Article

Homepage Article Desain Fesyen Pertimbangkan 14 Hal Berikut…

Pertimbangkan 14 Hal Berikut Sebelum Anda Membeli Jaket Gunung

Berencana melakukan aktifitas pendakian namun masih bingung harus memakai jaket yang seperti apa?. Untuk menahan hembusan angin dan udara dingin selama pendakian, pastikan untuk selalu menyiapkan jaket gunung yang berkualitas bagus dan dapat melindungi tubuh anda dari cuaca yang tidak menentu.

Supaya jaket gunung yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya, berikut kami bagikan beberapa hal yang bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk mendapatkan jaket gunung yang tepat baik dari segi jenis, bahan maupun ukuran sesuai dengan kebutuhan dan gaya pendakian.

Jenis Jaket Gunung

Tentukan terlebih dahulu untuk tujuan apa anda membeli jaket tersebut karena beda jenis jaket gunanya juga berbeda-beda. Untuk mempertahankan panas tubuh gunakan jaket warm up,  untuk mencegah masuknya angin gunakan jaket windproof sementara untuk menahan air gunakan jaket waterproof.

1. Jaket Warm Up

Jaket warm up merupakan salah satu varian dari jaket gunung yang dapat dipakai untuk mempertahankan panas tubuh agar tidak banyak keluar.

  • Jaket warm up lebih cocok dipakai untuk pendakian pada musim kemarau, karena pada musim kemarau biasanya suhu udara akan menjadi lebih dingin.
  • Bahan kain yang dipakai untuk membuat jaket warm up bisa berupa bahan polar sehingga jaketnya biasa disebut sebagai jaket polar.
  • Kekurangan dari jenis jaket gunung yang satu ini biasa mudah basah jika terkena air.

2. Jaket Windproof

Jaket windproof cocok digunakan pada saat pendakian di musim kemarau, karena fungsi utama dari jaket ini untuk mencegah masuknya angin ke bagian badan.

  • Jaket windproof tidak memiliki seemsheeld atau perisai jahitan pada jahitan sambungan bahan maupun resleting.
  • Untuk membedakan jaket waterproof dan windproof bisa dengan memegang dan menggesekkan bahan, jika licin maka jaket tersebut adalah jaket windproof.
  • Selain digunakan untuk mendaki gunung, jaket windproof ini juga cocok dipakai untuk aktifitas harian mulai latihan lari, bersepeda ataupun touring.
  • Model jaket gunung ini cukup variatif sehingga bisa dipilih sesuai dengan selera dari masing-masing penggunanya.

3. Jaket Waterproof

  • Jaket waterproof merupakan jenis jaket yang sangat cocok digunakan saat pendakian pada musim hujan, karena punya lapisan penahan air agar tidak masuk ke bagian badan.
  • Jaket waterproof secara umum memiliki sistem seemsheeld atau perisai yang berfungsi melindungi sisi jahitan agar tidak kemasukan air.
  • Semakin tinggi sifat waterproof pada sebuah jaket maka semakin tinggi pula sifat windproofnya.
  • Jaket waterproof sudah pasti bersifat windproof tetapi berbanding terbalik dengan sifat dalam melepas panas tubuh. 

Jaket Gunung

Sumber : https://global.rakuten.com/

Ukuran Jaket

Memilih ukuran jaket yang sesuai dengan bentuk tubuh menjadi salah satu hal terpenting yang wajib diperhitungkan bila anda ingin mendapatkan jaket yang nyaman saat dikenakan. Karena itulah sebaiknya pilih jaket yang tidak terlalu pas atau terlalu besar tapi lebihkanlah sedikit dari badan anda.

  1. Ukuran jaket yang terlalu kecil akan membuat anda tidak leluasa dalam bergerak, sedangkan ukuran jaket yang terlalu besar akan memakan space besar saat disimpan.
  2. Jaket yang memiliki ukuran terlalu pas dengan tubuh akan menimbulkan gerah yang lebih cepat dari pada jaket dengan ukuan yang sedikit lebih besar dari tubuh.
  3. Jaket dengan ukuran sedikit lebih besar dari ukuran badan bisa digunakan secara berlapis dengan jaket polar lainnya untuk menambah agar lebih hangat.
  4. Bagi anda yang biasa membawa tas kecil, jaket dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari ukuran tubuh juga bisa dipakai untuk melindungi tas saat hujan.

