Article

Homepage Article Jahit Menjahit Petunjuk Penggunaan Bidangan…

Petunjuk Penggunaan Bidangan Pada Saat Menyulam

Sering membuat kreasi sulaman pada bahan kain?. Sahabat Fitinline pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bidangan bukan?. Bidangan ini termasuk ke dalam salah satu jenis alat yang sangat dibutuhkan untuk membantu pekerjaan menyulam terutama sulaman dengan cara stabbed (mencoblos). 

Bidangan

Sumber : https://luloveshandmade.com/

Bidangan yang digunakan untuk menyulam kebanyakan terbuat dari bahan kayu atau plastik, terdiri dari lingkaran dalam dan lingkaran luar lengkap dengan sekrup pengunci. Lingkaran dalam yang terdapat pada bidangan ukurannya lebih kecil dari lingkaran luar. 

Bidangan

Sumber : http://seamstresserin.com/

Bidangan didesain untuk meregangkan dan menahan kain agar senantiasa datar selama proses menyulam berlangsung. Selain menahan kain agar tetap datar, tujuan lain dari penggunaan bidangan adalah mencegah timbulnya kerutan yang dapat merusak keindahan hasil sulaman. 

Bidangan

Sumber : https://washitapecrafts.com/

Petunjuk Penggunaan Bidangan

  • Selalu gunakan bidangan dengan kualitas terbaik. Bidangan yang dapat dieratkan dengan sekrup atau obeng bintang cenderung lebih bagus karena dapat menahan kain lebih ketat.
  • Jepit ring bagian dalam bidangan kayu dengan cara melilitkan pita katun pada ring bagian dalam bidangan supaya bidangan bisa menahan kain lebih rapat dan lebih lembut.
  • Saat menyulam usahakan agar tangan yang memegang bidangan tidak menyentuh atau menekan kain dalam bidangan. Hal ini penting untuk dilakukan agar ketegangan kain tidak berubah.
  • Usai menyulam segera lepaskan bahan kain dari bidangan. Hati-hati juga dengan pembidang yang terbuat dari plastik. Jika bidangan itu dibiarkan di kain dalam jangka waktu lama terkadang warnanya akan membekas pada kain.

Bidangan

Sumber : https://snapguide.com/

Bidangan yang dijual di sejumlah toko alat jahit umumnya tersedia dalam berbagai variasi ukuran, mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. Ukuran bidangan yang lazim digunakan pada saat menyulam diantaranya:

  • Bidangan dengan ukuran 4 inchi atau 10 cm.
  • Bidangan dengan ukuran 6 inchi atau 15 cm.
  • Bidangan dengan ukuran 8 inchi atau 20 cm.
  • Bidangan dengan ukuran 10 inchi atau 25 cm.
  • Bidangan dengan ukuran 12 inchi atau 30 cm. 

Bidangan

Sumber : http://www.asianhobbycrafts.com/

Kalau sahabat Fitinline ingin membuat kreasi sulaman yang berukuran cukup kecil anda bisa menggunakan bidangan dengan ukuran 10 cm atau 15 cm. Kalau mau yang lebih besar anda bisa menggunakan bidangan dengan nomor ukuran yang lebih besar pula, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan. 

Bidangan

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.