Article

Homepage Article Fashion Design 10 Fakta Unik Baju Turtleneck…

10 Fakta Unik Baju Turtleneck Yang Banyak Orang Tidak Tahu

Biasa digunakan sebagai fashion item andalan saat cuaca dingin, baju turtleneck yang identik dengan leher tinggi ternyata juga menyimpan banyak sekali fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Turtleneck

Turtleneck merupakan salah satu pilihan outfit serbaguna yang dapat memberikan tampilan elegan atau santai tergantung pada cara pemakaian dan gaya yang dipilih. Ciri paling khas yang membedakannya dengan fashion item lain yaitu turtleneck ini identik dengan bentuk lehernya yang tinggi.

  • Baju turtleneck dapat memberikan perlindungan ekstra bagi leher dan tenggorokan dari cuaca dingin.
  • Baju turtleneck juga bisa memberikan penampilan yang lebih teratur dan rapi.
  • Baju turtleneck bisa digunakan untuk berbagai gaya dan kesempatan, baik itu gaya kasual dan gaya streetwear.
  • Baju turtleneck bisa dipadukan dengan celana panjang, rok, atau bahkan di bawah setelan jas untuk tampilan yang lebih formal.

Fakta Menarik Turtleneck

Layaknya fashion item lain yang diciptakan untuk para pria dan wanita, baju turtleneck sendiri pada prinsipnya juga memiliki sejarah yang cukup panjang sampai akhirnya bisa digunakan sebagai item pelengkap fashion masa kini.

1. Diciptakan Untuk Para Pelaut

Dilihat dari sejarahnya, awal mula terciptanya turtleneck sendiri bisa ditelusuri sejak abad ke-15. Dimana pada waktu itu turtleneck biasa digunakan oleh para pelaut, untuk menghalau terpaan angin laut yang dingin.

Baju Turtleneck

Sumber : https://www.garmentory.com/

2. Jadi Kostum Olahraga Polo

Selain digunakan oleh para pelaut, baju turtleneck juga diadaptasi menjadi seragam bertanding para atlet olahraga polo di tahun 1860. Polo sendiri merupakan olahraga beregu yang dimainkan di atas kuda dengan tujuan untuk mencetak gol ke gawang lawan.

3. Termasuk Fashion Item Unisex

Turtleneck termasuk ke dalam jenis fashion item yang bersifat unisex alias bisa dipakai oleh pria maupun wanita. Desainnya yang sederhana dan serbaguna membuatnya cocok untuk digunakan oleh siapa saja.

  • Pemakaian turtlenecak di kalangan pria pekerja dimulai pada abad ke-19 di dunia Barat.
  • Turtleneck juga mulai diadopsi sebagai pelengkap gaya penampilan wanita lewat kemunculan karakter fiksi Gibson Girl karya seniman Charles Dana Gibson pada akhir abad ke-19.
  • Gibson Girl digambarkan sebagai ikon perempuan ideal yang atraktif, aktif, dan independen.
  • Karakter itu diperlihatkan lewat ilustrasi wajah perempuan yang mengenakan high neckline.

Baju Turtleneck

Sumber : https://glamourdaze.com/

Berawal dari situ turtleneck menjadi semakin populer setelah dipakai para artis sensual semacam Marilyn Monroe dan Jayne Mansfield. Tetapi aura turtleneck menjadi berbeda saat dikenakan Audrey Hepburn dalam film Funny Face pada 1957.

Baju Turtleneck

Sumber : https://goldfm.lk/

4. Jadi Lambang Kekuatan Wanita

Turtleneck juga menyimpan reputasi historis yang panjang karena kaitannya yang erat dengan berbagai figur perempuan, termasuk para aktivis perempuan di era 70-an hingga politikus perempuan di era sekarang.

Salah satu tokoh yang dimaksud yakni Alexandria Ocasio-Cortez, politikus asal Amerika Serikat berusia 30 tahun yang mengenakan turtleneck saat menyampaikan persoalan penanganan corona di distrik yang diwakilinya, yaitu Bronx dan Queens.