Jaket Gunung

Sumber : https://www.jottnar.com/

Detail Jaket Gunung

Perhatikan detail jaket yang hendak anda beli, mulai dari jumlah saku jaket, resleting dan karet pada jaket.

  1. Pastikan jaket yang anda pilih memiliki potongan kerah yang tinggi dan dilengkapi dengan penutup kepala.
  2. Jaket gunung yang baik biasanya disertai dengan strap di bagian pergelangan tangan dan karet di bagian lubang badan.
  3. Periksalah juga apakah jaket gunung yang hendak anda pilih memiliki resleting di ketiak (pitt zip) untuk ventilasi udara supaya tidak gerah.
  4. Jaket dengan dua buah saku yang terletak pada bagian samping perut juga bisa digunakan untuk menghangatkan telapak tangan.
  5. Pilih jaket gunung yang dilengkapi dengan pengencang pinggang agar anda bisa lebih mudah ketika bergerak dan beraktifitas.

Jaket Gunung

Sumber : https://www.fallenfront.co.nz/

Jahitan Jaket

Pastikan untuk memilih jaket gunung yang memiliki jahitan rapat dan rapi. Selain berpengaruh pada tampilan jaket bagus tidaknya jahitan tersebut juga akan mempengaruhi tingkat kekuatan jahit saat dikenakan.

  1. Semakin kecil jarak setikan yang diaplikasikan pada jaket maka semakin kuat pula jahitan jaket yang dihasilkan.
  2. Jaket gunung yang bagus hendaknya dibuat dengan jahitan obras yang rapi dan tidak mengkerut.
  3. Dibuat menggunakan material yang berkualitas bagus misalnya benang dan resleting.
  4. Tidak ada jahitan yang mengambang atau loncat.
  5. Memiliki jahitan yang presisi terutama pada bagian yang tampak dari luar seperti resleting, kerah dan saku.

Jaket Gunung

Sumber : https://usshop.goldwin-sports.com/

Resleting Jaket

Untuk jaket waterproof sebaiknya pilih yang dilengkapi dengan resleting anti air. Sebab jaket gunung dengan resleting biasa yang terbuat dari bahan waterproof sekalipun biasanya akan rembes jika terjadi hujan yang besar. Bila tidak minimal resleting di bagian depan jaket harus memiliki lapisan penutup lagi.

Untuk menjamin keawetan dan kekuatan jaket sebaiknya pilih jaket gunung yang dilengkapi dengan merk YKK pada bagian kepala resletingnya. Tulisan YKK sendiri merupakan singkatan dari Yoshida Kogyo Kabushikikaisha, sebuah merek resleting asal Jepang yang berada di bawah naungan PT. Yoshida Industri.

Jaket Gunung

Sumber : https://www.cockpitusa.com/

Velcro Pada Jaket

Bila anda ingin memilih jaket gunung yang dilengkapi velcro sebaiknya pilih velcro yang bagian kasarnya tersusun rapi dan rapat.

  1. Untuk mencegah masuknya air dan angin agar tidak mudah masuk ke dalam sela-sela resleting pastikan bagian depan jaket anda tertutupi kembali oleh velcro.
  2. Jaket gunung yang bagus bagian pergelangan tangannya harus memiliki velcro untuk menyesuaikan dengan besarnya pergelangan tangan
  3. Pilihlah jaket gunung dengan kualitas velcro pergelangan tangan yang baik, karena anda akan sangat sering melepas dan memasang kembali velcro tersebut.

Saku Jaket Gunung

Pilihlah jaket gunung dengan jumlah saku yang sedikit. Karena semakin banyak saku berarti semakin banyak pula jahitan yang berpotensi membuat bocornya jaket gunung terhadap angin dan air.

  1. Pilihlah jaket gunung dengan maksimal dua saku di bagian samping perut untuk memasukkan tangan anda ketika merasa kedinginan.
  2. Bila anda menghendaki jaket dengan saku yang lain, pilihlah jaket gunung dengan saku rahasia yang berada di dalam jaket.
  3. Model saku sembunyi yang ada di dalam jaket juga lebih aman untuk menyimpan barang saat hujan.

