Article

Homepage Article Cara Menjahit Yuk, Ketahui Apa Saja Yang…

Yuk, Ketahui Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Untuk Membuat Jaket Sendiri!

Membuat pakaian sendiri, terutama jaket tentunya menjadi suatu kebangaan tersendiri bagi setiap orang. Terlebih ketika pakaian tersebut dapat digunakan sehari-hari dan dapat mengurangi jumlah biaya yang dikeluarkan setiap bulannya untuk keperluan sandang. Pastinya Liners bangga kan jika bisa membuat pakaian sendiri?

Tak dapat dipungkiri jika keperluan sandang menjadi keperluan utama yang tak dapat digantikan oleh hal lainnya. Kebutuhan sandang semakin meningkat pertahunnya mengikuti pergerakan trend fashion yang tak ada hentinya. Jaket merupakan salah satu kebutuhan sandang yang tak pernah lekang oleh waktu. Hal ini terlihat di setiap kesempatan, jaket selalu hadir dengan tampilan serta variasi yang berbeda, sehingga kehadirannya selalu saja berhasil menarik perhatian masyarakat luas.

Pangsa pasar yang semakin luas membuat Jaket menjadi populer di berbagai kalangan. Hal tersebutlah yang membuat jaket semakin dicari dan terkadang harganya jauh lebih mahal dibanding pakaian yang lainnya. Selain itu, terkadang bentuk serta ukuran jaket kurang sesuai dengan yang diharapkan, sehingga membuat jaket sendiri merupakan cara yang tepat untuk memenuhi keperluan sandang pribadi, terutama kebutuhan akan jaket.

Lantas, apa saja sih yang diperlukan untuk membuat jaket sendiri di rumah?

Membuat Jaket

  • Siapkan Alat dan Bahan!

Langkah awal ini tentunya akan menjadi langkah yang sangat penting, karena di langkah ini Liners akan dapat menentukan alat dan bahan untuk membuat jaket. Di langkah ini, pemilihan bahan tentunya akan menjadi sangat penting untuk menjadi penentu berhasil atau tidaknya hasil dari jaket yang akan dibuat.

Fitinline merekomendasikan 7 bahan kain terbaik yang cocok untuk membuat jaket nih, Liners! Kriterianya yaitu bahan yang hangat, kuat, awet, mudah kering, ringan, dan anti air. Keenam kriteria tersebut tentunya ada pada bahan kain seperti:

  • Kain Taslan, jika menginginkan bentuk jaket yang awet di segala cuaca dan mudah untuk dibersihkan.
  • Kain Mayer, jika menginginkan bentuk jaket yang tipis, lembut dan mengkilap.
  • Kain Puma Scott, jika menginginkan bentuk jaket yang sedikit lebih tebal dengan permukaan yang halus, tidak mudah kusut, dan tidak menimbulkan suara yang berisik jika digesekkan.
  • Kain ZN, jika menginginkan bentuk jaket yang cenderung lebih berat meskipun kainnya sama dengan kain taslan.
  • Kain Kanvas, jika menginginkan bentuk jaket yang tebal, kuat dan memiliki serat benang yang terlihat jelas pada permukaan kainnya.
  • Kain Micro, jika menginginkan bentuk jaket yang memiliki tekstur dengan serat yang sangat kecil, permukaannya licin serta agak tipis.
  • Kain Despo, jika menginginkan bentuk jaket yang halus, licin, ringan, tidak mudah kusut, dan anti air.

Memilih Bahan jaket yang berkualitas merupakan hal yang perlu untuk diperhatikan. Minimal bahan yang digunakan harus dapat menghangatkan tubuh, kuat, tidak mudah sobek, mudah dikeringkan, ringan dan memiliki sifat yang anti air.

Membuat Jaket

  • Mulai Tentukan Pola!

Menentukan pola jaket yang akan dibuat juga tentunya akan sangat penting untuk menyesuaikan jaket apa yang akan dibuat. Apakah Liners akan membuat jaket bomber, parka ataupun varsity? Hal tersebut tergantung pada pola jaket apa yang akan dibuat oleh, Liners!

Dalam pembuatan pola ini, Liners juga harus mengetahui berapa ukuran yang akan digunakan untuk membuat jaket, sehingga jaket yang akan dibuat akan sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Pola yang dibuat juga dapat menentukan berapa ukuran kain yang digunakan untuk membuat jaket.

Membuat Jaket

  • Tentukan Konveksi Pilihan!

Jika tidak ada alat jahit di rumah, maka pilihan yang tepat adalah konveksi pakaian.  Ada beberapa tips dalam memilih konveksi yang terpercaya. Pertama, pertimbangkan untuk memilih konveksi yang memiliki alamat yang jelas. Kedua, pilih konveksi yang nyaman untuk diajak berkomunikasi. Lalu yang ketiga, cari informasi yang cukup mengenai hasil produksi original dari konveksi tersebut. Yang terakhir, lihatlah testimoni yang diberikan para pelanggan kepada konveksi tersebut, sehingga hasil dari produk yang diinginkan dapat terwujud.

Membuat Jaket

  • Potong Bahan Kain!

Jika memiliki alat jahit di rumah, maka langkah setelah membuat pola jaket yaitu memotong bahan kain sesuai dengan ukuran yang telah ditetapkan. Lakukan dengan memotong yang paling dekat dengan tepi terlebih dahulu, setelahnya ikuti garis kampuh yang telah dibuat sebelumnya. Potong bahan kain dari bagian pola yang besar terlebih dahulu, lalu pola yang kecil seperti saku ataupun ban pinggang. Agar hasil potongannya dapat terkesan ratas dan halus, gunakan gunting yang tajam!

Membuat Jaket

  • Mulailah menjahit!

Setelah selesai memotong bahan kain, mulailah menjahit sesuai dengan pola dan desain jaket yang telah ditentukan di awal!
Apapun tahapannya, yang paling utama pastinya yaitu adanya niat dan berani untuk memulai. Meskipun pada akhirnya hasilnya tidak sesuai dengan keinginan, namun harusnya hal tersebut tidak akan membuat Liners takut untuk mencoba membuat pakaian sendiri lagi. Perlu diperhatikan juga untuk memilih bahan kain yang dapat menghemat biaya produksi.

Demikian pembahasan singkat mengenai apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat jaket sendiri di rumah. Semangat ya, Liners!

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.