Article

Homepage Article Fashion Design 5 Hal Yang Harus Diperhatikan…

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Shower Cap

Memakai shower cap saat mandi menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga dan melindungi rambut agar tetap kering. Meski tidak ada ketentuan khusus yang mengatur tentang penggunaan shower cap, namun dalam memilih shower cap tetap saja ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Shower Cap

Shower cap adalah sejenis aksesoris kepala / tudung kepala yang didesain khusus melindungi rambut supaya tidak basah ketika mandi. Bentuknya sendiri tampak seperti kantung yang dilengkapi dengan elastis pada bagian bukaannya.

Shower Cap

Sumber : https://www.jd.id/

Selain dipakai untuk melindungi rambut agar tidak basah saat mandi, shower cap ini sebenarnya juga memiliki banyak manfaat lain lho.

  • Shower cap dapat digunakan untuk memaksimalkan hasil perawatan rambut (meningkatkan penetrasi krim perawatan dan pewarna rambut).
  • Shower cap dapat dipakai untuk mempertahankan kebersihan dan kelembapan rambut.

Tips Memilih Shower Cap

Berencana untuk membeli shower cap dalam waktu dekat tapi masih bingung harus memilih shower cap yang seperti apa?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa menyimak tips berikut.

1. Desain Shower Cap

Pertama pilih desain shower cap yang paling sesuai dengan selera anda. 

  • Untuk memudahkan anda saat mandi dan mencuci muka pilih shower cap yang berdesain simple dan tidak terlalu banyak detail.

Shower Cap

Sumber : https://shopee.sg/

  • Untuk berendam di bathtub sembari melakukan perawatan anda bisa memilih shower cap yang memiliki lipatan atau renda.

Shower Cap

Sumber : https://shopee.sg/

2. Bahan Shower Cap

Untuk memaksimalkan fungsi shower cap pilih yang bahannya anti air untuk mencegah rambut agar tidak basah ketika mandi. Dalam hal ini anda bisa memilih shower cap yang terbuat dari bahan anti air seperti halnya kain parasut WP, katun waterproof, bahan plastik dan lain sebagainya.

Shower Cap

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Kain Parasut WP

Kain parasut WP merupakan sejenis kain yang seratnya sangat rapat dan memiliki kemampuan yang sempurna untuk menahan rembesan air dan cenderung tidak mudah kusut karena terbuat dari serat poliester.

Shower Cap

Sumber : https://www.amazon.in/

Untuk pilihan bahannya kain parasut WP yang dijual di Fitinline sendiri dapat dibedakan dalam berbagai macam tipe. Beberapa diantaranya yakni berupa:

  • Katun Waterproof

Kain katun waterproof merupakan sejenis kain katun yang mempunyai lapisan anti air yang kuat. Shower cap dari kain katun waterproof bersifat tahan air dan bisa dibersihkan dengan mudah sehingga dapat digunakan berulang kali.

Shower Cap

Sumber : https://sustaination.id/

Intip koleksi Kain Katun Waterproof yang kami miliki jika anda ingin tahu seperti apa tampilan kain katun waterproof.

  • Plastik Polyethylene

Plastik polyethylene merupakan sejenis bahan plastik yang biasa digunakan untuk membuat shower cap sekali pakai yang praktis untuk digunakan, serta dijual dengan harga terjangkau.

  • Bahan plastik polyethylene pada shower cap membuatnya mampu memaksimalkan penyerapan krim atau pewarna rambut.
  • Shower cap plastik juga cocok digunakan untuk anda yang tidak terlalu mementingkan kemampuan mempertahankan suhu dari shower cap.

Shower Cap

Sumber : https://shopee.co.id/

Untuk anda yang memiliki kulit kepala sensitif, anda juga bisa memilih shower cap yang dilengkapi dengan lapisan kasa lembut supaya terasa lebih nyaman saat bersentuhan dengan kulit.

3. Daya Tahan Shower Cap

Jika anda ingin menggunakan shower cap untuk jangka panjang utamakan untuk memilih produk shower cap yang bisa dicuci. Meskipun kebiasaan mencuci shower cap berulang kali sebenarnya bisa mengakibatkan berkurangnya kemampuan produk dalam menahan air.

Kalau anda ingin menggunakan shower cap untuk jangka pendek anda bisa memilih shower cap plastik sekali pakai yang terbuat dari bahan plastik polyethylene.

4. Ukuran Shower Cap

Berikutnya usahakan untuk memilih shower cap yang ukurannya pas dengan lingkar kepala anda. Untuk menghindari kesalahan ukuran, anda bisa membaca keterangan di kemasan shower cap.

  • Ukuran shower cap yang terlalu kecil mungkin tidak cukup untuk rambut panjang. Karetnya yang terlalu ketat juga akan meninggalkan jejak di dahi.
  • Ukuran shower cap yang longgar akan menimbulkan celah di kepala dan tidak dapat melindungi rambut dengan sempurna.

Shower Cap

Sumber : https://www.jd.id/

Kalau anda kesulitan untuk mendapatkan shower cap yang pas dengan ukuran kepala anda, memilih adjustable shower cap yang talinya dapat diatur sesuai kebutuhan bisa menjadi pilihan yang paling tepat.

Shower Cap

Sumber : https://www.glowbydaye.com/

5. Kekuatan Karet Shower Cap

Untuk anda yang ingin membeli shower cap siap pakai, pastikan shower cap yang anda pilih memiliki karet yang kuat dan dapat membungkus rambut serta kepala dengan baik.

Shower Cap

Sumber : https://www.amazon.in/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah hal penting yang perlu anda perhatikan dalam memilih shower cap. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk menemukan shower cap yang sesuai dengan kebutuhan ya.

Khusus untuk anda yang lebih suka memakai shower cap reusable, harus diingat juga bahwa pada akhirnya anda tetap harus menggantinya dengan yang baru setiap 3-4 minggu sekali mengikuti standar penggunaan peralatan mandi lainnya, seperti handuk, spons atau shower puff.

Selama belum waktunya mengganti shower cap, anda dapat merawatnya dengan cara berikut.

  • Siapkan air dalam baskom berukuran sedang kemudian gunakan untuk merendam shower cap.
  • Angkat shower cap lalu berikan 1-2 tetes sabun cuci cair untuk membersihkan seluruh permukaan shower cap.
  • Bilas shower cap dengan air mengalir, lalu jemur di tempat yang kering.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.