Article

Homepage Article Kain Rekomendasi Bahan Jaket…

Rekomendasi Bahan Jaket Yang Bagus Untuk Musim Hujan

Mencari alternatif bahan jaket yang bagus dipakai untuk berkendara saat musim hujan?. Sebagai bahan pertimbangan berikut kami bagikan beberapa rekomendasi bahan jaket terbaik yang bisa melindungi kamu dari cuaca buruk saat musim hujan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Musim Hujan

Jaket musim hujan merupakan sejenis jaket yang dirancang khusus untuk melindungi pemakainya dari hujan dan kondisi cuaca yang basah saat hujan. Untuk alasan kenyamanan jaket musim hujan sendiri biasanya dilengkapi pula dengan berbagai fitur tambahan yang berbeda dengan jaket lain.

Jaket Musim Hujan

Sumber : https://www.zalora.co.id/

Beberapa fitur yang umum ditemukan pada jaket musim hujan diantaranya:

  • Jahitan yang ditempelkan atau dilapisi dengan pita tahan air untuk mencegah air masuk melalui celah-celah jahitan.
  • Penutup kepala alias hoodie yang dijahit menyatu dengan badan jaket atau bisa juga dilepas untuk melindungi kepala dari hujan.
  • Resleting yang dirancang agar tahan air sehingga mampu mencegah masuknya air melalui resleting.

Jaket Musim Hujan

Sumber : https://www.zalora.co.id/

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, pilihan bahan jaket yang bagus untuk mengendarai motor saat musim hujan tentunya akan berbeda dengan jaket yang biasa digunakan untuk acara santai.

Beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih jaket untuk musim hujan diantaranya:

  • Pastikan jaket yang kamu pakai memiliki lapisan luar yang anti air atau dilapisi dengan bahan yang anti air untuk membantu menghindari penetrasi air ke dalam jaket.
  • Pastikan jaket yang kamu pilih memiliki jahitan yang rapat dan rapi.
  • Pastikan fitur pada jaket dapat mendukung aktivitas berkendara meski di saat hujan.

Rekomendasi Bahan Jaket Musim Hujan

Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya, bahan anti air yang digunakan pada sebuah bahan jaket sendiri umumnya dapat dibedakan menjadi dua kategori yang berbeda yakni waterproof dan water resistant.

1. Bahan Jaket Waterproof

Bahan jaket waterproof termasuk ke dalam jenis bahan jaket yang memiliki proteksi tingkat tinggi dan tidak dapat ditembus air (sepenuhnya kedap air). Secara fungsional bahan ini juga berperan sebagai pelindung sekaligus penahan air agar pemakainya tidak basah saat terkena guyuran air hujan.

Beberapa ciri paling khas yang membedakan bahan jaket waterproof dengan bahan jaket yang lain diantaranya:

  • Bahan jaket waterproof umumnya memiliki kerapatan yang sangat tinggi sehingga mampu meredam derasnya air hujan supaya tidak membasahi tubuh.
  • Bahan jaket waterproof memiliki ketebalan yang sempurna untuk menahan angin dan air yang hendak menembus jaket.
  • Bahan jaket waterproof biasanya cukup lentur dan tidak menganggu pergerakan saat berkendara walau berada dibawah guyuran hujan deras.
  • Bahan jaket waterproof kebanyakan memiliki lapisan coating balon di bagian dalam sehingga bahannya akan bersifat waterproof.

Untuk pilihan bahannya beberapa contoh bahan kain yang memenuhi syarat tersebut antara lain berupa kain taslan waterproof, kain gore-tex waterproof, kain mocrofiber waterproof, kain despo waterproof dan berbagai jenis bahan lain yang serupa.

Tertarik untuk membuat jaket sendiri dengan menggunakan bahan jaket waterproof sebagai material utamanya?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi bahan jaket waterproof terbaik yang kami miliki.

Simak juga Ragam Pelapis (Coating) Yang Mampu Membuat Kain Jadi Waterproof.

2. Bahan Jaket Water Resistant

Selain bahan jaket waterproof ada juga bahan jaket water resistant yang dapat menahan air namun tidak menjamin akan bertahan lama. Dengan kata lain bahan ini umumnya dapat menahan air sampai batas tertentu, namun tidak sepenuhnya.

Beberapa ciri paling khas yang membedakan bahan jaket waterproof dengan bahan jaket yang lain diantaranya:

  • Bahan jaket water resistant dapat menahan penetrasi air dalam keadaan air mengalir, bukan air menggenang.
  • Bahan jaket water resistant memiliki efek seperti daun talas, artinya pada kondisi basah butiran air yang ada pada jaket bisa dengan mudah untuk disingkirkan.
  • Bahan jaket umumnya memiliki lapisan coating milky, coating bening, coating silver dan coating metalik.
  • Bahan jaket water resistant pori-porinya tidak dapat ditembus oleh air, namun masih bisa dilalui oleh udara dan uap air.

Untuk pilihan bahannya beberapa contoh bahan kain yang memenuhi syarat tersebut antara lain berupa kain micro water resistant, kain taslan water resistant, kain parasut water resistant dan berbagai jenis bahan lain yang serupa.

Tertarik untuk membuat jaket sendiri dengan menggunakan bahan jaket waterproof sebagai material utamanya?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi bahan jaket waterproof terbaik yang kami miliki.

Simak juga Ragam Pelapis (Coating) Yang Digunakan Pada Kain Water Resistant.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai rekomendasi bahan jaket terbaik yang bisa kamu dipakai untuk berkendara motor saat musim hujan. Meski kelihatannya sepele, memilih bahan jaket yang tepat untuk musim hujan ternyata menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan agar tubuh tetap terlindung dari cuaca buruk lho.

Simak juga 11 Tips Memilih Jaket Motor Waterproof Terbaik Untuk Kegiatan Touring.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.