Article

Homepage Article Desain Fesyen 7 Langkah Mudah Membuat…

7 Langkah Mudah Membuat Desain Baju Melalui Sketsa Mode

Melanjutkan pembahasan tentang Desain Sketsa Busana (Fashion Sketching), kali ini Fitinline akan mengajak anda untuk melihat lebih dekat mengenai cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk membuat sketsa mode. 

Membuat Desain Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

Pembuatan desain sketsa ini pada prinsipnya penting untuk dilakukan agar pemotongan kain dan penjahitan desain benar-benar dapat terealisasi sesuai harapan. Oleh karena itulah desain sketsa mode yang dibuat pun harus benar-benar menampilkan dan menghidupkan suatu detail gambar.

Membuat Desain Baju

Sumber : http://lifestyle.liputan6.com/

Untuk membuat desain sketsa busana mula-mula siapkan pensil, penghapus, dan kertas putih yang mendukung. Pilih pensil yang bisa menghasilkan garis sketsa yang tidak gelap dan mudah dihapus misal pensil H atau pensil B yang bernomor 2. Sediakan pula pensil B yang bernomor 4 untuk menebalkan gambar sketsa. 

Membuat Desain Baju

Sumber : http://www.threadsmagazine.com/

Cobalah untuk berlatih membuat croquis dengan proporsi yang tepat agar kemampuan menggambar anda lebih terasah dan bisa menghasilkan gambar sketsa yang sempurna. 

Membuat Desain Baju

Sumber : https://personalstyleandhistory.wordpress.com/

Tapi kalau anda ingin langsung membuat desain pakaian secara langsung ada cara cepat yang bisa anda pilih.

  • Pertama anda bisa mendownload croquis dalam bentuk anak-anak, laki-laki, dan wanita dari internet. Croquis ini umumnya tersedia dalam beragam bentuk dan ukuran.
  • Cara lain anda bisa menjiplak garis tepi foto seorang model dari satu iklan majalah atau dari gambar lain. Buat garis tepinya dengan halus.

Membuat Desain Baju

Sumber : https://au.pinterest.com/

Cara Menggambar Sketsa Baju

1. Tentukan pose yang anda inginkan. Sebagai pemula, anda bisa menggambarkan model yang sedang berdiri atau berjalan saat memperagakan busana.

2. Buat proporsi tubuh dengan garis tipis pada kertas sketsa. Pastikan bahwa proporsi tubuh yang anda buat sudah benar-benar tepat baik dari segi perbandingan maupun kedudukannya. 

  • Buatlah kepala dan garis tubuh seorang manusia.
  • Tambahkan bagian dada dan pinggul.
  • Panjangkan batang tubuh supaya benar-benar membentuk tubuh manusia.
  • Perhatikan garis lengkung di setiap sisi.
  • Bentuk leher dan wajah model tersebut.
  • Lakukan penggambaran dari kepala hingga kaki.

3. Mulailah membuat rancangan busana pada proporsi tubuh, mulai dari bagian atas busana turun ke bawah sesuai dengan pose.

4. Buatlah kreasi sketsa mode sesuai desain yang anda inginkan. Caranya isi busana dengan drape pada bagian-bagian yang terlipat sesuai dengan bentuk busana dan pose.

5. Lengkapi detail wajah, rambut, asesoris, motif dan setikan-setikannya.

6. Hapus bagian-bagian yang tidak diperlukan kemudian pertebal rancangan desain anda dengan menggunakan pensil yang bernomor lebih besar, misal pensil B bernomor 4.

7. Pindah rancangan desain anda ke dalam kertas gambar. 

Membuat Desain Baju

Sumber : https://www.pinterest.co.uk/

Membuat Desain Baju

Sumber : https://www.pinterest.co.uk/

Semoga bermanfaat.

Mau tahu lebih banyak tentang segala hal yang berkaitan dengan teknik menggambar desain fashion?. Sahabat Fitinline bisa mendownload E-Book desain baju dari kami Di Sini.

E-Book Mendesain

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.