Jaket Gunung

Sumber : https://www.stio.com/

Hoodie Jaket

Pada sebuah jaket gunung ketersediaan hoodie menjadi  sebuah nilai penting dalam pemilihan jaket gunung. Karena itulah penting bagi anda untuk memilih jenis jaket yang dilengkapi dengan hoodie atau penutup kepala.

  1. Hoodie akan sangat berguna saat hujan atau panas yakni untuk membantu melindungi kepala anda.
  2. Saat cuaca berangin hoodie juga akan melindungi telinga anda dari tiupan angin gunung. 

Jaket Gunung

Sumber : https://usshop.goldwin-sports.com/

Bahan Jaket Gunung

Sebisa mungkin pilih jaket yang terbuat dari bahan kain berkualitas agar jaket yang anda miliki nantinya bisa lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

1. Bahan Jaket Warm Up

Untuk anda yang sedang mencari jaket warm up mungkin anda bisa memilih jaket gunung yang dibuat dari kain polar.

  • Kain polar adalah kain yang mempunyai permukaan menyerupai kapas. Biasanya digunakan untuk membuat jaket ataupun untuk bagian dalam jaket.
  • Bahan kain ini memiliki tekstur lembut, berbulu halus, empuk, hangat  dan bersifat menyerap air (hidrofobik).
  • Jaket dengan bahan polar bagian dalamnya sangat tidak direkomendasikan dipakai saat musim hujan, karena ketika basah cenderung susah kering.
  • Mencari bahan kain polar berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinline bisa mendapatkannya Di Sini.

2. Bahan Jaket Windproof

Untuk anda yang memerlukan jaket windproof anda bisa memilih jaket gunung yang dibuat dari bahan khusus yang dilengkapi dengan fungsi penahan angin (windproof) untuk mencegah masuknya angin ke bagian badan. Beberapa diantaranya berupa:

Simak juga pembahasan mengenai bahan windproof pada artikel Fitinline terdahulu bila anda ingin  Mengenal Fungsi dan Karakteristik Bahan Windproof.

3. Bahan Jaket Waterproof

Kalau anda ingin mendapatkan jaket yang lebih tahan air anda bisa memilih jaket yang dibuat dari bahan kain parasut dan bahan kain taslan yang dilengkapi dengan coating anti air. Jaket waterproof saat ini juga banyak dibuat menggunakan teknologi gore-tex.

Gore-tex sendiri merupakan sebuah teknologi bahan yang anti air, kedap udara tetapi tetap bisa mengalirkan panas jaket keluar. Berdasarkan desain dan kegunaannya bahan goretex sendiri secara umum dapat dibedakan menjadi tiga varian yakni:

  • Gore-tex standar cocok dipakai untuk aktifitas sehari-hari seperti berkendara dengan tujuan untuk melindungi tubuh dari air dan angin pada  musim hujan.
  • Gore-tex active dapat digunakan untuk aktifitas yang lebih ektrim seperti mendaki gunung di musim hujan.
  • Gore-tex pro cocok dipakai untuk pendakian dengan cuaca yang extreme karena bahannya lebih kuat berkali-lipat sehingga lebih tahan air, angin dan lebih awet.

Mencari bahan gore-tex berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket gunung?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat koleksi kain jaket kami Di Sini. Khusus di Fitinline sendiri tersedia tiga varian bahan gore-tex yakni berupa gore-tex parasut, gore-tex taslan dan juga gore-tex mayer.

1. Gore-Tex Parasut

Kain gore-tex parasut terdiri atas tiga lapisan yakni lapisan luar dari bahan dasar nilon yang ringan, latex atau membran PTFE dan trikot atau jala sebagai lapisan terakhir.

2. Gore-Tex Taslan

Kain gore-tex taslan terdiri atas tiga lapisan yakni lapisan luar dari bahan dasar nilon yang cukup tebal, lapisan tengah dari bahan latex atau membran PTFE dan trikot atau jala sebagai lapisan terakhir.

