Article

Homepage Article Fashion Design 11 Tips Memilih Jaket Motor…

11 Tips Memilih Jaket Motor Waterproof Terbaik Untuk Kegiatan Touring

Memilih jaket motor waterproof terbaik untuk keperluan touring jarak jauh bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebab untuk mendapatkan jaket motor waterproof yang berkualitas dan dapat memberi kehangatan pada tubuh ada banyak sekali lho hal-hal penting yang harus diperhatikan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Motor Waterproof

Jaket motor waterproof merupakan jenis jaket yang sangat cocok digunakan oleh untuk melakukan touring jarak jauh pada saat musim hujan, karena punya lapisan penahan air yang kuat agar tidak masuk ke bagian badan.

  • Jaket motor waterproof dapat dipakai untuk melindungi tubuh dari angin dan hujan.
  • Jaket motor waterproof umumnya juga memiliki sistem seam sealed atau perisai yang berfungsi melindungi sisi jahitan agar tidak kemasukan air.
  • Semakin tinggi sifat waterproof jaket motor maka semakin tinggi pula sifat windproofnya.

Jaket Motor Waterproof

Sumber : https://www.whitesmoto.com.au/

Memilih Jaket Motor Waterproof Terbaik

Berencana membeli jaket motor untuk keperluan touring saat musim hujan?. Untuk memudahkan anda dalam menemukan jaket motor waterproof terbaik berikut kami bagikan beberapa tips sederhana yang bisa anda coba.

1. Pilih Yang Bahannya Waterproof

Jika anda ingin mendapatkan jaket motor waterproof terbaik, pastikan bahan yang digunakan untuk membuat jaket tersebut juga harus waterproof.

  • Bahan jaket waterproof kebanyakan memiliki kepadatan bahan yang tinggi, jadi mampu meredam derasnya air hujan supaya tidak membasahi tubuh.
  • Bahan jaket waterproof sangat tahan terhadap cuaca dan juga angin.
  • Bahan jaket waterproof memiliki ketebalan dan kemampuan yang sempurna untuk menahan angin dan air yang hendak menembus jaket.
  • Bahan jaket waterproof biasanya cukup lentur jadi tidak akan menganggu pergerakan pengendara motor saat melakukan aktivitas touring.

Beberapa contoh bahan kain yang memenuhi syarat tersebut diantaranya yakni bahan kain taslan waterproof, bahan kain gore-tex waterproof, bahan kain mocrofiber waterproof, bahan despo waterproof dan berbagai jenis bahan lain yang sejenis. 

Jaket Motor Waterproof

Sumber : https://www.carryology.com/

2. Pilih Jaket Yang Tidak Mudah Robek

Berikutnya pilih jaket waterproof yang bahannya kuat dan tidak mudah robek. Dengan menggunakan jaket yang tidak mudah robek, anda pun bisa berkendara dengan lebih aman dan nyaman karena saat terjatuh jaket tersebut akan melindungi tubuh anda.

3. Pilih Yang Memiliki Furing Berkualitas

Jaket motor waterproof yang baik seharusnya memiliki kain furing yang berkualitas pada bagian dalamnya. Karena alasan itulah saat memilih jaket waterproof tidak hanya bagian luarnya yang harus anda perhatikan, bagian dalam jaket juga harus diteliti.

  • Jaket yang dilapisi dengan kain furing berkualitas akan memberi perlindungan dan kenyamanan yang maksimal pada tubuh.
  • Kain furing dapat dipakai untuk memberikan efek lebih tebal pada jaket.
  • Menyerap keringat yang keluar dari kulit sehingga tidak langsung mengenai bahan utama jaket motor waterproof.
  • Melindungi kulit agar tidak bersentuhan dengan kain jaket sekaligus mencegah terjadinya iritasi saat kulit berkeringat.
  • Mengurangi gesekan langsung antara bahan utama jaket dengan kulit sehingga umur pakaian menjadi lebih panjang.

Jaket Motor Waterproof

Sumber : https://shopee.co.id/

Simak juga pembahasan mengenai 9 Jenis Bahan Kain Terbaik Untuk Furing Jaket.

4. Pilih Ukuran Jaket Yang Tepat

Usahakan untuk memilih ukuran jaket motor waterproof yang sesuai dengan bentuk tubuh anda, dalam artian tidak terlalu ketat atau terlalu longgar.

