Article

Homepage Article Fashion Design Perlengkapan Yang Wajib…

Perlengkapan Yang Wajib Dikenakan Wasit Basket

Sering melihat pertandingan bola basket tapi hampir tidak pernah memperhatikan pakaian yang digunakan oleh wasit bola basket?. Seperti halnya anggota tim basket yang bermain dalam suatu pertandigan, cara berpakaian seorang wasit juga tidak boleh sembarangan karena ada ketentuan yang mengaturnya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pentingnya Peran Wasit Basket

Wasit adalah seorang yang memiliki wewenang dan hak penuh untuk mengatur jalannya suatu pertandingan olahraga. Sesuai aturan yang ditetapkan asosiasi basket di seluruh dunia, dalam permainan basket sendiri jumlah wasit yang ditugaskan untuk mengatur pertandingan jumlahnya ada tiga orang.

  • Satu orang sebagai wasit utama yang disebut referee.
  • Satu orang lainnya berperan sebagai asisten wasit yang disebut umpire.
  • Sementara satu sisanya adalah wasit pencatat atau scorer.

Wasit Basket

Sumber : https://www.colaisteanatha.ie/

Tugas dan wewenang wasit utama (referee) dalam permainan basket sendiri yaitu:

  • Mengawasi pemanasan yang dilakukan oleh kedua tim sebelum pertandingan dimulai.
  • Memeriksa semua perlengkapan pertandingan mulai dari lantai, bola, ring, hingga papan skor dan lain sebagainya.
  • Memeriksa daftar nama pemain kedua tim serta memastikan kedua tim yang akan bertanding apakah sudah mengenakan seragam yang sesuai aturan kompetisi/liga.
  • Memulai pertandingan dengan melakukan tip-off di tengah lapangan.
  • Memastikan bahwa permainan berjalan sesuai dengan aturan dan regulasi yang ditetapkan oleh Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).
  • Bertanggung jawab memberikan penilaian dan memberikan tanda jika terjadi pelanggaran.
  • Memastikan bahwa setiap ada pelanggaran sudah dalam pengetahuan wasit pencatat (scorer).
  • Memastikan keamanan semua pemain dan berhak mengambil tindakan atas alasan disiplin jika ada pemain, pelatih, atau orang lain yang melakukan perilaku tidak pantas.

Wasit Basket

Sumber : https://www.mprnews.org/

Tugas dan wewenang wasit asisten wasit (umpire) dalam permainan basket sendiri yaitu:

  • Mencatat pelanggaran (foul) dan akan memberitahukannya kepada wasit pertama jika seorang pemain sudah melakukan pelanggaran tiga kali berturut-turut.
  • Melakukan pengawasan terhadap anggota tim selama pertandingan berlangsung, meliputi pemain, posisi pemain cadangan, staf, pelatih dan yang lainnya.
  • Menjaga agar pertandingan berjalan lancar dan kondusif.
  • Menghitung dan memastikan kuota time out masing-masing tim.
  • Mengawasi jumlah pergantian pemain yang dilakukan oleh masing-masing tim.
  • Membantu wasit pertama dalam menentukan pelanggaran atau tidaknya sebuah kejadian.
  • Jika kondisi lapangan basah atau licin, wasit kedua berhak menentukan perlu tidaknya tim teknis mengeringkan lapangan.

Wasit Basket

Sumber : https://www.ctinsider.com/

Sementara tugas dan wewenang dari wasit pencatat yang disebut juga dengan wasit ketiga (scorer) yaitu hanya sebatas scoring saja yakni meliputi pencatatan skor dan shot clock. Kehadiran scorer biasanya terjadi pada pertandingan-pertandingan basket yang sifatnya penting atau menentukan.

Wasit Basket

Sumber : https://www.timesargus.com/

Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab seperti yang sudah disebutkan di atas, wasit yang ditugaskan di lapangan pun tidak bisa memakai pakaian secara asal karena ada beberapa ketentuan atau peraturan yang harus dipatuhi.  