3. Gore-Tex Mayer

Kain gore-tex mayer terdiri atas tiga lapisan yakni lapisan luar dari bahan dasar nilon yang ringan dan licin, latex atau membran PTFE dan trikot atau jala sebagai lapisan terakhir.

Kombinasi lapisan-lapisan yang ada pada kain gore-tex membuat bahan kain yang dihasilkan jadi lebih bersifat waterproof sekaligus windproof dan memiliki daya breathability yang baik sehingga tidak panas saat digunakan.

Breathability Jaket

Pemilihan jaket waterproof dengan system breathability yang baik juga menjadi bahan pertimbangan yang sangat penting untuk diperhatikan. Breathability sendiri merupakan kemampuan sebuah bahan untuk mampu mengalirkan udara panas akibat pernafasan tubuh keluar dari jaket.

Biasanya semakin tinggi kemampuan suatu bahan jaket dalam menahan air, maka semakin tinggi pula kemampuannya dalam menahan angin. Namun akan berbanding terbalik dengan kemampuannya dalam melepaskan udara panas akibat pernafasan tubuh yang terperangkap di dalam jaket.

Warna Jaket Gunung

Jaket gunung dengan warna gelap secara kasat mata memang cenderung tidak mudah kotor bila dibandingkan dengan jaket yang berwarna terang. Namun untuk alasan keamanan sebaiknya pilih jaket yang berwarna cerah agar anda lebih mudah ditemukan di alam liar.

  1. Warna gelap biasanya dipilih karena tidak mudah kotor, namun warna gelap akan mudah menyerap panas sehingga tidak cocok digunakan saat siang hari.
  2. Jaket gunung dengan warna gelap juga akan membuat anda susah terlihat di alam bebas karena itulah sebaiknya pilihlah jaket yang berwarna cerah.
  3. Pilihlah jaket dengan satu warna, karena semakin sedikit kombinasi warnanya berarti lebih sedikit jahitan untuk menempelkan warna tersebut.
  4. Sedikit jahitan akan membuat jaket anda lebih nyaman ketika dipakai saat kondisi hujan maupun berangin.

Jaket Gunung

Sumber : https://havenshop.com/

Penempelan Logo Merek

Sebisa mungkin jangan pilih jaket gunung dengan logo yang dibordir tapi pilihlah jaket gunung yang menyematkan logo mereknya dengan cara disablon. Pembordiran logo merek tersebut akan menyebabkan kebocoran, sehingga kemungkinan jaket gunung menjadi bocor sebelum dipakai semakin besar.

Fitur Tambahan

Khusus untuk anda yang hendak berpetualang di daerah pegunungan yang ekstrim sebaiknya pilih jaket yang dilengkapi dengan fitur tambahan.

  1. Jaket gunung model sekarang sebagian sudah ada yang dilengkapi dengan pita scotlight yang dapat memantulkan cahaya.
  2. Jaket gunung ada juga yang pada bagian pergelangan tangannya terdapat sebuah tempat untuk mengikat sencet atau semacamnya.
  3. Dengan adanya banyak fitur penting pada jaket maka aktivitas anda di alam bebas pasti akan semakin nyaman.

Perawatan Jaket

Bergantung pada bahan kain yang digunakan untuk membuatnya masing-masing jaket gunung sebenarnya memiliki cara perawatan sendiri-sendiri. Untuk membersihkan jaket gunung yang dibuat dari bahan waterproof misalnya, anda tidak perlu menggunakan detergen tapi cukup dengan air biasa saja atau shampo.

  1. Cuci jaket waterproof dengan menggunakan shampo
  2. Bilas jaket hingga benar-benar bersih dan tidak ada busa shampo yang tertinggal.
  3. Jika sudah dibilas dan dibersihkan, keringkan jaket dengan cara menjemurnya ditempat yang teduh dan tidak terpapar sinar matahari langsung.
  4. Setelah kering jaket gunung yang satu ini tidak perlu dilipat jika ingin disimpan tapi cukup digantungkan saja.

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa hal yang harus anda pertimbangkan bila ingin memilih jaket gunung. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang tips dan trik seputar fashion yang tidak kalah seru simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.