  • Jangan memilih jaket waterproof yang memiliki ukuran terlalu pas dengan tubuh karena akan menimbulkan gerah yang lebih cepat.
  • Jangan pula memilih jaket waterproof yang terlalu longgar karena bisa menyebabkan angin mudah masuk ke sela-sela tubuh.

5. Pilih Yang Menutupi Leher, Pergelangan Tangan dan Pinggul

Pilih jaket motor waterproof yang dapat menutupi bagian leher, pergelangan tangan dan pinggul supaya lebih hangat. Lebih bagus lagi jika jaket tersebut dilengkapi dengan protector atau pelindung di bagian siku dan bahu untuk meminimalisir risiko cedera saat terjadi kecelakaan.

Jaket Motor Waterproof

Sumber : https://www.vikingcycle.com/

6. Periksa Jahitan Jaket Waterproof

Pastikan jaket motor waterproof yang anda pilih memiliki jahitan yang rapi, rapat dan kuat.

  • Jaket yang bagus umumnya memiliki jahitan yang rapi dan tidak ada yang loncat.
  • Memiliki jahitan yang presisi terutama pada bagian yang tampak dari luar seperti resleting, kerah dan saku.
  • Semakin kecil jarak setikan yang diaplikasikan pada jaket waterproof maka semakin kuat pula jahitan jaket yang dihasilkan.

7. Pilih Jaket Yang Minim Sambungan

Pilihlah jaket motor dengan sedikit jahitan atau sambungan bahan supaya jaket tersebut lebih nyaman dipakai saat kondisi hujan maupun berangin. Biasanya semakin banyak jahitan maka peluang bocornya jaket terhadap angin dan air akan semakin besar.

8. Pilih Yang Memiliki Seam Sealer

Pilih jaket motor waterproof yang dilengkapi dengan jahitan berlapis seam sealer agar jaket tersebut tidak tembus air.

  • Jenis-jenis seam sealer sendiri terdiri atas beberapa macam, ada yang berbentuk tube pasta, roll on, cairan, spray dan tape.
  • Khusus untuk jaket motor waterproof jenis seam sealer yang paling banyak digunakan biasanya berupa seam sealer jenis tape.

Simak juga pembahasan mengenai Seam Sealer Tape : Penutup Jahitan Pada Bahan Waterproof.

9. Periksa Bagian Resleting Jaket

Untuk memaksimalkan fungsinya sebagai pelindung tubuh saat hujan, pilih jaket motor yang dilengkapi dengan resleting jaket waterproof.

  • Resleting jaket waterproof sendiri sebenarnya termasuk ke dalam jenis variasi baru dari resleting yang diperoleh dari pengembangan resleting terdahulu.
  • Sesuai dengan namanya resleting jaket waterproof ini sudah pasti bersifat anti air.

Beberapa kelebihan dari resleting jaket waterproof yang tidak dimiliki jenis ritsleting lain diantaranya:

  • Resleting jaket waterproof lebih tahan terhadap air.
  • Resleting jaket waterproofbahannya tidak mudah melar.
  • Bentuk resleting terlihat kokoh.

10. Pilih Yang Memiliki Penutup Resleting

Pilih jaket waterproof yang dilengkapi dengan tambahan penutup di bagian depan resleting untuk menahan air dan juga angin supaya tidak masuk ke dalam jaket. Bagian penutup resleting yang dipasang di bagian depan jaket ini biasanya juga dilengkapi dengan pengunci berupa velcro (perekat) atau kancing kenop.

Jaket Motor Waterproof

Sumber : https://www.marmot.com/

11. Periksa Jumlah Saku Pada Jaket

Selain resleting bagian jaket yang juga harus anda perhatikan yakni berupa saku. Jumlah saku yang terlalu banyak justru akan mengurangi efektifitas jaket waterproof, karenanya pilihlah jaket waterproof dengan saku yang tidak terlalu banyak.

Kalaupun anda menginginkan saku lebih, pilihlah jaket dengan saku rahasia yang berada di dalam jaket. Selain tersembunyi saku di bagian dalam jaket juga lebih aman untuk menyimpan barang saat hujan.

Jaket Motor Waterproof

Sumber :  https://www.decathlon.co.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah tips memilih jaket motor waterproof terbaik yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan menerapkan sejumlah tips di atas semoga anda bisa lebih mudah untuk menemukan jaket motor waterproof yang sesuai dengan kebutuhan anda ya.

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat jaket motor waterproof?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan jaket waterproof yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.