Article

Homepage Article Cara Menjahit 4 Tips Mencocokkan Warna…

4 Tips Mencocokkan Warna Benang Jahit Dengan Bahan Kain

Berencana untuk membuat pakaian sendiri tapi masih bingung harus memilih benang seperti apa yang cocok dengan bahan kain yang anda jahit?. Selain memilih benang yang sesuai dengan warna kain, dalam banyak kasus anda bisa juga memilih benang yang berlainan dengan warna kain lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Benang Jahit

Benang jahit merupakan sejenis benang yang sengaja diciptakan secara khusus untuk menjahit pakaian. Benang jahit ini secara umum tersusun atas sekumpulan serat-serat teratur kearah memanjang dengan garis tengah dan jumlah antihan tertentu yang diperoleh dari suatu proses pemintalan.

  • Benang jahit untuk pakaian umumnya terdiri dari benang-benang yang digintir dan telah diputihkan atau dicelup dan disempurnakan secara khusus.
  • Halus dan kasarnya benang bisa ditentukan menurut nomor benang. Adapun Sistem Penomoran Benang jahit sendiri secara keseluruhan dapat dibagi kedalam dua macam kategori.
  • Sistem penomoran langsung untuk mengukur berat per satuan panjang benang.
  • Sistem penomoran tidak langsung untuk mengukur panjang per satuan berat benang.

Benang Jahit

Sumber : https://www.u-buy.jp/

Terkait dengan aplikasinya dalam kegiatan jahit menjahit, benang yang digunakan hendaknya disesuaikan dengan jenis serat bahan kain, ketebalan bahan serta jenis setikan yang diinginkan.

  • Untuk menjahit kain serat alam, benang yang dipakai sebaiknya juga berasal dari serat yang sama dengan bahan yang akan dijahit yakni berasal dari serat alam.
  • Untuk menjahit bahan kain sintetis, benang yang digunakan mestinya juga harus berupa benang dari serat sintetis pula.

Benang Jahit

Sumber : https://www.myfabrics.co.uk/

Sementara dari segi warna sebenarnya tidak ada aturan yang mengharuskan atau melarang seseorang untuk pemilihan benang jahit dengan warna tertentu, tapi sebagai penjahit ada baiknya jika anda harus pandai-pandai memilih dan menyesuaikan warna kain dan benang jahit.

Benang Jahit

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Tips Memilih Warna Benang

Berbicara mengenai benang jahit lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menyesuaikan warna benang dengan kain yang akan dijahit?. Untuk memudahkan anda dalam memilih warna benang yang tepat berikut beberapa tips yang bisa anda coba.

1. Samakan Warna Benang dan Kain

Untuk menjahit kain polos yang hanya mempunyai satu warna, sebaiknya pilihlah benang yang warnanya sama persis dengan warna kain.

Benang Jahit

Sumber : https://fabricgallery.co.uk/

Tapi apabila warna benang yang sama persis dengan warna kain kebetulan kosong atau tidak tersedia, maka anda bisa memilih benang yang berlainan warna.

  • Jika benang yang sama persis tidak tersedia, maka alternatifnya pilih benang yang lebih gelap dari warna kain.
  • Benang yang lebih gelap dari warna kain bisa berbaur lebih baik dari pada benang yang lebih terang.

2. Pilih Warna Kain Yang Dominan

Untuk menjahit bahan kain yang bermotif dan memiliki banyak kombinasi warna seperti motif batik, motif floral maupun motif paisley, anda dapat memilih warna kain yang paling dominan misal warna latar belakang sebagai pedoman pemilihan warna benang.

Benang Jahit

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Simak juga Memilih Warna Benang Yang Sesuai Untuk Kain Bermotif.

3. Pilih Yang Selaras Dengan Garis

Sedangkan untuk kain bermotif kotak-kotak seperti motif tartan, motif madras, motif windowpane, motif tattersall atau motif glen plaid, pilihlah warna benang yang selaras dengan garis kotak kain tersebut.

Benang Jahit

Sumber : https://www.fabricworm.com/

Untuk anda yang membutuhkan kaon motif kotak-kotak anda bisa memesannya dari kami.

4. Pilih Warna Benang Yang Berbeda

Jika anda ingin menggunakan benang jahit sebagai hiasan anda justru bisa memilih warna benang yang mencolok dan berbeda dengan warna kain. Hanya saja jika jahitan tidak rapi resikonya akan kelihatan.

Benang Jahit

Sumber : https://www.amazon.de/

Contoh produk pakaian yang banyak menerapkan penggunaan benang dalam warna berbeda dengan warna kain yaitu berupa celana jeans, jaket denim dan berbagai produk lainnya yang menggunakan Kain Denim.

Download pola celana jenas dan jaket denim dari kami kalau anda ingin membuat celana jeans dan jaket denim sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Selain memperhatikan kesesuaian warnanya dengan warna kain, dalam memilih benang jahit jangan lupa untuk selalu memilih benang yang berwarna cerah.

  • Salah satu ciri benang jahit berkualitas bisa dilihat dari warna yang cerah dan tidak kusam.
  • Benang yang memiliki warna cerah dan tidak kusam menandakan bahwa benang tersebut masih baru, bukan stok lama.

Untuk memastikan bahwa benang yang anda pilih benar-benar tepat dan sesuai dengan warna kain, saat berbelanja biasakan untuk membawa contoh kain yang dipotong kecil.

  • Untuk mencocokkan warna benang pertama-tama tarik ujung benang dari gulungan dan letakkan di atas kain.
  • Jika ragu lihat juga katalog warna benang untuk setiap opsi agar anda dapat membandingkannya dengan warna benang yang lain.

Benang Jahit

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Sudah menemukan benang yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda?. Untuk alasan efisiensi benang mungkin anda bisa menterapkan sejumlah tips berikut saat menjahit pakaian atau produk jahit lainnya.

  • Kerjakan bagian-bagian pola yang menggunakan warna benang sama. Jadi anda tidak harus menyelesaikan dulu satu item tapi bisa saja menjahit beberapa produk atau pola.
  • Jika mengerjakan beberapa item jahit semua bagian yang sama dulu tanpa menggunting benang. Selain menghemat benang, juga sangat menghemat waktu.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah tips sederhana yang bisa anda coba untuk memilih warna benang yang tepat untuk kegiatan jahit menjahit. Semoga tips yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk mendapatkan benang jahit yang sesuai dengan kebutuhan ya.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa memilih warna benang sama pentingnya dengan memilih kain yang digunakannya. Karena alasan itu pula, sebagai seorang penjahit anda harus lebih selektif dalam memeriksa warna maupun kualitas benang jahit itu sendiri.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian, tas maupun produk jahit lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.