Baju Turtleneck

Sumber : https://www.yahoo.com/

Kesederhanaan baju turtleneck juga menarik perhatian sederet desainer dunia, mulai dari Jil Sander, Phoebe Philo hingga Victoria Beckham. Sementara di Indonesia sendiri beberapa tokoh yang terlihat sering mengenakan baju turtleneck yaitu Najwa Shihab, Cinta Laura dan Mira Lesmana.

Baju Turtleneck Baju Turtleneck

Sumber : https://www.herworld.co.id/, https://www.fimela.com/

5. Menjadi Workwear Item

Selain menjadikan turtleneck sebagai lambang kekuatan wanita, Jil Sander dan Phoebe Philo  juga menjadikan turtleneck sebagai workwear item hingga di acara resmi seperti press conference dan saat menutup fashion show.

Baju Turtleneck

Sumber : https://www.textilwirtschaft.de/

6. Sifatnya Tak Lekang Oleh Waktu

Turtleneck sendiri termasuk busana yang tak lekang waktu atau timeless, artinya tidak pernah ada istilah kuno untuknya. Di masa kini turtleneck bahkan kerap dianggap sebagai fashion item yang menggambarkan sosok perempuan berani, klasik, sleek, bold, tangguh dan kuat.

7. Populer di Musim Dingin

Turtleneck menjadi pilihan fashion item yang populer dalam mode musim dingin karena memberikan perlindungan tambahan dan kenyamanan di daerah yang rentan terhadap suhu dingin.

8. Menghadirkan Kesan Sopan

Turtleneck mampu menghadirkan kesan sopan dari sang pemakai lewat kesederhanaan turtleneck itu sendiri. Kemampuan turtleneck dalam menghadirkan kesan sopan dari sang pemakai, seolah mensinyalkan prestasinya lewat spirit dari turtleneck itu sendiri.

9. Pilihan Modelnya Bervariasi

Baju turtleneck dapat dijumpai dalam berbagai pilihan model yang bervariasi, beberapa diantaranya yakni berupa:

  • Sleeves turtleneck alias baju berkerah tinggi yang awalnya dihadirkan sebagai rompi tanpa lengan untuk memberi kehangatan saat musim gugur.

Baju Turtleneck

Sumber : https://poshmark.com/

  • Classic turtleneck yang memiliki desain paling kuno yakni lipatan lehernya dibuat dobel dalam ukuran yang tidak terlalu besar, terlalu kecil, ataupun terlalu tinggi.

Baju Turtleneck

Sumber : https://www.senitaathletics.com/

  • Oversized turtleneck yang sengaja dirancang dalam ukuran besar untuk menghangatkan tubuh pemakainya saat musim dingin.

Baju Turtleneck

Sumber : https://www.amazon.co.uk/

  • Cowl turtleneck yang bagian bahunya sengaja didesain cukup longgar dan tidak terlalu membentuk tubuh, sedangkan bagian lehernya sengaja dilebihkan supaya dapat dilipat.

Baju Turtleneck

Sumber : https://poshmark.com/

10. Pilihan Bahannya Beragam

Disamping pilihan modelnya ada banyak, baju turtleneck bisa juga dibuat dari berbagai jenis bahan kain yang beragam. Bahan yang dipilih akan mempengaruhi kehangatan, kelembutan, dan tampilan dari turtleneck tersebut.

  • Untuk membuat sleveless turtleneck, oversized turtleneck dan cowl turtleneck misalnya bahan yang digunakan bisa berupa bahan rajutan.
  • Sementara untuk classic turtleneck, bahan yang dipakai lebih cocok kalau karakteristiknya cenderung ringan, seperti misalnya kain spandek atau wol yang sangat tipis.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta menarik tentang baju turtleneck yang penting untuk kamu ketahui. Dengan mengetahui banyaknya fakta unik dan menarik tentang turtleneck semoga wawasan dan pengetahuan kamu tentang turtleneck jadi makin bertambah ya.

Butuh bahan kain spandek berkualitas dengan harga murah untuk membuat classic turtleneck?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi bahan kain spandek yang kami miliki yuk.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.