Article

Homepage Article Kain 5 Tips Menata dan Menyimpan…

5 Tips Menata dan Menyimpan Kain Perca Biar Lebih Rapi

Punya banyak sisa-sisa potongan bahan kain perca yang menumpuk di sudut ruang jahit?. Jika anda  masih berencana untuk menggunakan sisa-sisa potongan kain perca tersebut sebagai bahan kerajinan, ada baiknya jika dari sekarang anda mulai merapikan kain perca tersebut agar tampilannya senantiasa tetap rapi.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Perca

Kain perca merupakan sejenis bahan kain yang berasal dari sisa-sisa potongan kain yang lebih besar. Dapat pula dikatakan bahwa kain perca sebenarnya termasuk ke dalam jenis limbah namun masih dapat dimanfaatkan menjadi berbagai produk kreasi kain perca yang bernilai jual tinggi asal disimpan dengan cara yang tepat.

Kain Perca

Sumber : https://www.incolororder.com/

Simak juga Karakteristik Kain Perca dan Pemanfaatannya Untuk Berbagai Kerajinan Tangan.

Tips Menyimpan Kain Perca

Berbicara mengenai kain perca, lantas bagaimana cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menata dan menyimpan sisa-sisa kain perca yang masih bisa dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan?. Buat anda yang penasaran berikut kami bagikan beberapa cara sederhana yang bisa anda coba untuk menata dan menyimpan kain perca.

1. Potong Kain Biar Rapi

Pertama potong bahan kain perca menjadi ukuran dan bentuk yang bisa digunakan. Dalam hal ini anda bisa mulai dengan memotong bagian terbesar kain yang anda miliki.

  • Untuk kain yang memiliki ukuran lebih dari 5 inci anda bisa merapikan kain dengan cara membuang sisa-sisa kain tak beraturan yang ada di kedua sisi kain.
  • Khusus untuk kain yang ukurannya tidak terlalu besar anda bisa memotongnya berdasarkan ukuran tertentu misal dengan lebar 1 ½ inci, 2 inci atau 2 ½ inci.
  • Sementara untuk sisa-sisa kain yang tidak beraturan, anda juga dapat memilih untuk memotong kain menjadi bentuk-bentuk tertentu yang lebih kecil, misal bentuk persegi panjang, persegi, segitiga atau bentuk lainnya.

Kain Perca

Sumber : https://www.aquiltinglife.com/

Putuskan pula bagaimana cara memotong sisa kain tersebut agar bentuk yang dihasilkan jauh lebih rapi.

  • Memotong kain dengan rotary cutter dan cutting mat akan membuat kain perca menjadi rapi dan memiliki ukuran yang presisi.
  • Tapi kalau anda tidak memiliki rotary cutter dan cutting anda cukup memotong kain tersebut dengan menggunakan gunting.

Kain Perca

Sumber : https://www.aquiltinglife.com/

Simak juga Memotong Bahan Kain Dengan Rotary Cutter.

2. Sortir Bahan Kain

Berikutnya mulailah mengatur koleksi potongan kain perca dengan cara menyortirnya berdasarkan ukuran ukuran tertentu, misalnya saja: 

  • Kelompokkan kain yang lebarnya lebih kecil dari 2,5 inci dengan panjang bebas.
  • Kelompokkan kain yang lebarnya antara 2,5 inci sampai 5 inci dengan panjang bebas
  • Kelompokkan kain yang lebarnya melebihi 5 inci dengan panjang bebas.

Untuk mempercepat pengelompokan kain perca tanpa perlu mengukurnya satu per satu dengan penggaris atau meteran, anda bisa juga menggunakan bantuan kertas tebal yang sudah dipotong dengan lebar tertentu sebagai acuannya.

Selesai disortir atau dipisahkan berdasarkan ukurannya, sekarang anda bisa mulai mengurutkan kain dalam sub kelompok tertentu misal saja berdasarkan warna ataupun motifnya.

Khusus untuk anda yang baru mulai mengatur sisa kain perca dan tidak memiliki banyak tempat penyimpanan untuk masing-masing warna kain maka anda bisa membagi warnanya menjadi dua kategori, yakni warna hangat dan warna dingin.

  • Warna hangat merupakan warna yang bisa menciptakan suasana menjadi semangat, riang serta mendatangkan keceriaan. Warna yang termasuk ke golongan ini antara lain merah, kuning, oranye dan cokelat.
  • Warna dingin merupakan warna yang memberikan makna menenangkan, sejuk dan lembut. Warna yang termasuk ke golongan ini antara lain biru, putih, abu, violet, hijau, dan silver.

Kain Perca

Sumber : https://www.emilyretro.com/

3. Setrika Bahan Kain

Untuk memastikan agar sisa-sisa potongan kain perca yang anda miliki tetap halus dan rapi, setrika tiap potongan bahan kain yang sudah anda sortir baik berdasarkan ukuran, warna atau motifnya.

Dengan menyetrika bahan kain sebelum menyimpannya anda pun bisa langsung mengambil potongan yang anda suka setiap kali ingin membuat kerajinan tangan tanpa harus menyetrikanya lebih dulu.

4. Melipat Bahan Kain

Selesai disetrika lipat kain satu persatu lalu kelompokkan berdasarkan kategorinya. Biar makin rapi anda bisa juga menambahkan potongan kardus di dalam lipatan kain.

  • Caranya potong kardus bekas sesuai kebutuhan menggunakan cutter.
  • Setelah itu letakkan potongan kardus di ujung kain lalu gulung beserta kainnya.
  • Lipat kain mengikuti lebar potongan kardus sampai habis.
  • Hasilnya akan terbentuk lipatan mendatar atau horisontal dengan lebar yang sama dengan lebar potongan kardus.

5. Menyimpan Bahan Kain

Simpan kain perca di dalam kotak atau wadah transparan yang memiliki penutup. Jangan lupa beri label yang mudah terlihat agar anda tidak kesulitan saat hendak mengambil kain yang berada pada kotak penyimpanan.

  • Kotak yang bening atau transparan menjadi wadah terbaik untuk menyimpan kain perca karena memungkinkan anda untuk melihat ukuran dan warna potongan di dalamnya.
  • Menyimpan kain di dalam wadah yang tetutup juga efektif untuk mempertahankan warnanya agar tidak mudah memudar dan terkena debu.

Kain Perca

Sumber : http://www.abrightcorner.com/

Jika anda tidak memiliki wadah transparan yang tertutup anda bisa juga menyimpan kain perca di rak-rak penyimpanan, tapi pastikan agar rak tersebut tidak di dekat jendela. Agar kebersihan kain tetap terjaga, selanjutnya anda bisa meletakkan selembar kain yang menutupi rak.

Cara lain atur kain perca dalam wadah plastik ziplock yang biasa digunakan untuk mengemas pakaian berdasarkan warna atau ukuran tertentu. Jika sudah selanjutnya masukkan plastik-plastik tersebut ke dalam tas-tas penyimpanan untuk melindunginya dari sinar matahari.

Kain Perca

Sumber : https://www.sewingmachinesplus.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai tips menata dan menyimpan bahan kain perca di rumah yang bisa anda coba. Semoga infomasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk mengorganisir sisa-sisa potongan kain perca yang masih bisa dipakai agar kualitasnya tetap bagus dan tidak berantakan.

Kalau anda kebetulan sedang membutuhkan bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian atau produk kerajinan lainnya, sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain yang kami miliki.

Semoga bermanfat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.