Article

Homepage Article Kain Tekstil Mengenal Fungsi dan Karakteristik…

Mengenal Fungsi dan Karakteristik Bahan Windproof

Mengenakan jaket ketika bersepeda maupun saat mengendarai motor seolah sudah menjadi suatu hal yang wajib dilakukan sebagai upaya untuk melindungi tubuh dari terpaan angin, debu, polusi, panas matahari, dan juga udara yang dingin.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan produk jaket yang berkualitas saat ini sejumlah produsen jaket pun juga banyak yang menambahkan fungsi tertentu pada jaket, salah satunya fungsi penahan angin (windproof) untuk mencegah masuknya angin ke bagian badan. 

Bahan Windproof

Sumber : https://www.decathlon.co.uk/

Lantas yang dimaksud dengan fungsi windproof itu seperti apa ya?.

Secara sederhana windproof dapat didefinisikan sebagai sifat yang ditambahkan pada sebuah bahan kain tertentu supaya memiliki kemampuan yang bagus untuk menahan angin. Satuan yang digunakan untuk menyatakan material windproof adalah cubic feet per minute atau CFM. 

Bahan Windproof

Sumber : http://road.cc/

CFM merupakan satuan internasional yang dipakai sebagai patokan kemampuan jaket dalam menahan angin yang masuk. Jadi dalam satu kubik penampang kain itu kira-kira bisa menahan angin berapa. 

Bahan Windproof

Sumber : https://www.kalenji.co.uk/

Kalau secara satuan angka nol CFM itu berarti angin tidak bisa masuk sama sekali. Namun demi menyesuaikan kebutuhan konsumen, beberapa produsen ada juga yang sengaja tidak menggunakan bahan nol CFM agar nyaman dipakai pada siang hari. Itulah sebabnya sampai angka 40 CFM pun biasanya sebuah jaket masih dikatakan windproof. 

Bahan Windproof

Sumber : http://road.cc/

Bahan kain yang bersifat waterproof sudah pasti bersifat windproof, namun bahan kain yang bersifat windproof belum tentu bersifat waterproof. Khusus untuk jaket waterproof umumnya ditandai dengan adanya tambahan pelapis dibagian jahitannya (ditimpa/ditutup).

Semakin tinggi kemampuan suatu bahan jaket dalam menahan air maka semakin tinggi pula kemampuannya dalam menahan angin, namun akan berbanding terbalik dengan kemampuannya dalam melepaskan udara panas akibat pernafasan tubuh yang terperangkap di dalam jaket.

Bahan Windproof

Sumber : http://road.cc/

Cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk menguji sifat windproof pada sebuah bahan adalah dengan meniup bahan dan memastikan apakah ada angin yang masuk atau tidak.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.