Article

Homepage Article Jahit Menjahit Mesin Jahit Untuk Patchwork…

Mesin Jahit Untuk Patchwork dan Quilting

Patchwork merupakan kerajinan yang dibuat dengan cara menggabungkan potongan-potongan kain perca satu dengan lainnya menjadi suatu bentuk baru, dimana patchwork tersebut dikenal sebagai salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam quilting. 

Mesin Jahit

Sumber : https://bloominworkshop.wordpress.com/

Untuk menyambung potongan-potongan kain yang digunakan pada patchwork maupun quilting sendiri sahabat Fitinline bisa menjahitnya menggunakan mesin jahit maupun dengan tangan. Meski secara teknis menjahit dengan tangan memang membutuhkan waktu yang cenderung lebih lama. 

Mesin Jahit

Sumber : http://www.ebay.com/

Pada proses penyambungan bahan kain dan pembuatan quilting lurus sebenarnya sahabat Fitinline bisa menjahitnya dengan mesin jahit sederhana sekalipun. Walaupun hasilnya akan jauh lebih bagus lagi jika anda mengganti sepatu jahitnya dengan sepatu jahit khusus untuk patchwork dan quilting. 

Mesin Jahit

Sumber : http://www.thecolorfulworldofsewing.com/

Berbeda halnya jika anda ingin membuat quilting free motion. Pada free motion quilting umumnya penjahit akan bekerja pada kecepatan yang berbeda-beda, sehingga dibutuhkan mesin jahit yang bisa diatur kecepatannya dari rendah sampai tinggi. 

Mesin Jahit

Sumber : http://www.thecolorfulworldofsewing.com/

Sebagian besar mesin jahit rumah tangga biasanya tidak bisa digunakan pada kecepatan rendah. Sebab mesin jahit tersebut cenderung diam dan apabila tekanan pada pedal ditambah akan langsung menjahit dengan cepat. Hal ini akan menyebabkan lebar jahitan menjadi tidak sama dan hasilnya cenderung kurang rapi. 

Mesin Jahit

Sumber : http://www.dognamedbanjo.com/

Oleh karena itulah disarankan untuk menggunakan mesin jahit khusus quilting jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Adapun beberapa fitur penting pada mesin jahit yang dibutuhkan untuk menunjang proses pembuatan patchwork maupun quilting diantaranya berupa:

  • Fitur menjahit lurus ke depan dan menjahit mundur (reversed stitches).
  • Permukaan tambahan yang luas untuk menjahit (extended table) terutama untuk pembuatan quilting yang berukuran relatif besar.
  • Speed regulator untuk mengatur tinggi rendahnya kecepatan rendah. Fitur ini merupakan salah satu fitur yang paling mendasar yang diperlukan untuk menjahit free motion quilting.
  • Fitur lain yang diperlukan yaitu berupa 1/4 Inch Seam Presser Foot (untuk menyambung/piecing), Darning Foot (untuk membuat quilting free motion), dan Walking Foot (untuk menjahit quilting lurus atau menjahit sambungan potongan kain).

Mesin Jahit

Sumber : http://www.brothersewing.co.uk/

Semoga bermanfaat.

Mencari Mesin Jahit berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinline bisa mendapatkannya Di Sini.

Mesin Jahit

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.