Article

Embroidery

Dalam dunia fashion dikenal banyak sekali teknik menghias kain yang biasa diterapkan untuk meningkatkan kualitas dan menambah nilai keindahan suatu kain agar lebih menarik. Salah satunya adalah penggunaan detail embroidery yang menggabungkan teknik bordir dan sulaman yang melahirkan bentuk artistik yang indah, inovatif dan kompleks. Pemilihan detail komposisi warna benang maupun ornamen lain seperti pita yang mewakili warna benda lain menjadi salah satu dari sekian banyak faktor yang menentukan hasil akhir sebuah embroidery. 

 

Embroidery

Sumber : http://www.sneakersalebest.com/

Teknik jahit menjahit yang berfungsi untuk memperbaiki dan memperkuat kain konon disebut-sebut sebagai salah satu sumber inspirasi yang mendorong pengembangan teknik menjahit menjadi sebuah karya seni yang kini dikenal dengan nama bordir. Jenis kain yang digunakan dalam bordir tradisional terdiri dari berbagai variasi seperti wol, linen, dan sutra yang telah digunakan selama ribuan tahun yang lalu. Sementara benang bordir yang digunakan umumnya diproduksi dari bahan kapas dan rayon. 

Embroidery

Sumber : https://www.flickr.com/

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Di kota-kota besar seperti Damaskus, Kairo dan Istanbul banyak dijumpai pengrajin bordir yang memanfaatkan berbagai benang berwarna emas dan perak untuk menghias sapu tangan, seragam, bendera, kaligrafi, sepatu, jubah, tunik, sandal, sarung, selimut, bahkan ikat pinggang yang terbuat dari bahan kulit. Sejumlah industri bordir rumahan diwilayah setempat rata-rata mempekerjakan lebih dari 800 orang untuk menghias berbagai item tersebut. 

Embroidery

Sumber : http://she9.blogspot.com/

Pada abad pertengahan, seni bordir menjadi sangat penting dan popular sebagai perlambang status sosial yang tinggi dikalangan masyarakat muslim. Bahkan dalam kebudayaan Persia kuno, India, Cina, dan Jepang kepemilikan busana, benda-benda keagamaan, maupun kelengkapan rumah tangga lainnya yang dihiasi dengan ornamen bordiran yang rumit menjadi tanda kekayaan dan status sosial dalam kehidupan masyarakat setempat. 

Embroidery

Sumber : http://www.aliexpress.com/

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Sebelum ditemukannya mesin bordir untuk produksi secara masal,  para pengrajin bordir di Perancis lebih banyak memanfaatkan kombinasi alat tenun mesin dan sulaman tekstil dengan tangan untuk membuat bordir pada pertengahan abad ke-18. Barulah pada abad ke-19 dikembangkan sebuah mesin pembuatan bordir di daerah St Gallen, Switzerland. Seiring berjalannya waktu, saat ini pembuatan bordir pada kemeja, jaket, souvenir, gorden dan perlengkapan rumah tangga lainnya lebih banyak memanfaatkan mesin bordir komputer mengunakan pola digital yang dibuat dengan perangkat lunak. 

Embroidery

Sumber : http://www.sewmepretty.zoomshare.com/

Secara sederhana teknik pembuatan embroidery ini dapat diklasifikasikan berdasarkan desain jahitannya serta hubungan penempatan jahitan pada kain yang memanfaatkan berbagai pola jahitan simetris dalam berbagai warna. Penambahan sulam pita dari bahan sutra atau organdi menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk pembuatan motif floral pada embroidery. 

Embroidery

Sumber : http://en.paperblog.com/

Semoga bermanfaat.

Tags: jahit bajujahit baju batikjahit baju onlinebuat bajukonveksi bajubutik baju batikbutik onlinebutik baju onlinebutik baju wanitakursus jahitpola busanapola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.