Article

Homepage Article Cara Menjahit Menjahit Dengan Twin Needle

Menjahit Dengan Twin Needle

Jarum kembar atau lebih populer dengan nama twin needle merupakan jenis jarum yang memiliki dua mata jarum dalam satu batang jarum dan sering digunakan untuk membuat jahitan aplikasi atau digunakan untuk menjahit kelim tiras kain. Jarum kembar didesain untuk menjahit kain dengan 2 warna benang berbeda atau sama sehingga dapat menghasilkan 2 garis jahitan yang sejajar dalam waktu bersamaan. Jarum kembar ini terdiri atas berbagai ukuran dan dapat digunakan untuk menjahit kain dengan tingkat ketebalan yang bervariasi.

 

Twin Needle

Sumber : http://www.nancyzieman.com/

Twin Needle

Sumber : http://www.makeit-loveit.com/

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Sebuah jarum kembar dapat dipasang pada mesin jahit dengan seri tertentu untuk membuat jahitan dekoratif sesuai pola yang diinginkan. Untuk memasang benang pada jarum kembar pertama-tama pasang spul pada tiap pasak spul (tiang benang). Kemudian masukkan kedua benang pada masing-masing lubang jarum. Selanjutnya tarik masing-masing benang melewati tiap jarum dari depan ke belakang. Ambil benang spul seperti pada menjahit dengan satu jarum. Tarik ketiga benang bersama-sama dibawah sepatu penindas ke arah belakang mesin kurang lebih sepanjang 15 cm.

Twin Needle

Sumber : http://www.makeit-loveit.com/

Twin Needle

Sumber : http://www.jaycotts.co.uk/

Dalam kegiatan menjahit penggunaan jarum kembar ini biasanya divariasikan dengan pintuck foot untuk membuat jahitan dekoratif berupa efek lipatan pada kain yang dapat diaplikasikan pada sarung bantal, tas, maupun baju untuk memberikan kesan vintage dan klasik. Struktur pada bagian bawah pintuck mampu menciptakan alur jahitan sejajar yang sempurna dengan jarak spasi dari 5mm ke 11mm secara terpisah. 

Twin Needle

Sumber : http://seekatesew.com/

Twin Needle

Sumber : http://a1vac.singerdealers.com/

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Untuk membuat efek pintuck pada permukaan kain pertama-tama pasang kaki pintuck dan jarum kembar pada mesin jahit. Sesuaikan tegangan benang pada tingkat pengaturan tertinggi. Hal ini penting untuk diperhatikan, karena jika tegangannya terlalu longar maka efek pintuck tidak akan terbentuk dan hanya menghasilkan dua baris benang lurus yang sejajar. 

Twin Needle

Sumber : http://www.thecolorfulworldofsewing.com/

Twin Needle

Sumber : http://scruffybadgertime.co.uk/

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Tags: jahit bajujahit baju batikjahit baju onlinebuat bajukonveksi bajubutik baju batikbutik onlinebutik baju onlinebutik baju wanitakursus jahitpola busanapola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.