Perlengkapan Wasit Basket

Terkait dengan seragam yang digunakan wasit dalam pertandingan basket, pada pelaksanaannya di lapangan seorang wasit harus memiliki perlengkapan khusus. Perlengkapan yang dimaksud yakni berupa: 

1. Kemeja atau Kaos

Kemeja atau kaos dengan warna abu-abu atau belang-belang hitam-putih berfungsi sebagai kostum seorang wasit basket. Warna tersebut sudah menjadi standar kostum wasit olahraga basket sehingga harus diikuti oleh semua orang yang dipercaya untuk menjadi wasit dalam permainan basket.

Wasit Basket

Sumber : https://www.morganert.pw/

Selain pemilihan warnanya sudah ditentukan oleh induk organisasi bola basket, kaos yang dipakai oleh wasit juga harus selalu dimasukkan ke celana saat memandu suatu pertandingan.

  • Penggunaan kaos yang dimasukkan ke dalam celana akan memberi kesan rapi pada penampilan.
  • Penggunaan kaos yang dimasukkan ke dalam celana juga memberi ruang gerak yang lebih leluasa bagi para wasit saat melakukan pergerakan di lapangan.

2. Celana Panjang Berwarna Hitam

Selain kemeja atau kaos, celana panjang berwarna hitam juga menjadi atribut wajib yang dikenakan oleh wasit bola basket. Dengan menggunakan celana panjang maka aktivitas wasit tidak akan terganggu dan mereka bisa bergerak dengan mudah.

Wasit Basket

Sumber : https://www.refereestore.com/

Download pola celana siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat celana sendiri dengan pola yang sudah jadi.

3. Peluit

Peluit memiliki peran penting dalam kelancaran sebuah pertandingan. Fungsi utama peluit yaitu sebagai kode atau isyarat terjadinya momen-momen penting ketika laga berjalan.

  • Wasit akan meniup pluit tersebut sambil mengangkat tangan dengan posisi terbuka setiap kali terjadi pelanggaran.
  • Peluit juga dibunyikan ketika wasit hendak menunjukkan ke arah mana bola harus dilempar.

Wasit Basket

Sumber : https://www.refereestore.com/

Saat memandu permainan basket peluit biasanya selalu dikenakan dengan cara digantung di bagian leher pemain basket. Dengan begitu setiap kali peluit dibutuhkan, wasit bisa langsung mengambil dan meniup peluit untuk memberikan isyarat atau tanda pada permainan bola basket.

Wasit Basket

https://www.basketballvictoria.com.au/

4. Kaos Kaki Hitam

Wasit dalam permainan bola basket juga harus mengenakan sepasang kaos kaki berwarna hitam. Sebelumnya warna hitam memang sudah menjadi warna yang digunakan wasit sejak dulu.

Wasit Basket

Sumber : https://www.lazada.co.id/

5. Sepatu Basket

Ketika memimpin pertandingan bola basket, seorang wasit tidak diperkenankan menggunakan sandal atau jenis sepatu lain yang terkesan formal. Idealnya sepatu untuk wasit harus  memiliki sol kaku dan tidak licin untuk membantu mereka bergerak dengan lebih cepat di dalam lapangan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah perlengkapan dan seragam yang wajib dikenakan oleh wasit bola basket. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi gambaran kepada anda bahwa saat memimpin jalannya pertandingan di lapangan seorang wasit tidak bisa sembarangan berpakaian. 

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jersey basket?. Sebagai bahan pertimbangan sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu katalog Kain Drifit, Kain Lotto, Kain Hyget dan Kain Paragon yang kami miliki.

Simak juga Perkembangan Jersey Basket Dari Masa ke Masa dan Aturan Terkait Kostum Yang Harus Dikenakan Pemain Basket kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang perkembangan jersey basket.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.