya:

  • Kain Kanvas

Untuk memberikan tampilan yang elegan pada bantal sofa, pilih cover bantal yang dibuat dari kain kanvas. Kain ini  umumnya dikenal sangat tahan dalam segala kondisi, memiliki tekstur sedikit kasar, tebal dan kaku.

Sebagai bahan pembuatan cover bantal sofa yang berkualitas kain kanvas sendiri beberapa ada yang dibuat dari dasar katun maupun poliester.

Cushion Sofa

Sumber : https://www.westelm.com/

Butuh bahan kain kanvas berkualitas dengan harga murah untuk membuat cover bantal sofa?. Sebagai referensi anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Kanvas yang kami miliki.

  • Kain Blacu

Kain blacu merupakan sejenis kain mentah (kain greige) yang belum melalui proses finishing. Warna alami kain blacu biasanya berupa putih tulang atau kecoklatan.

  • Kain blacu mempunyai warna murni (tidak memiliki warna).
  • Kain blacu termasuk ke dalam jenis kain yang ramah lingkungan.
  • Kain blacu bersifat go green dan dapat di gunakan berulang kali.
  • Kain blacu sangat fleksibel sehingga mudah untuk dibentuk menjadi berbagai macam kreasi.

Cushion Sofa

Sumber : https://bordahanembroidery.com/

Butuh bahan kain blacu berkualitas dengan harga murah untuk membuat cover bantal sofa?. Sebagai referensi anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Blacu yang kami miliki.

  • Kain Linen

Kain linen merupakan sejenis kain yang memiliki permukaan yang halus, susunan serat benangnya sangat rapi dan terlihat elegan karena terbuat dari serat selulosa yang tumbuh di dalam batang tanaman flax (Linum usitatissimum).

Cushion Sofa

Sumber : https://www.walmart.ca/

Butuh bahan kain linen berkualitas dengan harga murah untuk membuat cover bantal sofa?. Sebagai referensi anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Linen yang kami miliki.

  • Kain Katun

Kain katun memiliki permukaan yang halus, lembut, mudah menyerap keringa, gampang untuk dicuci dan juga mudah disablon.

Cushion Sofa

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Kain Corduroy

Kain corduroy merupakan sejenis kain yang memiliki tekstur permukaan bergaris-garis dan tebal. Selain menarik dari segi tampilan, kain ini juga terkenal tahan lama dan cara perawatannya mudah.

Cushion Sofa

Sumber : https://id.aliexpress.com/

  • Bahan Suede

Bahan suede dapat dikategorikan ke dalam jenis  material yang memiliki permukaan berbulu halus. Bahan ini umumnya diambil dari bagian dalam kulit hewan seperti sapi, kambing, domba dan kerbau yang dekat dengan daging.

Cushion Sofa

Sumber : https://shopee.co.id/

Butuh bahan suede berkualitas dengan harga murah untuk membuat cover bantal sofa?. Sebagai referensi anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Suede yang kami miliki.

  • Kain Chenille

Kain chenille adalah kain yang dibuat dengan memutar serat pendek atau filamen dengan kehalusan dan kekuatan yang berbeda. Kain ini cocok dipakai untuk cover cushion karena seratnya rapat dan kuat.

Cushion Sofa

Sumber : https://www.amazon.com/

  • Kain Rasfur

Berikutnya ada bahan kain rasfur yang memiliki tekstur berbulu pada permukaannya. Cover bantal yang dibuat dari bahan bulu ini akan memberi kesan lucu dan menggemaskan pada bantal sofa yang dihasilkan.

Cushion Sofa

Sumber : https://www.lazada.co.id/

  • Kulit Sintetis

Terakhir ada kulit sintetis yang dapat memberi kesan mewah pada tampilan sofa. Kulit sintetis ini biasanya dibuat dalam berbagai corak dan motif yang sangat beragam dengan tampilan dan nuansa nyata menyerupai kulit asli.

Cushion Sofa

Sumber : https://www.amazon.com/

Butuh bahan kulit sintetis berkualitas dengan harga murah untuk membuat cover bantal sofa?. Sebagai referensi anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kulit Sintetis yang kami miliki.

Isian Cushion Sofa

Untuk isian bantal cushion terdapat beberapa pilihan bahan yang dapat digunakan mulai dari kapuk dan kapas hingga dakron yang empuk dan tidak mudah kempes.

  • Kapuk dan Kapas

Kapuk dan kapas merupakan dua jenis bahan pengisi bantal yang paling banyak digunakan untuk cushion sofa karena dinilai cukup kuat menahan beban dan ketebalannya dapat disesuaikan.

Tapi karena kapuk dan kapas dapat menyimpan kelembapan lama-kelamaan bentuknya akan memadat. Selain itu bahan ini juga mudah berdebu dan dapat menjadi sarang tungau yang mengakibatkan gangguan kulit.

Cushion Sofa

Sumber : https://www.lazada.co.id/

  • Dakron

Untuk menggantikan kapas dan kapuk anda bisa menggunakan dakron yang empuk dan tidak menyerap debu sebagai alternatifnya. Bahan dakron ini dikenal sebagai bahan yang aman terutama bagi penderita asma.

  • Dakron terbuat dari serat plastik yang sangat halus.
  • Dakron punya keunggulan tidak bisa menyerap air dan kalaupun basah cenderung lebih mudah kering.

Cushion Sofa

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Kesimpulan

Sampai di sini dulu pembahasan mengenai sejumlah bahan yang biasa dipakai untuk membuat bantal cushion, baik itu untuk inner, cover maupun isiannya. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk mendapatkan cushion sofa yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Untuk anda yang ingin membuat bantal sofa sendiri, simak juga pembahasan Cara Mudah Membuat Sarung Bantal Sofa Dari Kain Blacu.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.