Article

Homepage Article Cara Menjahit Sepatu Menjahit Resleting…

Sepatu Menjahit Resleting Sembunyi (Concealed Zipper Foot)

Invisible zipper atau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan nama resleting sembunyi (resleting jepang) merupakan jenis resleting yang banyak digunakan oleh para desainer untuk membuat bukaan pakaian pada gaun maupun rok wanita. Berbeda dengan cara menjahit pakaian pada umumnya, untuk memasang resleting jepang dibutuhkan teknik dan perlengkapan tersendiri. Salah satu diantaranya yaitu berupa sepatu menjahit resleting sembunyi. 

Invisible Foot

Sumber : http://tessuti.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, concealed invisible zipper foot atau sepatu menjahit resleting sembunyi merupakan jenis sepatu jahit yang didesain khusus untuk menjahit atau memasang resleting sembunyi. Jenis sepatu ini umumnya dapat digunakan pada semua mesin jahit portable atau mesin jahit multifungsi yang memiliki rumah sepatu.

Invisible Foot

Sumber : http://www.franknutt.co.uk

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Sahabat Fitinline tinggal mengendorkan baut pengikat sepatu jahit dengan screw driver, kemudian menggantinya dengan sepatu menjahit resleting sembunyi sesuai posisinya. Kencangkan kembali baut pengikatnya supaya sepatu jahit tersebut tidak terlepas. 

Invisible Foot

Sumber : https://www.youtube.com

Hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam penggunaan sepatu concealed zipper foot adalah pastikan terlebih dahulu tipe mesin jahit yang anda gunakan. Untuk mesin jahit yang bobbinnya berada di atas sahabat Fitinline bisa menggunakan sepatu jahit yang didesain seperti gambar dibawah ini. 

Invisible Foot

Sumber : https://www.bukalapak.com

Sedangkan untuk mesin jahit yang bobbinnya berada di bawah sahabat Fitinline bisa menggunakan sepatu jahit khusus yang memiliki bentuk seperti gambar berikut ini. Salah keistimewaan yang dimiliki oleh sepatu jahit ini adalah anda juga dapat menggunakannya pada mesin jahit konvensional. 

Invisible Foot

Sumber : https://www.bukalapak.com

Setelah sepatu jahit terpasang dengan sempurna, mulailah menjahit resleting jepang dengan cara menjepitkan gigi-gigi resleting ke salah satu lubang yang tersedia di sepatu jahit tersebut. Jika sahabat Fitinline ingin menjahit belahan resleting sebelah kanan maka masukkan gigi resleting ke lubang sepatu jahit sebelah kiri.

Invisible Foot

Sumber : https://sewkatiedid.wordpress.com

Begitu pula sebaliknya, jika sahabat Fitinline ingin menjahit belahan resleting sebelah kiri maka masukkan gigi resleting tersebut ke lubang sepatu jahit sebelah kanan.

Invisible Foot

Sumber : https://sewkatiedid.wordpress.com

Jika sahabat Fitinline ingin belajar memasang rit jepang melalui video anda bisa lihat di https://fitinline.com/course/view/teknik-memasang-risleting-jepang/. Cukup mudah bukan, selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.