Article

Homepage Article Desain Fesyen Percantik Pakaian Anda Dengan…

Percantik Pakaian Anda Dengan Hiasan Sulam Sisir

Sebagian dari anda mungkin sudah sangat familiar dengan yang namanya sulam benang atau sulam pita. Tapi kalau sulam sisir bagaimana?.

Sebagai salah satu seni menghias kain yang cukup langka, sulam sisir dapat dikategorikan ke dalam jenis sulaman yang hasil akhirnya terkesan timbul atau muncul dipermukaan kain. Bentuknya sendiri dapat dibuat melengkung, dilipat, ditekuk, bahkan seolah melayang dan mengambang.

Sulam Sisir

Sumber : https://id.pinterest.com/

Teknik menghias kain yang satu ini pada prinsipnya dibuat dengan cara menganyam benang menggunakan alat bantu yang mudah didapatkan yaitu sisir rambut. Mungkin karena proses pengerjaannya menggunakan sisir jadi teknik menghias kain ini diberi nama sulam sisir. 

Sulam Sisir

Sumber : https://id.pinterest.com/

Selain menggunakan sisir, diperlukan pula sejumlah alat sulam standar lainnya yang terdiri dari kain, embroidery hoop atau pemidangan, jarum sulam, benang sulam, gunting dan lainnya. Benang yang digunakan untuk membuat hiasan sulam biasanya benang wol dan benang DMC.

Sulam Sisir

Sumber : https://id.pinterest.com/

Sejauh ini belum bisa dipastikan bagaimana asal mula masuknya sulam sisir sampai akhirnya tumbuh dan berkembang di Indonesia, namun beberapa sumber ada juga yang menyebutkan jika sulam sisir tersebut sebenarnya diperoleh dari pengembangan sulam yang berasal dari Belanda atau Perancis.

Sulam Sisir

Sumber : http://artiracombembroidery.blogspot.co.id/

Sulam sisir (comb embroidery) merupakan kreasi sulam tangan berbentuk anyaman timbul yang memiliki keunikan tersendiri dan tidak tergantikan oleh jenis sulaman yang lain. Untuk menghasilkan tampilan yang lebih menarik sulam sisir biasa dipadukan dengan sulam datar lainnya. 

Sulam Sisir

Sumber : http://artiracombembroidery.blogspot.co.id/

Tergantung pada kreatifitas pembuatnya, kreasi sulam sisir dengan berbagai teknik peletakan anyaman pada dasarnya dapat dibuat menjadi bermacam-macam bentuk seperti kelopak bunga yang melebar, memanjang atau melancip di bagian ujung, bisa juga berbentuk kupu-kupu. 

Sulam Sisir

Sumber : https://www.pinterest.es/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.