Article

Homepage Article Cara Menjahit Percantik Bantal Sofa (Cushion…

Percantik Bantal Sofa (Cushion Sofa) Dengan Detail Pintuck

Mencari alternatif cara yang unik dan menarik tapi tetap mudah dilakukan untuk mempercantik tampilan bantal sofa (cushion sofa)?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa menambahkan detail pintuck yang memiliki tampilan sangat khas yakni tampak seperti lipit-lipit yang dijahit.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Bantal Sofa

Bantal sofa (cushion sofa) dapat dikategorikan ke dalam salah satu perlengkapan rumah tangga yang didesain khusus untuk melengkapi sofa. Disamping fungsi utamanya yakni sebagai penyangga punggung tambahan serta alas kepala saat rebahan bantal sofa ini bisa juda diandalkan untuk melengkapi elemen desain interior ruangan.

Pintuck

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Untuk mempercantik tampilan bantal sofa (cushion sofa) agar makin menarik terdapat pula banyak sekali teknik manipulating fabric yang dapat dilakukan, salah satu diantaranya yakni dengan menambahkan detail pintuck atau lipatan-lipatan kecil pada permukaan kain yang dijahit seperti pleat.

  • Pintuck dapat digunakan untuk memberikan efek dekoratif pada kain dengan cara membuat garis visual pada titik yang telah ditentukan.
  • Pada sarung bantal sofa (cushion sofa) detail pintuck dapat dijahit hingga memenuhi seluruh bantal atau sebagian bantal saja.

Pintuck

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Pintuck Pada Bantal Sofa

Tertarik untuk membuat kreasi sarung bantal sofa (cushion sofa) dengan menambahkan detail pintuck sebagai pemanisnya?. Untuk membuat sarung bantal sofa mula-mula siapkan terlebih dahulu sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari:

  • Bahan kain yang akan dijadikan sarung bantal sofa.
  • Resleting jepang untuk menutup bukaan sarung bantal.
  • Kapur kain dan penggaris untuk membuat garis-garis bantu.
  • Perlengkapan dasar menjahit seperti metlin (pita ukur), benang, gunting dan jarum pentul.
  • Mesin jahit untuk menjahit detail pintuck serta menyatukan potongan bahan kain dan resleting.
  • Mesin obras untuk merapikan tepian tiras kain supaya tidak terurai.

Simak juga pembahasan mengenai Rekomendasi Bahan Terbaik Untuk Cushion Sofa kalau sahabat Fitinline mau tahu lebbih banyak lagi tentang jenis-jenis kain yang dapat digunakan untuk membuat sarung bantal sofa (cushion sofa).

Selesai menyiapkan sejumlah alat dan bahan seperti yang sudah disebutkan di atas sekarang anda bisa mulai membuat sarung bantal sofa (cushion sofa) dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Memilih Pola Pintuck

Tentukan pola pintuck yang akan anda gunakan sebagai detail sarung bantal sofa (cushion sofa). Dalam hal ini anda bebas mau memilih pintuck jenis cross tucking, tucks in random direction ataupun cross stitched tucks.

2. Membuat Pola Pada Kain

Buat pola pada bahan kain sesuai detail pintuck yang anda inginkan dengan menggunakan kapur kain dan juga penggaris.

  • Untuk membuat cross tucking misalnya tandai bahan kain dengan pola berbentuk garis-garis vertical dan horisontal. Bisa juga dengan garis diagonal yang saling silang.

Pintuck Pintuck

  • Untuk membuat tuck in random direction tandai bahan kain dengan pola berbentuk garis-garis yang disusun acak / tidak beraturan.

Pintuck

  • Untuk membuat cross stitched tucks tandai bahan kain dengan pola berbentuk garis lurus vertical yang berjarak sama kemudian tentukan pula dimana anda membalik arah lipitnya.

Pintuck

Selain dibuat dengan berbagai pola di atas, dalam versi yang lebih rumit cross tucking bisa juga dikombinasikan dengan garis diagonal yang saling silang.  

Pintuck

3. Menjahit Detail Pintuck

Selesai membuat pola pada bahan kain selanjutnya jahit bahan tersebut dengan menggunakan mesin jahit.

Untuk membuat pintuck jenis cross tucking dan tucks in random direction misalnya anda bisa menjahit garis-garis yang sejajar terlebih dahulu (misal garis vertical) baru dilanjutkan dengan menjahit garis yang berlainan arah (garis horisontal atau garis diagonal).

Supaya proses pembuatan pintuck jadi lebih cepat anda bisa memanfaatkan yang namanya sepatu jahit untuk kegunaan khusus yakni berupa Sepatu Pintucking (Pintucking Foot) yang dikombinasikan dengan Twin Needle (Jarum Kembar).

Pintuck

Sumber : https://www.ushasew.com/

Untuk membuat pintuck jenis cross stitched tucks, jahit bahan kain sesuai garis-garis bantu. Jika sudah selanjutnya ubah arah lipatan pintuck lalu tindas dengan jahitan lurus.

Pintuck

Sumber : https://sew4home.com/

4. Membuat Pola Sarung Bantal

Tentukan seberapa besar ukuran sarung bantal sofa yang ingin anda buat misal 40 cm x 40 cm. Jika sudah gambar pola sarung bantal secara langsung di atas bahan kain.

  • Buat pola berbentuk segi empat pada bahan kain sesuai ukuran yang anda inginkan.
  • Jangan lupa tambahkan pula kampuh sebesar 1 cm di luar garis jahitan.

5. Memotong Bahan Kain

Selanjutnya potong bahan kain sesuai pola yang anda buat dengan menggunakan gunting yang tajam. Pada perobaan kain ini anda memerlukan dua lembar kain yang berukuran sama.

6. Menjahit Sarung Bantal

Untuk menjahit sarung bantal sofa (cushion sofa) anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Ambil salah satu potongan bahan kain kemudian pasangkan resleting pada salah satu sisi kain dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan.
  • Lakukan hal yang sama untuk sisi resleting lainnya, kemudian jahit dengan bantuan Sepatu Menjahit Resleting Sembunyi (Concealed Zipper Foot).
  • Setelahnya jahit bagian sisi kiri, kanan dan bawah sarung bantal dengan mesin jahit kemudian obras dengan mesin jahit supaya lebih rapi.

Pintuck

Sumber : https://id.aliexpress.com/

7. Penyelesaian Akhir

Sebagai penyelesaian akhir balik kantung sarung bantal sofa supaya bagian baiknya berada di luar, kemudian press dengan menggunakan setrika agar tampilannya tampak lebih menarik.

Pintuck

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai cara mudah yang bisa anda lakukan untuk membuat sarung bantal yang dilengkapi dengan detail pintuck. Tak hanya diaplikasikan pada sarung bantal sofa (cushion sofa) cara di atas bisa juga diaplikasikan pada berbagai produk pelengkap rumah tangga lainnya.

Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi gambaran bagi anda untuk menemukan ide-ide baru dalam membuat kreasi sarung bantal sofa (cushin sofa) yang tidak kalah unik dan menarik ya.

Kalau anda yang mau tahu lebih banyak lagi tentang teknik menjahit dan teknik mendesain yang dapat diaplikasikan pada berbagai produk jahit, anda bisa mendownload E-Book Menjahit dan E-Book Mendesain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.